Kesehatan Umum

Daftar Obat Vertigo yang Dijual Bebas di Apotek

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 27 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat beberapa obat vertigo yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter di apotek. Obat apa saja yang termasuk? Yuk, cari tahu!

Daftar Obat Vertigo yang Dijual Bebas di Apotek

Vertigo adalah gejala yang menyebabkan kamu mengalami keluhan berupa kepala berputar. Vertigo bisa terjadi dalam waktu singkat, bahkan bisa bertahan dalam hitungan jam hingga hari.

Demi terbebas dari keluhan yang dialami, tidak sedikit penderitanya mencari obat vertigo di apotek. Tujuannya adalah agar obat vertigo bisa diperoleh dengan cepat tanpa perlu berobat ke dokter.

Di bawah ini daftar obat vertigo di apotek yang bisa kamu peroleh tanpa resep dokter.

1. Dimenhidrinat

Dimenhidrinat adalah obat vertigo yang termasuk dalam kelompok obat antihistamin. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi mual, muntah, dan pusing karena mabuk perjalanan. 

Meski begitu, dimenhidrinat juga bisa digunakan untuk meringankan vertigo. Efek samping penggunaan dimenhidrinat bisa bikin kamu mengantuk.

Artikel Lainnya: Minum Obat Tidur untuk Atasi Vertigo, Amankah?

2. Meclizine

Meclizine juga termasuk kelompok obat antihistamin. Biasanya, obat ini digunakan untuk mengatasi mual ataupun muntah. Namun, meclizine juga bisa digunakan untuk mengatasi keluhan vertigo.

Biasanya, meclizine dikonsumsi setelah makan. Meski begitu, obat ini sangat sulit ditemukan di Indonesia. Meclizine dapat ditemukan dengan mudah di Amerika Serikat.

3. Difenhidramin

Difenhidramin adalah jenis obat antihistamin yang juga bisa digunakan untuk meringankan gejala pusing dan mual saat vertigo. 

Obat untuk vertigo ini memang dapat dibeli bebas di apotek. Namun, difenhidramin tidak dianjurkan digunakan dalam jangka panjang.

4. Promethazine

Promethazine adalah jenis obat antihistamin yang dapat digunakan untuk meringankan vertigo. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati menggunakan promethazine.

Soalnya, obat vertigo generik ini dapat menyebabkan efek samping berupa mengantuk.

Artikel Lainnya: Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

5. Benzodiazepine

Benzodiazepine adalah kelompok obat penenang yang dapat membantu meringankan gejala pusing akibat stress atau kecemasan berlebih. Obat ini juga bisa meringankan vertigo.

Contoh obat yang termasuk kelas benzodiazepine adalah diazepam.

6. Betahistin

Betahistin adalah obat vertigo yang bagus. Obat ini digunakan untuk mengurangi pusing maupun vertigo akibat penyakit Meniere.

Betahistin bekerja dengan melancarkan aliran darah ke organ vestibular yang berperan mengendalikan keseimbangan tubuh dan pergerakan mata.

Meski dapat dibeli secara bebas, obat vertigo di apotek tetap perlu dikonsumsi sesuai dosis yang tertera di label kemasan. Selain itu, obat vertigo hanya boleh digunakan dalam waktu singkat.

Jika ingin lebih aman, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat vertigo, ya! Kamu juga bisa berkonsultasi menggunakan fitur tanya dokter online di KlikDokter

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

(ADT/JKT)

Vertigo

Konsultasi Dokter Terkait