Kehamilan

Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

dr. Dyah Novita, 28 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Boleh tidak, sih, ibu hamil makan buah mangga muda yang rasanya asam?Simak manfaat makan buah mangga muda untuk ibu hamil

Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Tidak sedikit ibu hamil yang ngidam mangga muda. Rasa daging buahnya yang asam disebut-sebut bisa menetralisir gejala kehamilan, seperti mual dan rasa tidak nyaman di perut. 

Sayangnya, sebagian orang meyakini bumil tidak boleh makan mangga muda. Buahnya yang belum matang dan rasanya yang asam jadi alasannya.

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan mangga muda? Adakah manfaat ataupun efek samping mangga muda untuk ibu hamil?

Manfaat Makan Mangga Muda bagi Bumil

Faktanya, ibu hamil boleh mengonsumsi mangga muda asalkan porsinya tidak berlebihan. Buah mangga cukup aman dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah sedang.

Mangga direkomendasikan karena mengandung nilai gizi dan zat antioksidan yang tinggi. Di bawah ini sejumlah manfaat mangga muda untuk ibu hamil yang perlu kamu tahu:

1. Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness adalah gejala awal kehamilan yang umum dirasakan ibu hamil. Biasanya, bumil mengalami mual, muntah, dan nafsu makan menurun. 

Mangga muda yang rasanya asam bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gejala morning sickness tersebut.

Artikel lainnya: Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?

2. Mencukupi Kebutuhan Serat dan Vitamin C

Mangga muda mengandung vitamin C dan serat. Jadi, dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan serat ibu hamil. Terlebih jika ibu hamil susah makan karena rasa mual. 

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan vitamin C dalam mangga muda mengandung sifat antiperadangan yang membantu mengurangi timbulnya gangguan pada aliran darah. 

Perlu diketahui, kehamilan menimbulkan banyak tekanan ke pembuluh darah. Dengan konsumsi mangga mentah, secara tak langsung dapat membantu memperkuat pembuluh darah saat hamil. 

Vitamin C di dalam buah mangga juga bermanfaat meningkatkan produksi sel darah merah dan mengurangi munculnya bercak selama masa kehamilan.

4. Mengatasi Sembelit

Makan mangga bisa membantu meredakan sembelit yang dialami ibu hamil. Pasalnya, mangga mengandung serat dan alkali tinggi. Kedua zat ini baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan.

Artikel lainnya: Khasiat Makan Mangga untuk Kesehatan Kulit

5. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam daging buah mangga terdapat fitonutrien seperti karotenoid dan polifenol. Keduanya memiliki manfaat kesehatan, yaitu mengurangi risiko kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Kerusakan yang disebut sebagai stres oksidatif ini dapat memicu penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan 

Gangguan pencernaan yang sering terjadi selama kehamilan adalah sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam mangga muda diduga bisa mencegah risiko sembelit selama kehamilan.

7. Meningkatkan Metabolisme 

Mangga muda dapat meningkatkan metabolisme alias proses pengolahan zat gizi dari makanan menjadi energi. Pada gilirannya, khasiat mangga muda untuk ibu hamil dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil selama kehamilan. 

Artikel lainnya: Segudang Manfaat Buah Mangga untuk Rambut Sehat

8. Mencegah Penyakit Jantung pada Ibu Hamil 

Mangga muda mengandung kalium. Kalium dapat membantu menjaga fungsi organ jantung dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh bumil. 

9. Bantu Tingkatkan Imunitas  

Kandungan vitamin A selama kehamilan dapat meningkatkan imunitas dan mencegah komplikasi penyakit. Komplikasi yang dimaksud, seperti diare dan infeksi pernapasan.

10. Mencegah Preeklamsia 

Kandungan magnesium di dalam mangga muda dapat membantu mencegah hipertensi yang bisa memicu terjadinya preeklamsia. Kondisi ini adalah komplikasi yang dapat terjadi pada masa kehamilan. 

Preeklamsia ditandai dengan tekanan darah tinggi mencapai angka 140/90 mmHg. 

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Waspadai juga Efek Sampingnya

Kehamilan di Luar Rahim, Apa dan Bagaimana? (AnemStyle/Shutterstock)

Meski bermanfaat, mengonsumsi mangga muda nyatanya bisa memicu efek samping. Mangga muda yang terlalu asam dan dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah baru, seperti peningkatan asam lambung dan perut kembung.

Makan mangga muda saat hamil boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan. Supaya bisa memperoleh manfaat mangga muda untuk ibu hamil, #JagaSehatmu dengan mengkombinasikannya bersama makanan bergizi lainya. Imbangi dengan makan sayuran, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang baik untuk kehamilan. 

Apabila kamu khawatir mengonsumsi mangga muda selama mengandung, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan. Lebih cepat dan mudah, pakai fitur tanya dokter online di aplikasi KlikDokter aja!

(ADT/JKT)

buah

Konsultasi Dokter Terkait