Sukses

Pilihan Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Gigi

Jangan konsumsi sembarang makanan saat sedang sakit gigi. Lebih baik pilih makanan berikut ini, agar tidak bikin keluhan bertambah parah.

Siapa saja bisa mengalami sakit gigi. Kondisi ini dideskripsikan sebagai keluhan nyeri di dalam atau sekitar gigi, yang bisa terasa ringan hingga berat.

Faktanya, pulpa di dalam gigi Anda adalah bagian lunak yang berisi saraf, jaringan, dan pembuluh darah. Bagian ini termasuk yang paling sensitif di tubuh Anda.

Ketika saraf di dalam pulpa teriritasi atau terinfeksi bakteri (abses), hal tersebut dapat menyebabkan keluhan sakit gigi yang parah.

1 dari 4 halaman

Gejala Sakit Gigi yang Sering Muncul

Penyebab sakit gigi cukup bervariasi. Paling umum disebabkan oleh gigi abses, gigi patah, atau tambalan yang rusak. Selain itu, gerakan berulang, seperti mengunyah permen karet, kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism) juga bisa mencetuskan keluhan tersebut.

Penyebab lain sakit gigi adalah gusi yang terinfeksi, erupsi atau gigi keluar dari gusi, dan pencabutan gigi.

Artikel Lainnya: Cek, Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa gejala sakit gigi yang umum dirasakan menurut drg. Wiena Manggala Putri:

Sebagian besar gejala sakit gigi bisa mengganggu aktivitas. Bahkan, tak sedikit pula orang yang kesulitan untuk mengonsumsi makanan karenanya.

Lantas, harus bagaimana agar bisa tetap makan dengan nyaman saat sakit gigi tanpa perlu khawatir keluhan bertambah parah? Jawabannya, mengonsumsi makanan yang tepat!

Artikel Lainnya: Deretan Buah Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

2 dari 4 halaman

Pilihan Makanan yang Aman untuk Sakit Gigi

Berdasarkan saran drg. Wiena, Anda yang sedang sakit gigi sebaiknya mengonsumsi makanan bertekstur halus atau lembut. Contohnya, bubur, sup, atau ikan.

Selain itu, berikut ini juga merupakan makanan yang boleh dimakan saat sakit gigi:

  • Smoothies atau milkshake
  • Jus buah
  • Sayur-sayuran bertekstur lunak
  • Keju
  • Kentang tumbuk (mashed potatoes)
  • Buah bertekstur halus, seperti alpukat
  • Puding

Pastikan suhu makanan yang dikonsumsi tidak terlalu panas atau dingin. Hal ini guna menghindari risiko gigi ngilu, yang malah akan membuat kondisi Anda semakin terasa tidak nyaman.

Artikel Lainnya: Makanan Ini Bisa Jadi Biang Keladi Sakit Gigi

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Sakit Gigi yang Perlu Dihindari

Terdapat pula makanan untuk sakit gigi yang perlu Anda hindari. Menurut drg. Wiena, berikut adalah beberapa makanan yang dimaksud:

  • Makanan bertekstur keras, semisal keripik, kacang, atau es batu
  • Makanan yang sifatnya lengket, misalnya dodol
  • Makanan yang sifatnya asam, seperti lemon dan minuman bersoda
  • Makanan yang terlalu manis, seperti permen
  • Makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin

Itu dia beberapa makanan untuk sakit gigi; ada yang boleh, ada juga yang dilarang. Pastikan untuk memilih dengan benar, agar keluhan tidak bertambah parah.

Apabila Anda membutuhkan saran atau anjuran lebih lanjut mengenai makanan untuk sakit gigi, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam. Pastikan unduh aplikasi KlikDokter juga, agar tak ketinggalan fakta medis lainnya!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar