Sukses

Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Ingin mencerahkan warna kulit tangan dan kaki, agar rasa percaya diri meningkat? Ini cara memutihkan tangan dan kaki secara alami yang bisa Anda coba!

Punya kulit yang cerah dan sehat adalah dambaan banyak orang. Tapi, bagi mereka yang punya banyak kegiatan di luar ruangan, warna kulit tangan dan kaki sering kali lebih gelap ketimbang bagian tubuh lainnya. Kondisi ini sering disebut sebagai kulit belang.

Tentu saja, kondisi kulit tangan dan kaki yang tidak sewarna dengan bagian tubuh lainnya bisa menurunkan rasa percaya diri. Bukan tidak mungkin, orang yang mengalaminya pun mesti mengenakan pakaian yang menutup tubuh agar ‘keluhannya’ tidak ketahuan orang.

Namun, mengenakan pakaian tertutup hanyalah solusi sementara. Lantas, harus bagaimana? Adakah cara memutihkan tangan dan kaki secara alami? Ada! Yuk, cari tahu.

1 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki Secara Alami

Faktanya, warna pada kulit dipengaruhi oleh melanin, yang diproduksi oleh sel lapisan kulit. Tubuh bisa memproduksi melanin berlebih, khususnya jika sering terpapar sinar matahari. Akibatnya, kulit di tubuh Anda akan berwarna lebih gelap.

Apa solusinya? Bagaimana cara memutihkan tangan dan kaki secara alami? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Jus Lemon 

Lemon mengandung vitamin C tinggi, yang dapat melindungi sel kulit dari dampak buruk akibat paparan sinar ultraviolet matahari. 

Anda bisa mengambil satu mangkuk air perasan lemon hangat, lalu oleskan pada bagian kulit yang menghitam. Tunggu selama beberapa menit, dan bilas dengan air mengalir. Setelahnya, jangan lupa untuk melembapkan kulit dengan body lotion

Artikel Lainnya: Benarkah Jeruk Nipis Campur Kunyit Bisa Memutihkan Kulit?

2. Susu 

Mandi atau berendam air susu memang sudah jadi metode perawatan untuk memutihkan kulit sejak berabad-abad yang lalu. 

Susu mengandung banyak enzim yang bisa mencerahkan kulit. Hanya saja, Anda perlu usaha yang cukup besar saat hendak mendapat manfaat berendam di air susu. Anda harus mencampurkan air hangat dan susu, barulah bisa menikmati efeknya.

3. Lidah Buaya 

Berdasarkan dr. Devia Irine Putri, cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan lidah buaya.

Lidah buaya mengandung banyak gizi, termasuk vitamin A, C, dan E, yang bisa menangkal dampak buruk radikal bebas penyebab kulit menghitam.

“Caranya dengan mengambil daging lidah buaya, lalu oleskan merata ke area kulit tangan dan kaki. Tunggu beberapa saat, dan bilas dengan air sejuk. Keringkan, lalu oleskan pelembap agar khasiatnya maksimal,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: Air Beras Bisa Bikin Kulit Putih dan Lembut, Benarkah?

4. Yoghurt 

Cara alami memutihkan tangan dan kaki lainnya adalah dengan memanfaatkan yoghurt. Produk fermentasi susu ini memiliki kandungan asam latic yang bisa bantu mencerahkan kulit. 

“Selain mencerahkan, yoghurt juga efektif untuk melembapkan kulit. Cara pakainya, Anda cukup gunakan yoghurt sebagai masker atau sekadar mengoleskan ke bagian kulit yang menghitam. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air mengalir,” ucap dr. Devia.

5. Bengkuang

Bengkuang dikenal efektif untuk mencerahkan kulit tubuh berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Senyawa tersebut bisa menangkal efek buruk radikal bebas, sehingga mencegah kerutan dan kulit menghitam. 

“Anda bisa menggunakan bengkuang sebagai masker, dengan cara diparut hingga halus. Letakan pada bagian kulit yang menghitam, gosok secara perlahan, dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bilas menggunakan air mengalir,” kata dr. Devia. 

Artikel Lainnya: 8 Cara Alami Memutihkan Kulit

2 dari 3 halaman

Haruskah ke Dokter untuk Mencerahkan Kulit?

Menurut dr. Devia, kulit menghitam bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun bagi beberapa orang, kondisi tersebut bisa mempengaruhi daya tarik dan menurunkan rasa percaya diri. 

“Penggunaan bahan alami memang hasilnya tidak instan. Bisa membutuhkan waktu yang lama, dan hasil pada setiap orang bisa saja berbeda. Tapi, cara ini lebih aman ketimbang mengonsumsi suplemen pemutih yang tidak jelas isinya apa,” tegas dr. Devia.

“Jika Anda ingin cepat mendapatkan kulit putih, silakan langsung konsultasikan pada dokter untuk terapi terbaik. Tapi, jika Anda memilih menggunakan bahan alami, maka bersabar saja sampai hasilnya terlihat,” pungkasnya.

Demikian beberapa cara memutihkan kulit tangan dan kaki secara alami yang bisa Anda coba sendiri. Pastikan untuk melakukannya secara konsisten, agar hasilnya dapat segera dirasakan.

Berkonsultasilah kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter apabila Anda membutuhkan tuntunan lebih lanjut terkait cara memutihkan tangan dan kaki secara alami.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar