Kehamilan

Menilik Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 22 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Melon hadir dengan berbagai manfaat sehat, tak terkecuali untuk ibu hamil. Ini sederet manfaat melon untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

Menilik Manfaat Melon untuk Ibu Hamil

Melon merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Buah dengan seribu biji ini banyak ditemukan di pasaran dalam berbagai olahan. Misalnya, dijus, dijadikan sup buah, atau dipotong biasa. 

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, melon juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.

Manfaat melon untuk ibu hamil hadir berkat kandungan gizi yang ada di dalamnya. Diketahui, 1 cangkir melon yang dipotong seperti dadu mengandung kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin C, kalium, dan vitamin B6. Lengkap, bukan? 

Berikut adalah sederet manfaat buah melon untuk ibu hamil:

1. Kaya Nutrisi

Melon mengandung berbagai kandungan gizi, seperti serat, vitamin C, vitamin B, dan kalium. Ibu hamil yang makan melon selama kehamilan dapat tercukupi asupan gizinya, khususnya mikronutrien. 

Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebut bahwa 1 cangkir melon yang dipotong seperti dadu mengandung gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 61.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Karbohidrat: 15,5 gram. 
  • Serat: 1,4 gram.
  • Gula: 13,8 gram.
  • Protein: 0,9 gram.
  • Vitamin C: 34 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 8 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 9 persen dari kebutuhan harian.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Foods tahun 2016, melon disebut sebagai sumber antioksidan yang baik berkat kandungan pro-vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Antioksidan tersebut mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. 

Artikel Lainnya: Kaya Asam Folat, Ini Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

2. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dalam melon yang jumlahnya sepertiga dari nilai harian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, serta mengoptimalkan penyerapan zat besi. 

Vitamin C ini berperan sebagai antioksidan. Dengan begitu, daya tahan tubuh ibu hamil terjaga dan serangan berbagai kuman penyebab penyakit dapat dicegah. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang 

Kandungan vitamin dan mineral dalam melon dapat membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Selain itu, nutrien tersebut dapat membantu perkembangan tulang janin pula. 

Artikel Lainnya: Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

4. Baik untuk Saluran Pencernaan 

Melon juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk ibu hamil. Kandungan ini dapat menjaga saluran pencernaan ibu hamil tetap lancar dan mencegah konstipasi, yang kerap terjadi pada kehamilan. 

5. Menghalau Dehidrasi 

Melon termasuk buah yang kaya air. Dengan demikian, buah melon untuk ibu hamil dapat membantu mencegah terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi.

Perlu Anda ketahui bahwa dehidrasi dapat menimbulkan komplikasi kehamilan yang serius, seperti bayi lahir dengan cacat bawaan hingga persalinan prematur. 

Artikel Lainnya: Catat! Makanan Ini Cegah Bayi Lahir Cacat

6. Mencegah Cacat Bawaan pada Janin

Melon mengandung vitamin B yang dapat mencegah terjadinya defek pada pembentukan sistem saraf pusat. Dengan demikian, mengonsumsi melon saat hamil dapat membantu mencegah terjadinya cacat bawaan. 

7. Membantu Tekanan Darah Tetap Stabil

Tekanan darah tinggi dapat terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti gangguan organ penting dalam tubuh ibu, bahkan kematian. 

Melon mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Tak hanya itu, konsumsi buah melon bisa membuat kadar garam tetap terkendali sehingga tekanan darah ibu terus stabil. 

8. Menjaga Kadar Gula Darah 

Tingginya kadar gula darah dapat menjadi salah satu masalah pada kehamilan. Bila dibiarkan atau tidak dicegah, gula darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir besar, komplikasi atau penyulit lainnya.

Ibu hamil yang makan melon selama kehamilan akan terhindar dari kebiasaan mengonsumsi camilan yang tinggi gula. Selain itu, kadar gula dalam melon diketahui tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis, seperti yang terjadi pada mereka yang mengonsumsi makanan manis lainnya. 

Itulah beberapa manfaat melon untuk ibu hamil. Ingatlah, hanya konsumsi melon matang dan segar yang telah cuci dan dikupas kulitnya. Jangan simpan buah yang sudah dipotong terlalu lama, guna menjaga kandungan gizinya dan menghindari kontaminasi kuman.

Meski bermanfaat, tetap batasi porsi melon yang dikonsumsi (150 gram per hari). Anda dapat mengolahnya menjadi sajian yang digemari, misalnya sup buah atau jus. Jus melon memiliki khasiat yang sama untuk ibu hamil.

Punya pertanyaan lain seputar nutrisi selama kehamilan? Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui layanan Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter

[WA]

Kehamilanbuahmelon

Konsultasi Dokter Terkait