Sukses

Mengenal Manfaat Stroberi untuk Mengatasi Sembelit

Dengan serat dan kandungan air yang tinggi, stroberi diduga dapat mengatasi sembelit atau konstipasi. Benarkah? Apa kata dokter tentang manfaat stroberi yang satu itu?

Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pencernaan yang sering terjadi. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan buang air besar (BAB), karena konsistensi feses keras.

Adapun penyebab sembelit, yaitu kekurangan asupan serat dari makanan. Serat itu sendiri dapat ditemukan dari sayuran dan buah-buahan.

Sembelit dapat diatasi dengan pemberian obat yang memiliki zat laksatif. Di samping itu, konsumsi stroberi juga disebut dapat menjadi cara alami mengatasi sembelit. Apakah medis setuju?

1 dari 3 halaman

Gizi dalam Buah Stroberi untuk Atasi Sembelit

Merujuk Medical News Today, stroberi adalah buah manis dan sedikit asam yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Stroberi juga lebih rendah kalori dibandingkan buah-buahan lain, seperti apel, pisang, anggur, dan jeruk.

Untuk lebih jelasnya, satu porsi stroberi segar yang diiris (166 gram) mengandung berbagai gizi di bawah ini:

  • Kalori: 53 kilokalori.
  • Protein: 1,11 gram.
  • Karbohidrat: 12,75 gram.
  • Serat makanan: 3,30 gram.
  • Kalsium: 27 miligram.
  • Besi: 0,68 miligram.
  • Magnesium: 22 miligram.
  • Fosfor: 40 miligram.
  • Kalium: 254 miligram.
  • Vitamin C: 97,60 miligram.
  • Folat: 40 mikrogram. 
  • Vitamin A: 28 IU.

Artikel Lainnya: Susah BAB? Ini 5 Makanan Pencahar Alami

Apakah kombinasi gizi tersebut menjadikan stroberi sebagai buah untuk mengatasi sembelit? Berdasarkan dr. Theresia Rina Yunita, untuk mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi, seseorang harus memperbanyak asupan cairan dan serat.

“Banyak sekali sumber serat yang ada di sekeliling kita; mulai dari sayuran dan buah. Stroberi adalah salah satu buah yang mengandung serat serta tinggi kandungan airnya, dituding bisa bermanfaat untuk konstipasi,” tutur dr. Theresia Rina.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Konsumsi Stroberi untuk Atasi Sembelit?

Stroberi memang dapat bantu atasi sembelit. Namun, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Faktanya, konsumsi stroberi terlalu banyak malah dapat menyebabkan diare.

Lantas, berapa porsi stroberi yang disarankan dalam sehari untuk mencegah sekaligus mengatasi sembelit?

“Satu porsi 1 cangkir irisan stroberi menyediakan 3,3 gram serat, menurut Database Nutrisi Nasional USDA. Rekomendasi asupan serat harian, yakni 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria,” ucap dr. Theresia Rina.

Artikel Lainnya: Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

Kebutuhan serat harian dapat Anda penuhi dengan konsumsi stroberi, yang dikombinasikan dengan sayur atau buah lainnya dalam jumlah yang tepat.

Apabila Anda alergi stroberi, sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya. Sebab, konsumsi stroberi pada orang yang alergi bisa saja mencetuskan keluhan diare, mual, atau muntah. Gejala tersebut umumnya akan muncul dua jam setelah mengonsumsi stroberi. 

Lalu, bagaimana dengan penderita mag dan diabetes? Bolehkah mengonsumsi stroberi untuk mengatasi sembelit? 

Berdasarkan dr. Theresia Rina, boleh-boleh saja asalkan dikonsumsi secukupnya alias tidak berlebihan.

Manfaat stroberi untuk bantu atasi sembelit ternyata bukan isapan jempol belaka. Anda dapat mengonsumsinya dalam jumlah seimbang, sambil dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat. 

Apabila keluhan sembelit masih terus terjadi meski Anda telah mengonsumsi stroberi atau makanan tinggi serat lainnya, silakan konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar