Sukses

Cegah Bayi Sembelit dengan MPASI Ini

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi adalah susah BAB alias sembelit. Tak perlu khawatir, keluhan tersebut dapat diatasi dengan pilihan MPASI berikut.

Sembelit merupakan masalah pada saluran cerna bayi yang sering terjadi. Salah satu pemicu sembelit pada bayi adalah proses adaptasi saluran cerna bayi pada fase awal pemberian MPASI.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan pilihan menu MPASI agar bayi tidak sembelit.

Secara umum, MPASI yang diberikan kepada bayi haruslah menu komplet dengan tekstur yang sesuai dengan usia bayi.

Berikut beberapa jenis pilihan menu MPASI yang tidak menyebabkan sembelit pada bayi.

 

1 dari 5 halaman

1. Bubur Nasi dengan Hati Ayam

MPASI ini mungkin menjadi menu yang paling sering disiapkan oleh ibu. Selain kandungan nutrisinya yang luar biasa karena kaya protein dan zat besi, bubur nasi dengan hati ayam juga tidak menyebabkan terjadinya sembelit pada bayi.

Anda juga sebaiknya menambahkan sumber lemak ke dalam MPASI tersebut agar lebih kaya nutrien.

Artikel Lainnya: Pijatan untuk Atasi Konstipasi pada Bayi

2. Bubur Nasi dengan Daging Ayam

Bubur nasi dengan daging ayam merupakan jenis menu MPASI yang sering menjadi andalan.

Cara membuat MPASI anti sembelit ini cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan beras dan daging ayam, lalu masak hingga matang. Setelahnya, blender atau haluskan sesuai dengan tekstur MPASI bayi sesuai usianya.

Anda dapat menambahkan sumber lemak untuk menambah cita rasa dan komposisi dari MPASI.

3. Bubur Nasi dengan Ikan

Tak hanya mengandung protein dan lemak sehat, berbagai jenis ikan (seperti ikan air laut, ikan air payau, atau ikan air tawar) bisa dijadikan sebagai menu makan bayi agar tidak sembelit.

Namun, pastikan ikan yang diberikan adalah ikan segar. Karena ikan tidak segar berisiko mengandung zat tertentu yang bisa menimbulkan gatal-gatal.

2 dari 5 halaman

4. Bubur Nasi dengan Daging Merah Cincang

Ingin menu MPASI yang tidak menyebabkan anak sembelit? Campurkan saja bubur nasi dengan daging merah cincang.

Anda juga bisa  menambahkan sumber lemak ke dalam menu ini, seperti santan, minyak kelapa, minyak zaitun, butter, dan lainnya.

Daging merah merupakan sumber zat besi yang bisa mencegah anemia pada bayi. Kandungan protein dalam daging merah cincang pun baik untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Artikel Lainnya: Balita Sulit BAB Akibat Makan Pisang, Ini Penjelasannya!

5. Bubur Berbahan Dasar Labu Kuning

Selain nasi, sumber karbohidrat untuk menu MPASI juga dapat diperoleh dari bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti labu kuning.

Labu kuning, tidak hanya kaya akan karbohidrat, tapi juga serat dan vitamin A. Labu kuning ini sendiri dapat dipadukan dengan berbagai sumber protein dan lemak untuk menciptakan MPASI yang enak sekaligus bernutrisi.

6. Mashed Potato dengan Campuran Daging

Mashed potato atau kentang tumbuk merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk bayi. Makanan ini juga bisa menjadi menu MPASI yang tepat agar bayi tidak sembelit.

Mashed potato dapat ditambahkan dengan bahan makanan lain, seperti daging (ayam/daging merah) atau susu. Sumber lemak seperti butter juga cocok ditambahkan dalam MPASI berbahan dasar kentang.

3 dari 5 halaman

7. Bubur Berbahan Dasar Gandum

Menu MPASI yang terbuat dari gandum dapat dijadikan pilihan dalam pembuatan MPASI bayi. Anda bisa menambahkan daging, ayam, telur, ikan, hati, dan lainnya.

Jangan lupa, tambahkan juga sumber lemak untuk menambah kalori dalam MPASI.

8. Bubur Berbahan Dasar Jagung atau Sagu

Pada wilayah Indonesia bagian timur, jagung atau sagu menjadi makanan pokok sumber karbohidrat. Sumber makanan ini juga dapat mencegah sembelit pada bayi.

Campurkan jagung atau sagu dengan sumber protein dan lemak secara bervariasi untuk melengkapi komposisi makronutrien dalam MPASI.

Artikel Lainnya: Anak Sembelit? Ini Cara Mengatasinya

9. Bubur Kacang Hijau Sebagai Selingan

Tidak hanya makanan utama, makanan selingan juga bisa menjadi menu MPASI yang tidak menyebabkan sembelit. Jenis makanan selingan tersebut, misalnya bubur kacang hijau.

Selain kaya nutrisi, bubur kacang hijau memiliki rasa yang enak sehingga kerap disenangi oleh bayi.

Anda bisa menambahkan santan untuk meningkatkan kalori dan cita rasa bubur kacang hijau.

4 dari 5 halaman

10. Bubur Kacang Merah sebagai Selingan

Bubur kacang merah juga dapat menjadi pilihan makanan selingan dalam menu MPASI bayi. Kacang merah memiliki rasa yang enak dan kandungan nutrisi yang baik.

Menambahkan sumber lemak, seperti susu dan santan, ke dalam bubur kacang merah dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah kalori.

11. Pure Buah sebagai Selingan

Jika Anda ingin memberikan buah sebagai makanan selingan pada bayi, Anda dapat juga membuatnya dalam bentuk pure dengan tambahan susu.

Kombinasi keduanya dapat menambah jumlah kalori serta kandungan protein dan lemak dibandingkan dengan buah biasa. Pure buah juga dapat mencegah terjadinya sembelit pada bayi.

Nah, kini Anda telah mengetahui pilihan menu MPASI yang tidak menyebabkan sembelit pada bayi.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai MPASI atau keluhan sembelit pada bayi? Tak perlu ragu untuk mengonsultasikannya kepada dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar