Sukses

Terapi Siput, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit Wajah?

Selain dimakan, siput juga banyak digunakan untuk produk kecantikan. Namun, amankah hal ini dilakukan?

Untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus, wanita rela menggunakan berbagai macam produk skin care, seperti pelembap, serum, atau toner. Beberapa tahun belakangan ini, muncul perawatan facial atau terapi siput yang disebut-sebut baik untuk kesehatan kulit. 

Lantas, apakah terapi siput benar-benar efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan di kulit wajah?  Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Terapi Siput untuk Wajah

Terapi siput umumnya dilakukan di klinik kecantikan khusus. Pertama-tama, wajah Anda akan dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu beberapa siput hidup akan diletakkan di atas kulit wajah. 

Saat siput merayap atau berjalan di wajah, ia akan meninggalkan lendir yang berfungsi seperti masker. Lendir siput diyakini mengandung protein, asam hialuronat, elastin, antimikroba, peptida, asam glikol dan antioksidan yang bermanfaat baik untuk kulit Anda.

Dilansir dari Byrdie, Sheel Desai-Solomon dan Ted Lain yang merupakan dokter kulit dari Amerika Serikat meyakini bahwa terapi siput bermanfaat baik untuk kecantikan. 

Artikel Lainnya: Teknik Slugging Bikin Wajah Glowing, Benar Tidak Ya?

Menurut mereka, lendir siput dapat melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, membantu proses penyembuhan luka, dan bermanfaat untuk meregenerasi kulit. Tidak hanya itu, beberapa studi juga mengklaim bahwa lendir siput mampu meredakan peradangan jerawat.

Bahkan, menurut studi dari Journal of Drugs and Dermatology, krim dengan kandungan lendir siput dapat membuat kerutan di wajah hilang. Hal ini disebabkan oleh zat protein dari lendir siput yang mengandung sifat antipenuaan. 

Selain itu, kandungan antioksidan dan protein dari lendir siput juga dianggap efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari. Akan tetapi, penelitian ini masih membutuhkan uji lanjutan untuk menemukan manfaat pasti dari lendir siput. 

Artikel Lainnya: Cara Ini Bikin Wajah Putih dan Mulus seperti Artis Korea

2 dari 3 halaman

Lalu, Apakah Penggunaan Terapi Siput Dianjurkan?

Dokter Theresia Rina Yunita tidak menganjurkan kita untuk melakukan terapi atau facial wajah menggunakan lendir siput hidup. Sebab, belum banyak penelitian yang membahas tentang efektivitas dari lendir siput untuk kecantikan.

“Walau terapi ini sudah terkenal di Korea Selatan, tetap belum terbukti aman dan efektif sehingga tidak disarankan untuk melakukannya,” kata dr. Theresia Rina. 

Dokter Desai-Solomon juga menganjurkan hal serupa lantaran belum ada hasil penelitian yang mengatakan terapi siput aman digunakan. Apabila sembarangan mencoba, dikhawatirkan bisa menimbulkan reaksi alergi di kulit. 

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Terapkan juga pola hidup sehat dan jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah. Cari tahu informasi kesehatan unik lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar