Sukses

Menilik Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Melon hadir dengan berbagai manfaat sehat, tak terkecuali untuk ibu hamil. Ini sederet manfaat melon untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

Melon adalah salah satu buah paling populer di Indonesia. Buah dengan seribu biji ini banyak ditemukan di pasaran dalam berbagai olahan. Misalnya, dijus, dijadikan sup buah, atau dipotong biasa. 

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, melon juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. 

Manfaat melon untuk ibu hamil hadir berkat kandungan gizi bermanfaat yang ada di dalamnya.

1 dari 3 halaman

Kandungan Gizi dalam Melon

Melon terdiri dari banyak vitamin dan mineral. Sebagian karbohidrat dalam buah ini juga berasal dari serat dan gula alami.

Untuk lebih detailnya, Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebut bahwa 1 cangkir melon yang dipotong seperti dadu mengandung gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 61.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Karbohidrat: 15,5 gram. 
  • Serat: 1,4 gram.
  • Gula: 13,8 gram.
  • Protein: 0,9 gram.
  • Vitamin C: 34 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 8 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 9 persen dari kebutuhan harian.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Foods tahun 2016, melon disebut sebagai sumber antioksidan yang baik berkat kandungan pro-vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Antioksidan tersebut mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. 

Artikel Lainnya: Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil yang Harus Dipenuhi

Manfaat vitamin C pada melon yang jumlahnya sepertiga dari nilai harian juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, juga mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi. 

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Menurut dr. Devia Irine Putri, melon memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk ibu hamil. Misalnya, membantu perkembangan janin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

“Melon juga mengandung vitamin K, fosfor, magnesium, dan kalsium, yang baik untuk kesehatan tulang ibu hamil,” sebut dr. Devia. 

Tidak berhenti di situ, melon dapat pula menjaga fungsi saluran pencernaan dan membuat ibu hamil terhindar dari risiko dehidrasi.

Dengan segudang manfaatnya, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi melon. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum mengonsumsi melon agar bisa mendapatkan pasokan gizi yang optimal.

Artikel Lainnya: Kendalikan Gula Darah Anda dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Berikut merupakan tips mengonsumsi melon untuk ibu hamil dari dr. Devia:

  • Hanya konsumsi melon yang matang dan segar. 
  • Selalu cuci dan kupas kulit melon sebelum disantap.
  • Batasi porsi melon yang dikonsumsi hanya 150 gram per hari.
  • Olah melon menjadi sajian yang digemari, misalnya sup buah, jus, atau dikonsumsi langsung. Hindari menambahkan terlalu banyak gula atau pugas yang tidak perlu.
  • Jangan simpan buah yang sudah dipotong terlalu lama, karena bisa saja ada kandungan gizi yang hilang. Bahkan, bisa juga terkontaminasi dengan kuman, terutama jika penyimpanannya tidak baik. 

Dengan memperhatikan tips konsumsi yang aman, manfaat melon untuk ibu hamil yang dirasakan juga akan lebih optimal. 

Jangan lupa kombinasikan konsumsi melon dengan makanan bergizi lainnya, agar kesehatan ibu hamil dan janin terus terjaga.

Punya pertanyaan tentang manfaat melon untuk ibu hamil atau hal-hal tentang kesehatan lainnya? 

Konsultasikan saja kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar