Sukses

Manfaat Masker Lendir Siput untuk Kecantikan

Siput, hewan berlendir yang sering kali dianggap menjijikkan, ternyata memiliki segudang manfaat bagi kulit. Bagaimanakah faktanya?

Siput atau dalam bahasa Inggris disebut snail mungkin bukan hewan favorit banyak orang. Teksturnya yang berlendir dan kenyal dianggap menjijikkan bagi sebagian orang. Alhasil, hewan tak bertulang belakang tersebut segera ditinggalkan atau dibuang begitu saja. 

Namun, baru-baru ini siput mengambil bagian dalam tren kecantikan dunia. Lendir siput dipercaya berkhasiat bagi kulit sehingga dijadikan bahan dalam berbagai produk kecantikan. Salah satunya masker siput untuk wajah. 

1 dari 3 halaman

Menilik Manfaat Masker Lendir Siput untuk Kecantikan

Menurut dr. Reza Fahlevi, lendir siput memang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Sebab, lendir siput memiliki kandungan asam hialuronat yang telah terbukti memiliki berbagai khasiat. Manfaat lendir siput untuk kecantikan itu antara lain:

1. Melembapkan Kulit

Kandungan asam hialuronat pada lendir siput memiliki sifat pelembap yang dapat melindungi dan mengunci kelembapan pada kulit. 

2. Menstimulasi Produksi Kolagen

Siput juga mengandung asam glikolat yang membantu menstimulasi produksi kolagen. Kolagen sendiri  berperan memperkuat, menghidrasi, serta mempertahankan elastisitas kulit.

Berkurangnya kolagen dapat membuat kulit menjadi kering dan lama-kelamaan akan timbul keriput.

Artikel lainnya: 6 Manfaat Akupunktur untuk Kulit Wajah

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Manfaat masker snail berikutnya adalah menghambat timbulnya tanda-tanda penuaan. Produksi kolagen yang didorong oleh asam glikolat juga dapat menghilangkan garis-garis halus dan kulit keriput.

Selain itu, asam glikolat juga dapat mengurangi pigmentasi kulit, yakni muncul bercak gelap di kulit. Hal tersebut disebabkan oleh efek eksfolian yang mempercepat laju pergantian sel kulit sehingga pigmen dapat hilang lebih cepat.

4. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Kandungan asam glikolat mampu menghaluskan dan membuat kulit tampak cerah bercahaya. 

Sementara itu, dilansir Women's Health, dokter kulit, Hadley King, menyebut lendir siput mengandung mineral seng yang bersifat antiinflamasi dan allantoin yang menenangkan iritasi. 

Dalam sebuah penelitian, gel yang mengandung allantoin dioleskan ke kulit yang terluka dalam waktu 3 minggu setelah cedera terjadi. Hasilnya, bekas luka menunjukkan perbaikan yang signifikan, seperti lebih sedikit kemerahan dan rasa nyerinya. 

Menurut King, seseorang yang menggunakan masker berbahan lendir siput secara konsisten bisa mendapat sejumlah manfaat. Misalnya, kulit menjadi lebih lembut, lebih lembap, dan juga bercahaya.

Akan tetapi, meskipun punya sejumlah manfaat, penggunaan masker lendir siput sendiri tidak selalu efektif untuk semua jenis kulit. 

Artikel lainnya: Cara Ini Bikin Wajah Putih dan Mulus seperti Artis Korea

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Gunakan Masker Lendir Siput

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan masker siput untuk wajah. Dokter Reza mengatakan, sebelum menggunakan masker lendir siput, penting untuk memperhatikan higienitas produk.

Sebab, produk yang tidak higienis justru rawan menyebabkan berbagai gangguan. Pastikan Anda memilih produk yang telah berizin dan telah terbukti dalam uji klinis.

Berikutnya, pengetahuan akan kondisi kulit sendiri juga penting untuk diperhatikan. “Jika yang punya kulit sensitif mesti hati-hati pemakaiannya,” imbuh dr. Reza. 

Sebab, penggunaan masker siput pada kulit sensitif bisa menyebabkan iritasi. Dengan demikian, wajib bagi seseorang untuk mengetahui kondisi kulit mereka sebelum menggunakan produk baru untuk mencegah berbagai masalah. 

Hal lain yang tak kalah penting, adalah mengecek apakah kulit alergi atau tidak pada kandungan lendir siput. Oleh karena itu, sebaiknya oleskan sedikit saja ke area kecil kulit untuk menguji reaksi sebelum dioleskan ke seluruh wajah.

Jika tidak ada reaksi alergi, Anda bisa mengaplikasikan masker siput ke seluruh wajah. Tapi jika sebaliknya, segera hentikan penggunaannya. 

Anda masih ingin berkonsultasi seputar masalah kulit dan kecantikan langsung dengan dokter? manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar