Diet dan Nutrisi

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 30 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Biji semangka kerap diremehkan dan cenderung dibuang. Padahal, khasiatnya luar biasa untuk tubuh!

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Makan Biji Semangka Bagi Kesehatan

Ketika makan buah semangka, beberapa orang kerap membuang biji semangka. Padahal, biji semangka bisa diolah dan dikonsumsi seperti camilan kuaci.

Kuaci semangka umumnya diolah dengan cara dipanggang, sehingga bisa menjadi salah satu opsi camilan sehat. Nah, manfaat biji semangka juga nyatanya cukup banyak untuk kesehatan

Tidak percaya? Yuk, simak khasiat biji semangka yang bisa didapatkan tubuh berikut ini:

1. Mengandung Banyak Nutrisi

Biji semangka mengandung kalori yang rendah, namun tinggi mikronutrien seperti magnesium, besi, dan zinc.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), kandungan biji semangka sekitar 28,35 gram yaitu:

  • Kalori: 158
  • Protein: 8 gram
  • Lemak: 13,3 gram
  • Karbohidrat: 4,34 gram
  • Kalsium: 15,3 mg
  • Zat besi: 2,06 mg
  • Magnesium: 146 mg
  • Fosfor: 214 mg
  • Kalium: 184 mg 
  • Zinc: 2,9 mg 
  • Folat: 16,4 mcg

2. Membantu Menyehatkan Rambut

Makan biji semangka bagus untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut karena kandungan mikronutriennya. Contohnya, protein di dalam biji semangka dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Lalu, kandungan magnesium biji semangka berguna untuk mencegah ujung rambut bercabang dan batang rambut rusak. Nutrisi zinc di dalam biji semangka dapat meningkatkan produksi melanin yang membuat rambut terasa halus dan berkilau.

3. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Biji semangka memiliki kandungan kalori yang rendah. Manfaat biji semangka yang bisa kamu dapatkan dalam pola makan sehari-hari adalah menjaga berat badan tetap ideal. 

Biji semangka bisa dijadikan sebagai camilan sehat di sela-sela waktu makan. Kandungan biji semangka yang cukup banyak dan beragam juga dapat bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. 

Artikel lainnya: Manfaat Makan Semangka setelah Olahraga, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium baik untuk menjaga fungsi jantung agar tetap bisa bekerja dengan baik dan normal. Selain itu, magnesium dapat menjaga tingkat tekanan darah dan mendukung proses metabolisme tubuh.

Biji dari semangka mengandung magnesium yang dapat membantumu memelihara kesehatan jantung. Agar lebih optimal, terapkan pola hidup sehat lainnya, ya!

5. Membantu Jaga Sistem Saraf dan Regenerasi Sel

Kandungan zinc di dalam biji semangka bisa membantu memelihara sistem saraf, sistem pencernaan, dan membantu proses regenerasi sel di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, makan biji semangka secara rutin dan dalam porsi secukupnya. Sebaiknya jangan tambahkan terlalu banyak garam atau bumbu penyedap lainnya saat makan kuaci biji semangka.

6. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Khasiat biji semangka diyakini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin di dalam tubuh. Artinya, makan biji semangka dipercaya baik untuk mencegah dan membantu mengendalikan penyakit diabetes.

Kalau kamu mengidap penyakit gula darah tersebut, perhatikan juga asupan gula harian dan rutin berolahraga untuk mengendalikan penyakit.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Zinc atau seng dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Kualitas sperma yang buruk sering berhubungan dengan masalah kesuburan pria. 

Untuk membantu mengatasi masalah fertilitas pada pria, konsumsi biji semangka dinilai dapat membantu berkat kandungan zink di dalamnya. Terapkan juga gaya hidup sehat dan hindari merokok juga demi meningkatkan kesuburan pria.

8. Mengurangi Penuaan Dini 

Magnesium yang terkandung di dalam biji semangka diteliti dapat mengurangi penuaan sel. Sementara, zinc sangat berperan pada proses sintesis protein, pembelahan sel, dan perbaikan sel, sehingga mengurangi penuaan dini. 

Tak ada salahnya makan biji semangka untuk mengurangi penuaan dini di dalam tubuh. 

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan 

Magnesium juga membantu mengaktifkan enzim, sehingga tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. Selain itu, kekurangan zink dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti diare.

Dua kandungan biji semangka tersebut penting dipenuhi kebutuhannya setiap hari agar terhindar dari gangguan pencernaan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 

Artikel lainnya: Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

10. Mengurangi Asma 

Manfaat biji semangka juga bisa dirasakan kamu yang menderita asma. Bahan alami ini mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk gejala asma. 

Vitamin C dinilai menjadi antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi efek asma. Selain itu, penting juga untuk mengetahui dan menghindari pemicu asma agar tidak mudah kambuh.

11. Mencegah Osteoporosis

Cobalah konsumsi biji semangka jika kamu memiliki penyakit osteoporosis. Biji semangka dapat mengurangi gejalanya karena mengandung mangnesium, seng, dan kalium. 

Mau coba bikin kuaci biji semangka? Panggang biji semangka di oven bersuhu 162 derajat Celsius selama 15 menit. Setelah itu, aduk dan ratakan untuk memastikan biji semangka sudah renyah atau belum.

Agar biji semangka terasa lebih gurih, tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam. Perasan jeruk nipis dan bubuk cabai juga bisa ditambahkan kalau ingin ada cita rasa pedas.

Kamu suka rasa manis? Taburkan bubuk kayu manis dan sedikit gula di atas biji semangka, mudah kan! Konsumsi biji semangka dalam jumlah cukup agar manfaat kesehatan yang didapat bisa maksimal. 

Mau tahu info menarik lainnya seputar makanan dan camilan sehat? Download aplikasi KlikDokter sekarang. Kamu juga bisa konsultasi dokter online gratis lebih mudah!

(FR/JKT)

semangkabuah

Konsultasi Dokter Terkait