Sukses

Benarkah Ada Ciri-Ciri Khusus Hamil Anak Laki-Laki?

Menebak jenis kelamin lewat tanda-tanda khusus saat hamil sering dilakukan. Tapi, benarkah ada ciri tertentu bila hamil anak laki-laki?

Saat hamil, pasti tebak-menebak jenis kelamin kerap dilakukan baik oleh ibu hamil maupun orang-orang di sekitarnya.

Ya, mengetahui jenis kelamin memang dapat memberikan kebahagiaan tersendiri, apalagi bila gender yang diinginkan dapat terwujud.

Di Indonesia, banyak sekali kepercayaan bahwa tanda-tanda tertentu yang dialami selama kehamilan dapat menandakan seorang ibu sedang hamil anak perempuan atau laki-laki.

Jika bumil jadi suka dandan, orang-orang akan menebak ia akan melahirkan bayi perempuan. Begitu juga sebaliknya, bila ibu hamil lebih cuek maka ia sedang hamil anak laki-laki.

Sebenarnya, benarkah ada tanda-tanda tertentu yang menandakan seorang ibu sedang mengandung bayi laki-laki dalam dunia medis?

1 dari 3 halaman

Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Mitos atau Fakta?

Kepercayaan soal tanda hamil anak laki atau perempuan memang lumrah. Terkadang hal ini dilakukan untuk seru-seruan saja sembari menunggu hasil tes kehamilan.

Namun, anggapan yang beredar di masyarakat tentang tanda hamil anak laki-laki tidak bisa Anda telan begitu saja.

Apa saja tanda-tanda hamil yang dipercaya sebagai ciri ibu mengandung bayi laki-laki? Simak di bawah ini.

1. Mual di Pagi Hari

Nah, ini tanda yang paling sering dikaitkan dengan hamil bayi laki-laki. Padahal, yang benar adalah keluhan mual di pagi hari dapat bervariasi bagi masing-masing wanita maupun kehamilan.

Sebuah studi dalam jurnal The Lancet mengungkapkan, wanita yang mengalami morning sickness parah saat hamil justru lebih mungkin memiliki anak perempuan. Bila tidak, tetap tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung gagasan tersebut.

2. Perubahan Kondisi Kulit

Beberapa orang percaya, bayi perempuan akan mencuri kecantikan ibunya. Sementara, anak laki-laki tidak akan membuat ibu berjerawat.

Anggapan serupa juga berlaku dalam pertumbuhan rambut. Kalau mengandung bayi laki-laki, rambut akan lebih panjang dan berkilau. Sementara kalau bayi perempuan, rambut bumil akan menjadi tidak menarik.

Soal ini, tidak benar! Hormon pada kehamilan pasti ada dan dapat memengaruhi wanita dalam hal yang berbeda-beda.

Artikel Lainnya: Menebak Jenis Kelamin Bayi dari Bentuk Perut Ibu Hamil?

3. Mengidam Makanan Asin

Kalau mengandung bayi laki-laki, biasanya sering dihubungkan dengan suka mengidam makanan asin dan gurih. Sementara itu, kalau mengandung bayi perempuan, maunya yang manis-manis.

Sebenarnya, tidak ada penelitian konklusif yang menunjukkan keinginan makan saat hamil dapat memprediksi jenis kelamin bayi.

4. Denyut Jantung Bayi

Mitos tentang gender juga meliputi detak jantung bayi. Jika detak per menit di bawah 140, maka bayinya adalah laki-laki. Bila lebih tinggi dari 140, bayinya perempuan.

Meskipun terdengar lebih ilmiah, sayangnya tidak ada kebenaran kuat di balik anggapan tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fetal Diagnosis and Therapy mengungkapkan, tidak ada perbedaan yang berarti antara detak jantung anak laki-laki dan perempuan pada awal kehamilan.

Artikel Lainnya: Benarkah Morning Sickness Menandakan Jenis Kelamin Bayi?

5. Posisi Perut Relatif Rendah

Kalau posisi perut atau janin cenderung rendah, banyak orang percaya mungkin ibu hamil akan melahirkan bayi laki-laki. Sementara, kalau posisi perutnya tinggi kemungkinan akan melahirkan bayi perempuan.

Sebenarnya, posisi kehamilan lebih berkaitan dengan bentuk rahim, tipe tubuh, dan otot perut Anda.

Mitos-mitos ini masih dipercaya sampai sekarang. Sayangnya, belum ada penelitian yang bisa membenarkan berbagai anggapan di atas.

Jadi, jelas bahwa itu hanyalah mitos belaka. Hal tersebut juga ditegaskan oleh dr. Adeline Jaclyn.

Ia mengatakan, "Sampai saat ini tidak ada tanda pasti untuk memprediksi jenis kelamin janin secara ilmiah atau penelitian. Yang selama ini didengar hanyalah dugaan semata tanpa dasar penelitian."

Artikel Lainnya: Jauhi Pisang Bila Ingin Hamil Anak Perempuan, Benarkah?

2 dari 3 halaman

Perawatan Saat Hamil Tak Bergantung pada Jenis Kelamin Bayi

Karena mitos-mitos tersebut, beberapa ibu hamil terkadang jadi membedakan antara perawatan saat hamil bayi laki-laki dan bayi perempuan.

Nyatanya, tidak perlu begitu! Baik sedang mengandung bayi laki-laki ataupun perempuan, perawatan kehamilan tetap sama.

"Perawatan ibu hamil tidak punya perbedaan berdasarkan jenis kelamin janin. Yang pasti, harus kontrol rutin sesuai anjuran, hindari makanan yang tidak matang, istirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan hindari stres berlebih," ungkap dr. Adeline.

Jadi, cara merawat dan menjaga kesehatan selama hamil umumnya sama saja, baik saat hamil bayi laki-laki maupun perempuan. Tidak perlu percaya mitos ya, Bunda!

Dibanding hanya menebak jenis kelamin lewat tanda-tanda yang tidak jelas, lebih baik gunakan pemeriksaan USG. Cara ini bisa dilakukan antara 18 atau 20 minggu pada masa kehamilan.

Bila ingin konsultasi ke dokter kandungan lebih mudah, pakai LiveChat dari Klikdokter. Anda juga bisa memantau perkembangan janin dan kehamilan lewat Kalender Kehamilan.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar