Sukses

Manfaat Lengkuas untuk Mengatasi Penyakit

Lengkuas dikenal luas sebagai salah satu bumbu masakan. Tapi jangan salah, rempah ini juga bisa untuk mengatasi penyakit.

Lengkuas adalah rempah asli Indonesia yang sering dijadikan sebagai bumbu masak. Lengkuas biasanya ada di dalam menu makanan olahan bersantan, seperti kare, opor ayam, dan rendang. 

Lengkuas tak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa saja, rempah ini juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Bahkan, lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan bahkan melawan berbagai jenis kanker.

Benarkah demikian? Mari baca lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dari lengkuas!

1 dari 3 halaman

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Lengkuas bisa dikatakan salah satu rempah unggulan Indonesia yang bentuknya mirip dengan jahe, kunyit, dan kencur. Di dalam lengkuas terdapat banyak mineral, seperti besi, kalium, mangan, tembaga, selenium, dan magnesium. 

Beberapa senyawa lain yang ditemukan di dalam lengkuas adalah alpinin, kampferide dan 3-dioxy-4-methoxy flavone. Senyawa tersebut mengandung sifat antimikroba, antiinflamasi, antijamur, dan antitumor. Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan.

1. Membantu Menjaga Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Bagian akar lengkuas mengandung sumber antioksidan yang melimpah. Senyawa tersebut dapat digunakan untuk membantu melawan penyakit dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Artikel Lainnya: Sederet Bahaya Kunyit yang Mesti Anda Waspadai

2. Menjaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol Dalam Tubuh

Menurut beberapa studi, lengkuas mengandung polifenol yang merupakan salah satu zat antioksidan. Polifenol di dalam lengkuas diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol LDL (jahat).

3. Berfungsi Sebagai Antikanker

Akar lengkuas dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Menurut sebuah studi yang dilansir dari Healthline, kandungan galangin (senyawa aktif dalam akar lengkuas) dapat membunuh dan mencegah penyebaran sel kanker.

Hanya saja,  menurut dr. Devia Irine Putri, penelitian tentang manfaat lengkuas ini masih terbatas karena baru dilakukan pada tes tabung. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut serta uji coba kepada manusia untuk memvalidasi  manfaat dari lengkuas. 

Artikel Lainnya: Lebih Sehat, Ini Cara Mudah Membuat Daging Vegetarian!

4. Dapat Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Dokter Devia mengatakan, sebuah penelitian yang diuji coba kepada tikus menunjukkan bahwa pemberian ekstrak lengkuas dapat meningkatkan jumlah dan motilitas (kemampuan gerak) sperma.

5. Mengurangi Peradangan 

Akar lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit karena mengandung HMP. HMP adalah fitokimia alami yang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan cukup kuat.

Artikel Lainnya: Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Agar Manfaat Lengkuas Lebih Optimal

Kendati memiliki berbagai khasiat kesehatan, namun belum diketahui jelas  dosis dan cara konsumsi lengkuas yang aman bagi tubuh. Menurut dr. Devia Irine, mencampurkan lengkuas ke dalam makanan adalah langkah paling aman untuk mendapatkan manfaatnya. 

"Mengonsumsi lengkuas dengan cara dicampur ke dalam makanan itu masih aman. Namun, belum ada penelitian yang memberikan hasil tentang konsumsi lengkuas dalam bentuk suplemen makanan, harus seberapa banyak (dosis), hingga risiko apa yang muncul jika terlalu banyak konsumsi suplemen lengkuas," jelas dr. Devia.

Apabila ingin mencoba mengonsumsi lengkuas untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan di atas, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter  Nantinya, dokter dapat memeriksa kondisi Anda dan menentukan anjuran konsumsi lengkuas yang aman bagi kesehatan. 

Cari tahu informasi atau manfaat rempah lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar