Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

Biji semangka kerap diremehkan dan cenderung dibuang saat makan semangka. Padahal, manfaatnya luar biasa untuk tubuh.

Bagian dari buah semangka yang jarang atau bahkan tidak pernah dikonsumsi adalah bijinya. Beberapa orang juga cenderung melepeh atau membuang biji semangka.  Padahal, biji semangka bisa diolah dan dikonsumsi seperti camilan kuaci, lho.

Tidak percaya? Yuk, simak ulasan nutrisi dan manfaat kesehatan biji semangka yang bisa didapatkan oleh tubuh.

 

1 dari 3 halaman

Nutrisi Biji Semangka

Biji semangka pada dasarnya memiliki beragam nutrisi. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, biji semangka mengandung kalori yang rendah, namun tinggi mikronutrien, seperti magnesium, besi, dan zinc.

Dilansir dari United States Department of Agriculture (USDA), 1 ons atau sekitar 28,35 gram biji semangka mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 158
  • Protein: 8 gram
  • Lemak: 13,3 gram
  • Karbohidrat: 4,34 gram
  • Kalsium: 15,3 mg
  • Zat besi: 2,06 mg
  • Magnesium: 146 mg
  • Fosfor: 214 mg
  • Kalium: 184 mg kalium
  • Seng 2,9 mg seng
  • Folat: 16,4 mcg

Apabila tak nyaman makan biji semangka bersama daging buahnya langsung, mungkin Anda bisa mencoba kuaci semangka. Kuaci semangka umumnya diolah dengan cara dipanggang.

Anda bisa memanggang biji semangka di dalam oven bersuhu 162 derajat Celsius selama 15 menit. Setelah itu, aduk dan ratakan untuk memastikan biji semangka sudah renyah atau belum.

Agar biji semangka terasa lebih gurih, tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam. Anda suka rasa yang manis? Taburkan bubuk kayu manis dan sedikit gula di atas biji semangka.

Jika Anda menyukai rasa yang gurih-gurih pedas, sila tambahkan perasan jeruk nipis, garam, dan bubuk cabai.

Artikel Lainnya: Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Manfaat Kesehatan dari Biji Semangka

Selain enak dan sehat, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat ketika mengonsumsi biji semangka.

1. Membantu Menyehatkan Rambut

“Biji semangka bagus untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut karena kandungan mikronutriennya," ujar dr. Astrid Wulan.

Contohnya saja, nutrisi protein dalam biji semangka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Lalu, kandungan magnesium biji semangka berguna untuk mencegah ujung rambut bercabang dan batang rambut rusak.

Sedangkan nutrisi zinc di dalam biji semangka dapat meningkatkan produksi melanin yang membuat rambut Anda terasa halus dan berkilau.

2. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Seperti yang telah disinggung oleh dr. Astrid Wulan, biji semangka memiliki kandungan kalori yang rendah dan baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Biji semangka pun bisa dijadikan sebagai camilan sehat di sela-sela waktu makan.

Artikel Lainnya: Benarkah Telan Biji Buah Sebabkan Usus Buntu?

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Dokter Astrid mengatakan, magnesium baik untuk menjaga fungsi jantung agar tetap bisa bekerja dengan baik dan normal. Selain itu, mineral magnesium dapat menjaga tingkat tekanan darah dan mendukung proses metabolisme tubuh.

4. Membantu Menjaga Sistem Saraf dan Regenerasi Sel

Menurut dr. Astrid Wulan, kandungan zinc di dalam biji semangka bisa membantu memelihara sistem saraf, sistem pencernaan, dan membantu proses regenerasi sel di dalam tubuh.

5. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Biji semangka diyakini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin di dalam tubuh. Artinya, makan biji semangka dipercaya baik untuk mencegah dan membantu mengendalikan penyakit diabetes.

Sudah tahu, kan, biji semangka ternyata bisa dikonsumsi? Biji semangka juga mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Konsumsi biji semangka dalam jumlah cukup agar manfaat kesehatan yang didapat bisa maksimal. Untuk tahu informasi kesehatan unik lainnya, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter, ya.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar