Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

Semangka untuk Jerawat, Bikin Sembuh atau Tambah Banyak?

Ada yang bilang, manfaat semangka untuk jerawat cukup efektif. Tapi, tak sedikit pula yang menentang hal itu. Lantas, apa kata medis terkait semangka untuk jerawat?

Bicara soal buah manis dan banyak mengandung air, pikiran Anda mungkin tak akan jauh-jauh dari semangka. Tak hanya enak untuk dikonsumsi, buah yang satu ini juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan kulit, lho!

Terdapat beberapa produk skincare yang bahkan menggunakan semangka sebagai bahan untuk melawan jerawat dan penuaan. 

Sayangnya, ada juga yang berpendapat sebaliknya tentang manfaat semangka untuk jerawat. Bukannya mencegah dan membantu menghilangkan penyumbatan pori, kandungan gula yang tinggi di dalam buah tersebut justru memperparah masalah di wajah. 

Lantas, bagaimana tanggapan medis terkait manfaat semangka untuk jerawat? Apakah buah ini efektif untuk menyembuhkannya, atau malah bikin jerawat semakin gawat? Yuk, cari tahu!

Artikel Lainnya: Manfaat Semangka yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Semangka untuk Jerawat 

Semangka seberat 154 gram memiliki kandungan nutrisi seperti di bawah ini:

  • Vitamin C = 21% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin A = 18% dari kebutuhan harian. 
  • Kalium = 5% dari kebutuhan harian.
  • Magnesium = 4% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B1, B5, dan B6 = 3% dari kebutuhan harian.

Di dalam semangka juga terkandung karotenoid, termasuk beta-karoten, dan likopen. Buah ini pun mengandung senyawa yang disebut citrulline dan asam amino. 

Karena banyaknya antioksidan di dalam buah tersebut, tak mengherankan kalau semangka dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, kekusaman, dan penuaan dini

Faktanya, kandungan vitamin A yang ada di dalam semangka memang bisa bermanfaat untuk membantu proses regenerasi kulit. Sementara itu, kandungan vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu meredakan peradangan dan membuat kulit tampak lembap. 

Semangka juga mengandung air yang tinggi. Hal ini membuatnya dapat membantu mencegah dehidrasi kulit, yang bisa menyebabkan kekeringan.

Namun, di balik manfaat-manfaat tersebut, semangka juga termasuk buah yang tinggi kandungan gulanya. Oleh karena itu, jenis makanan ini dapat meningkatkan produksi sebum, yaitu minyak yang menyumbat pori-pori. 

Semakin banyak minyak yang diproduksi, semakin tinggi pula risiko Anda untuk mengalami jerawat dan beruntusan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Semangka setelah Olahraga, Apa Saja?

Cara Menggunakan Semangka untuk Atasi Jerawat

Sah-sah saja apabila Anda ingin mengonsumsi semangka selama porsinya tidak berlebihan, yaitu 1–2 potong dalam sehari.

Selain itu, semangka juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakan semangka untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengolahnya menjadi masker.

Masker semangka untuk wajah ini dapat meminimalkan erawat. Berikut ini beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat masker semangka:

  • Buah semangka secukupnya, yang sudah di potong
  • 1 sendok makan perasan air lemon
  • 1 sendok teh madu

Pertama-tama, haluskan buah semangka yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. 

Kemudian, saring jus semangka agar terpisah dari ampasnya. Lalu, campur cairan dari semangka dengan air lemon dan madu. 

Aduk rata, dan oleskan masker ini pada area wajah maupun leher yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan 10–15 menit, lalu bilas wajah dengan menggunakan air bersih yang mengalir.  

Apabila kerepotan membuat masker tersebut di rumah, Anda bisa mencoba produk skincare berbahan dasar semangka. Sudah banyak sleeping masktoner, krim, dan essence berbahan dasar semangka yang dijual secara bebas saat ini. 

Hal yang terpenting, Anda sudah memastikan bahwa bahan dari produk tersebut tidak bikin alergi. Caranya adalah dengan mengoleskannya sedikit ke belakang telinga. Jika tak ada reaksi alergi, produk tersebut aman dipakai ke wajah. 

Hal penting lain yang perlu selalu diingat, Anda tak bisa hanya mengandalkan semangka saja untuk meredakan jerawat. Anda juga perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat.

Di samping itu, Anda pun dianjurkan untuk membersihkan wajah secara rutin, tidak sering menyentuh wajah, tidak banyak mengonsumsi makanan berminyak dan tinggi gula, serta pandai mengelola stres. 

Apabila keluhan jerawat di kulit tak kunjung membaik atau bertambah parah, sebaiknya jangan tunda untuk segera berobat ke dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Punya pertanyaan seputar jerawat atau masalah kesehatan kulit lainnya? Langsung saja konsultasikan hal tersebut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. The Top 9 Health Benefits of Watermelon

0 Komentar

Belum ada komentar