HomeGaya hidupSeksCara agar Pasutri Aman dan Nyaman saat Lakukan Shower Sex
Seks

Cara agar Pasutri Aman dan Nyaman saat Lakukan Shower Sex

Ayu Maharani, 12 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mau coba bercinta di kamar mandi alias shower sex? Boleh-boleh saja, tapi simak dulu tips aman dan nyamannya di bawah ini biar nggak gagal!

Cara agar Pasutri Aman dan Nyaman saat Lakukan Shower Sex

Sebagai suami istri, hubungan seks yang begitu-begitu saja kadang memang bisa bikin jenuh. Karena itulah, sebagian pasangan ada yang mencari variasi, termasuk melakukan seks di kamar mandi alias shower sex.

Tak melulu di atas tempat tidur, bercinta pun bisa dilakukan saat Anda pasangan suami istri (pasutri) mandi berdua!

Adakah Manfaat Bercinta di Kamar Mandi dengan Suami/Istri?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, berhubungan seks di kamar mandi dengan pasangan tentu ada manfaatnya.

“Ya, manfaat dari shower sex itu bisa meningkatkan gairah pada pasangan yang selama ini sudah bosan dengan variasi seks di ranjang,” jelasnya.

Dia menambahkan, “Selain itu, sensasi dari air ketika mengenai tubuh bisa menurunkan kadar stres. Kalau memang tujuannya untuk mengatasi kepenatan, variasi seks ini bisa dilakukan oleh Anda.”

Agar situasi tidak canggung, psikolog Ikhsan menyarankan Anda untuk mengomunikasikannya dulu kepada pasangan jika tertarik melakukan seks di kamar mandi. 

“Dengan mengomunikasikannya dulu, pasangan dan Anda bisa tahu persiapan apa yang mesti dilakukan. Jangan sampai tiba-tiba Anda melakukan hal tersebut, padahal pasangan sedang sakit, demam misalnya. Kondisinya malah jadi tak nyaman,” sarannya. 

Artikel Lainnya: Tak Cuma Mau Dipeluk, Udara Dingin Juga Picu Keinginan Berhubungan Seks

Cara Bercinta di Kamar Mandi yang Aman dan Nyaman

Melakukan hubungan seks di kamar mandi tidak semudah yang Anda bayangkan. Meski di film-film terkesan sangat romantis dan menggairahkan, pada dasarnya kamar mandi adalah lokasi yang sangat berisiko. 

Siapa saja bisa tergelincir, cedera, kedinginan, atau sekadar tak nyaman. Karena itulah, dr. Devia Irine Putri merekomendasikan beberapa cara bercinta di kamar mandi yang aman agar tidak canggung dan minim risiko cedera. Adapun sederet langkah yang dimaksud, yaitu:

1. Sediakan Anti-Slip Mat atau Handrail

“Lantai kamar mandi yang basah sangat licin. Untuk menghindari tergelincir, sediakan anti-slip mat. Akan lebih baik lagi jika pasutri melakukannya di kamar mandi yang ada handrail-nya agar bisa pegang itu jika hendak jatuh,” saran dr. Devia. 

2. Gunakan Air Hangat

Suhu air perlu diperhatikan jika ingin melakukan shower sex. Hindari menggunakan air dingin, lebih baik pilih atur suhu air menjadi hangat.

Berlama-lama di bawah pancuran air dingin bisa bikin menggigil. Namun, berlama-lama di air yang terlalu panas juga bisa bikin kulit kering dan merah iritasi. 

3. Hindari Seks di Bawah Pengaruh Alkohol atau Obat-Obatan

Dua hal tersebut bisa menurunkan kesadaran seseorang sehingga rentan terjatuh dan cedera. 

Jika memang ingin minum wine sebelum bercinta, lebih lakukan hubungan intim di ruangan yang aman-aman saja, seperti kamar tidur. 

Artikel Lainnya: Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks Setelah Melahirkan

4. Siapkan Pelumas Berbahan Dasar Silikon

Air yang terlalu banyak mengaliri tubuh dapat menghilangkan pelumas alami vagina. Vagina kering akan terasa nyeri saat alami penetrasi.

Siapkan pelumas yang terbuat dari silikon. Pelumas berbahan dasar air atau minyak akan mudah hilang tersapu air. 

5. Siapkan Kursi

Meletakkan kursi di kamar mandi bisa menjadi alternatif jika penetrasi sembari berdiri susah dilakukan.

Duduk di kursi kamar mandi juga bisa menurunkan risiko terpeleset. Pasutri pun bisa melakukan posisi seks cowgirl, sit on the throne, atau the Yab Yum. Pastikan kursi yang dipakai kokoh, ya!

6. Air Pancuran Jangan Langsung Diarahkan ke Kepala

Saat melakukan shower sex, pastikan bahwa air pancuran tidak mengarah langsung ke kepala, melainkan ke punggung. Terlalu banyak air di kepala dan wajah bikin mata susah melihat dan susah bernapas. 

Saat berciuman pun, akan banyak air yang masuk ke dalam mulut. Hal itu justru bikin situasi jadi canggung!

7. Hindari Seks yang Ekstrem dan Terlalu Kasar

Bila tertarik melakukan posisi seks yang ekstrem atau agak kasar, seperti BDSM, kamar mandi bukanlah lokasi yang tepat.

Alih-alih seru, seks di kamar mandi dengan jenis aktivitas yang ekstrem justru berpotensi mencelakai, lho.

Artikel Lainnya: Patut Dicoba, Mandi Bersama Pasangan Bikin Tambah Intim dan Romantis!

8. Foreplay di Kamar Mandi, Tuntaskan di Kamar Tidur!

Aktivitas seks yang bisa dilakukan di kamar mandi memang agak terbatas. Apalagi jika Anda merupakan pasangan yang agak kikuk.

Agar mood tak hilang, lebih baik lakukan foreplay di kamar mandi, keringkan tubuh dengan handuk, lalu lanjutkan penetrasi di ranjang.

9. Bisa Saling Memandikan Dulu

Salah satu foreplay yang dimaksud adalah pasutri bisa saling memandikan dan menyabuni satu sama lain.

Sentuhan-sentuhan lembut dengan busa dan berlanjut ke aktivitas lainnya memang bisa membangkitkan gairah. 

10. Jika Sedang Begini, Tunda Dulu

Hal ini sebenarnya tak cuma berlaku untuk pasangan yang ingin berhubungan seks di kamar mandi. Ini berlaku juga untuk semua aktivitas seksual di mana pun Anda menginginkannya. 

“Hindari memaksakan diri untuk berhubungan intim saat haid. Selain itu, saat Anda punya keluhan keputihan abnormal yang gatal, berbau, berwarna putih kehijauan atau kecokelatan, dan sedang infeksi saluran kemih,” saran dr. Devia. 

Itu dia sepuluh cara agar pasutri bisa nyaman dan sukses melakukan hubungan seks di kamar mandi. 

Masih ada pertanyaan seputar hubungan suami istri dan kesehatan reproduksi? Konsultasikan pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait