Sukses

Cara Aman Membuat Masker Pepaya di Rumah

Masker pepaya menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan kulit wajah yang senantiasa sehat. Anda juga bisa membuatnya secara mandiri di rumah.

Pepaya adalah buah yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah ini juga mengandung sejumlah manfaat sehingga banyak digemari masyarakat. Beberapa manfaat kesehatan makan pepaya seperti, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Di samping itu, kandungan pepaya dipercaya dapat menyehatkan kulit. Oleh karena itu, pepaya sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan. Akan tetapi, cara yang lebih mudah dalam memanfaatkan pepaya juga jamak ditemui, yakni dengan menjadikannya masker wajah alami. 

Untuk membuat masker dari pepaya sebetulnya tidak repot. Bagaimana caranya? Simak penjelasan dokter berikut. 

Artikel Lainnya: Manfaat Pepaya untuk Kulit Wajah

1 dari 3 halaman

Mengenal Manfaat Masker Pepaya

Menurut dr. Arina Heidyana, pepaya mengandung sejumlah manfaat karena memiliki kandungan beragam, seperti vitamin A, C, E, dan beberapa enzim. 

“Kandungan tersebut baik untuk kulit sehingga dapat meremajakan dan mencerahkan (kulit). Makanya, banyak produk skin care yang menggunakan ekstrak pepaya sebagai salah satu bahannya,” kata dr. Arina. 

Dikutip dari Healthline, pepaya kaya akan antioksidan, yaitu likopen. Kandungan likopen dapat melindungi dari tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Hasilnya, kulit wajah tetap halus dan terlihat awet muda. 

Di samping itu, kandungan zat di dalam pepaya juga berperan dalam mengatasi jerawat. Perlu diketahui, di dalam buah pepaya terdapat enzim chymopapain dan papain yang bisa mengurangi peradangan. 

Enzim papain memiliki kemampuan untuk memecah protein dan sering ditemukan di dalam produk pengelupasan sel kulit. Produk perawatan yang mengandung enzim papain diyakini dapat mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori wajah. 

Artikel Lainnya: Masker Buah, Benarkah Efektif untuk Memutihkan Bokong?

2 dari 3 halaman

Cara Aman Membuat Masker Pepaya

Untuk membuat masker pepaya sebenarnya cukup mudah. Namun, Anda juga perlu berhati-hati supaya pemakaian masker tetap aman untuk kulit. Berikut merupakan cara pembuatannya yang disarankan oleh dr. Arina Heidyana.  

  • Gunakan bahan pepaya sesuai kebutuhan. Jangan sampai menggunakan pepaya secara berlebihan. 
  • Saat membuat masker, pastikan tangan dan alat-alat yang digunakan benar-benar bersih. Hal tersebut bertujuan agar masker pepaya tidak terkontaminasi dengan bakteri atau kotoran lain. 
  • Potong pepaya menjadi potongan kecil dan haluskan. 
  • Setelah itu, lakukan tes alergi ke kulit. Caranya, oleskan sedikit masker ke bagian tubuh lain, misalnya ke area lengan atau kulit di belakang telinga. Apabila dalam satu sampai dua jam tak ada reaksi alergi kemerahan atau gatal, maka masker pepaya aman-aman saja digunakan.

Artikel Lainnya: Pakai Sabun Pepaya Palsu, Ini Efeknya Bagi Kulit

Mengutip dari Stylecraze, masker pepaya juga dapat dicampur dengan berbagai bahan lain untuk mendapatkan khasiat tertentu. Misalnya, pepaya yang dicampur dengan lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit. 

Cara membuatnya, campurkan pepaya yang telah dihaluskan dengan sesendok teh lemon. Selanjutnya, masker pepaya bisa dioleskan ke wajah, tunggu 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. 

Di samping itu, madu juga bisa dijadikan sebagai campuran masker pepaya. Madu dianggap dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga cocok diterapkan pada kulit kering. Campuran tersebut membantu kulit Anda menjadi lembut, kenyal, dan halus. 

Terlepas dari berbagai manfaat yang dihadirkan, penggunaan masker pepaya yang berlebihan atau setiap hari tidak direkomendasikan. Gunakan masker pepaya sesuai petunjuk, misalnya seminggu sekali atau dua kali. 

Anda juga harus waspada, sebab enzim papain di dalam buah pepaya juga bisa bersifat alergen. Maka dari itu, penggunaannya tetap harus hati-hati. Agar lebih aman, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum menggunakan masker pepaya alami. 

Cari tahu informasi kesehatan dan kecantikan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar