Kulit

10 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kulit Wajah

Siti Putri Nurmayani, 31 Mar 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Ada beragam manfaat lengkuas bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui. Bagaimana faktanya? Simak ulasan dokter berikut ini.

10 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kulit Wajah

Lengkuas atau laos merupakan salah satu bumbu dapur yang populer di Indonesia. Karena memiliki aroma yang khas, tanaman ini dijadikan penyedap alami yang bisa menambah cita rasa masakan. 

Tak hanya itu, lengkuas juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, ada banyak manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh dan kulit. 

Penasaran dengan apa saja fungsi lengkuas bagi tubuh? Yuk, ketahui fakta-faktanya lewat artikel berikut ini. 

1. Obat Jerawat

Selain dijadikan sebagai penyedap rasa, ternyata lengkuas juga bermanfaat untuk kulit, lho

“Jenis lengkuas merah bisa menjadi alternatif untuk mengatasi jerawat. Soalnya, tanaman ini memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa berperan dalam mengatasi bakteri penyebab jerawat atau Propionibacterium acne,” jelas Dokter Vita. 

2. Melindungi Kulit

Manfaat lengkuas untuk kulit dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. 

Antioksidan ini bisa melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dan tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam. Manfaat lengkuas bagi wanita dan pria ini dapat membuat penampilan kulit menjadi lebih sehat. 

3. Melawan Peradangan

Manfaat lengkuas untuk kesehatan adalah dapat membantu melawan peradangan di seluruh tubuh. Kandungan anti-inflamasi yang ada di dalamnya berperan dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti rheumatoid arthritis dan penyakit usus. 

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampak dari penggunaan lengkuas sebagai antiinflamasi. 

4. Meremajakan Kulit

Kandungan vitamin C yang ada di dalam lengkuas juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk kulit. Nantinya, tanaman herbal ini bisa membantu dalam peremajaan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih muda. 

Tak hanya itu, sebagian masyarakat Indonesia juga telah menggunakan lengkuas untuk menghilangkan bercak-bercak putih akibat panu

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lengkuas mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah tinggi. Hal ini tentunya dapat membantu sel darah putih dalam meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan semua jaringan tubuh. Sedangkan antioksidan bertugas dalam mengeluarkan racun dalam tubuh. 

6. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat lengkuas bagi pria juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Ini tentunya dapat membantu menambah kesuburan pria. 

Dikutip dari National Library of Medicine, mengonsumsi suplemen harian yang mengandung akar lengkuas dan ekstrak buah delima dapat membantu meningkatkan kualitas sperma sebesar 62 persen. 

Namun, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah efek ini berkat akar lengkuas atau ekstrak buah delima. 

7. Meredakan Kram Otot

kram otot

Lengkuas juga memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Hal ini bisa bermanfaat untuk mendukung fungsi otot yang optimal. 

Kandungan magnesium dalam lengkuas bisa meredakan kram otot akibat aktivitas fisik yang tinggi. Ketika otot di lengan dan kaki tegang, kamu bisa melarutkan bubuk lengkuas ke dalam air hangat. 

8. Mengatur Kadar Kolesterol Darah

Bubuk akar lengkuas memiliki kandungan pektin yang berlimpah. Ini dapat menjaga kadar kolesterol darah agar lebih seimbang dengan menurunkan kolesterol LDL jahat dan kolesterol HDL baik. 

Tak hanya itu, ekstrak lengkuas bisa menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit yang serius. 

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Jantung

9. Mencegah Flu

Mengonsumsi lengkuas yang mengandung antioksidan tinggi dapat bermanfaat untuk mencegah flu. Pasalnya, antioksidan dapat melawan penumpukan racun yang dapat memicu penyakit flu. 

Tak hanya itu, vitamin C yang ada di dalam lengkuas juga dapat meningkatkan mekanisme kekebalan tubuh, sehingga bisa menghindari terjadinya flu. 

10. Melawan Sel Kanker 

Serat makanan dalam lengkuas dapat meningkatkan kesehatan usus. Secara signifikan, lengkuas dapat mengurangi gejala kanker pankreas dan usus.

Tak hanya itu, tanaman herbal ini memiliki kemampuan untuk menghilangan kelebihan kadar estrogen yang berperan hormon reproduksi. Manfaat lengkuas bagi wanita ini dapat menurunkan risiko kanker payudara

Karena adanya banyak manfaat lengkuas bagi kesehatan, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan tanaman herbal ini ke dalam hidangan atau digunakan secara topikal ke kulit. 

Meski begitu, tidak disarankan untuk menggunakannya secara berlebihan, terutama jika diaplikasikan ke kulit karena bisa menimbulkan iritasi. 

Yuk, unduh aplikasi KlikDokter untuk dapatkan informasi lengkap tentang kesehatan. #JagaSehatmu dengan menggunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi langsung dengan dokter secara online

(NM)

Kecantikan

Konsultasi Dokter Terkait