Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Seputar Manfaat Lengkuas untuk Kulit Wajah yang Diketahui Sejauh Ini

Seputar Manfaat Lengkuas untuk Kulit Wajah yang Diketahui Sejauh Ini

Tidak hanya bisa jadi bumbu masakan, lengkuas nyatanya juga dapat meningkatkan kecantikan. Bagaimana faktanya? Simak ulasan dokter berikut.

Lengkuas atau yang juga dikenal sebagai laos merupakan penyedap alami yang populer di Indonesia. Lengkuas memiliki bau yang khas sehingga banyak ditemukan di berbagai masakan Tanah Air.

Di samping itu, lengkuas juga telah lama digunakan sebagai bahan dalam berbagai pengobatan tradisional.

“Banyak manfaat lengkuas buat kesehatan seperti sebagai antibakteri, antivirus, dan meredakan nyeri sendi. Lengkuas juga dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula darah,” terang dr. Dyah Novita Anggraini (dr.Vita).

Selain manfaat tersebut, lengkuas juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Bagaimana faktanya?

Artikel Lainnya: Manfaat Lengkuas untuk Mengatasi Penyakit

1 dari 3 halaman

Manfaat Lengkuas untuk Wajah

Selama ini, jenis yang umum dibudidayakan masyarakat adalah lengkuas merah dan putih. Jenis tersebut memiliki khasiat masing-masing termasuk terhadap kulit wajah, antara lain:

1. Obat Jerawat

Menurut dr. Vita, jenis lengkuas merah bisa menjadi alternatif untuk obat jerawat. Sebab, jenis itu memiliki sifat antibakteri sehingga bisa berperan dalam mengatasi bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acne.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Radikal Bebas

Melansir Healthline, lengkuas diketahui kaya antioksidan. Kandungan tersebut dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Radikal bebas sering kali menjadi penyebab kulit kusam dan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam.

3. Meremajakan Kulit

Lengkuas diketahui mengandung vitamin C dalam jumlah melimpah. Kandungan itu membantu dalam peremajaan kulit sehingga kulit terlihat lebih muda.

Di samping manfaat tersebut, sebagian masyarakat Indonesia selama ini telah menggunakan lengkuas untuk menghilangkan bercak-bercak akibat panu.

Panu yang disebabkan oleh jamur Malassezia kadang juga bisa muncul di wajah sehingga perlu diobati. Akan tetapi, penelitian ilmiah terkait manfaat itu belum cukup memadai.

Artikel lainnya: Inilah Segudang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Wajah Anda

2 dari 3 halaman

Efek Samping Lengkuas untuk Kulit Wajah

Menurut dr. Vita, seseorang boleh-boleh saja menggunakan lengkuas untuk menyehatkan kulit wajah. Lengkuas bisa dihaluskan dan dijadikan masker. Akan tetapi, pemakaiannya sendiri juga harus hati-hati.

“Dipakai sewajarnya, karena kalau terlalu lama dipakai sebagai masker, kulit bisa iritasi,” jelas dr. Vita.

Iritasi kulit bisa menyebabkan sensasi nyeri atau panas seperti terbakar. Kadang, iritasi juga bisa memunculkan ruam di kulit.

Pada dasarnya, penelitian tentang manfaat lengkuas terhadap kesehatan wajah saat ini belum terlalu banyak. Maka dari itu, penggunaan lengkuas pun mesti dibatasi.

“Jangan dipakai setiap hari. Seminggu sekali saja,” saran dr. Vita.

Pemilik alergi lengkuas juga sebaiknya tidak menggunakan bahan ini. Untuk mengetahui apakah kulit alergi atau tidak pada lengkuas, bisa terlebih dahulu dioleskan sedikit ke bagian kulit lain dan tunggu apakah muncul reaksi alergi.

Di samping itu, penelitian yang baru tersedia menyangkut efek samping lengkuas adalah penggunaannya dalam dosis tinggi pada hewan.

Penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, Amerika Serikat, menyatakan, lengkuas dosis tinggi dapat menyebabkan penurunan energi, nafsu makan, diare, dan lain sebagainya.

Jadi, bila Anda ingin menggunakan lengkuas untuk kecantikan kulit wajah, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit demi menghindari kemungkinan risiko pada kulit.

Konsultasi ke dokter spesialis kulit sekarang bisa lebih mudah lewat Live Chat dari KlikDokter. Mau tahu tips kecantikan lainnya? Yuk, download aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar