Kesehatan Umum

Fakta, Cukup Minum Bantu Menjaga Konsentrasi dan Mood

KlikDokter, 07 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari tak hanya membuat tubuh terhidrasi, tapi juga bantu menjaga konsentrasi dan mood kita

Fakta, Cukup Minum Bantu Menjaga Konsentrasi dan Mood

Air merupakan elemen penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Faktanya, air merupakan zat gizi esensial dan sekitar 60 persen tubuh manusia tersusun atas air. Otak manusia pun terdiri dari 70% lebih air.

Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan air minum setiap hari bukan sekadar untuk melepas dahaga.

Air yang Anda konsumsi dalam jumlah cukup setiap hari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, konsentrasi, dan suasana hati (mood).

Manfaat Luar Biasa dari Cukup Minum 

Berikut ini beberapa kebaikan hidrasi bagi tubuh kita:

  1. Distribusi Oksigen dan Gizi 

Darah bertugas untuk mendistribusikan oksigen dan berbagai zat gizi ke seluruh sel tubuh. Lebih dari 90 persen kandungan plasma darah adalah air sehingga jika mengalami dehidrasi Anda berisiko mengalami syok alias gagal sirkulasi.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Keringat akan bercucuran jika Anda berada di ruangan yang cukup panas atau setelah berolahraga.

Keringat tersebut berfungsi untuk membawa keluar panas tubuh agar suhunya tetap berada pada kisaran normal (36,5–37,2 derajat Celcius). 

  1. Mendukung Fungsi Pencernaan 

Proses pencernaan makanan pada manusia sangat membutuhkan ketersediaan air. Oleh sebab itu, kebutuhan cairan tubuh yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti konstipasi atau sembelit. Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan asam lambung meningkat.

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Air Minum yang Tercemar dan Apa Bahayanya?

  1. Menjadi Media Pembuangan Sisa Metabolisme Tubuh

Air berperan penting dalam proses pembuangan berbagai zat sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urine, dan feses.

  1. Melumasi Persendian

Kartilago alias tulang rawan yang banyak terdapat pada celah sendi mengandung lebih dari 80 persen air. Tulang rawan berfungsi sebagai bantalan di sendi, yang mencegah terjadinya gesekan antartulang. 

Jika Anda mengalami dehidrasi berkepanjangan, kemampuan kartilago akan menurun sehingga menyebabkan nyeri sendi.

  1. Menjaga Konsentrasi dan Mood

Beberapa dampak dehidrasi ringan adalah gangguan pada fungsi kognitif yang dapat langsung dirasakan, seperti mudah lelah, mengantuk, dan penurunan daya ingat. 

Dengan cukup minum Anda bisa terhindar dari gejala-gejala tersebut. Anda pun dapat tetap fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan kognitif, konsentrasi, dan suasana hati (mood) yang optimal.

Artikel Lainnya: Amankah Minum Air dari Gelas yang Terbuka Sisa Semalam?

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Keluarga dengan Air Minum Berkualitas

Setelah mengetahui berbagai manfaat hidrasi bagi tubuh, pastikan Anda dan keluarga mengonsumsi cukup air putih setiap harinya. Porsi air putih yang disarankan untuk orang dewasa adalah 8 gelas dalam satu hari.

Selain mencukupi jumlah, Anda juga wajib memperhatikan kualitas air yang dikonsumsi di rumah. Hal tersebut penting untuk mendapatkan manfaat optimal dari air minum tersebut. 

Air minum galon berkualitas yang bisa menjadi pilihan Anda adalah AQUA. Air mineral AQUA memiliki banyak kelebihan yang membuatnya baik untuk dijadikan pilihan utama Anda. Berikut ini beberapa #kebaikanAQUA untuk Anda:

  • Sumber air terlindungi

AQUA melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber air asalnya. Dengan begitu, kekayaan mineral di dalam air AQUA tetap terjaga dengan baik.

  • Proses yang berstandar tinggi

Seluruh proses pembersihan dan pengisian air mineral AQUA dilakukan dengan sistem yang menyeluruh. 

Dari tahap awal hingga akhir dilakukan dengan menggunakan teknologi modern, sehingga tidak tersentuh oleh tangan.

  • Teknologi Tutup Galon Double Injection 

Teknologi tutup galon double injection yang sudah dipatenkan mampu mengunci kemurnian air mineral AQUA sampai ke tangan Anda. Hal ini tentunya membuat kebaikan di dalamnya dapat sepenuhnya Anda dan keluarga rasakan.

  • Galon Ramah Lingkungan 

Galon AQUA terbuat dari bahan yang dapat digunakan berulang kali, karena telah melewati proses seleksi dan pencucian yang dilakukan secara ketat.

Bersama #KebaikanAQUA, Anda turut menjaga kesejahteraan lingkungan dengan menghemat penggunaan produk sekali pakai.

Jadikan air mineral AQUA sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. 

Dengan demikian, Anda dan keluarga dapat merasakan seluruh #KebaikanAQUA yang terlindungi. Tetap jaga kesehatan Anda, ya!

(NB/AYU)

AdvertorialAir MineralDehidrasi

Konsultasi Dokter Terkait