Sukses

Lemon Ternyata Berguna untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Selain jadi penyegar makanan dan minuman, lemon rupanya juga efektif dalam menjaga kesehatan rambut. Berikut ini sederet manfaat lemon untuk rambut.

Buah lemon dikenal karena vitamin C dan seratnya yang sangat baik. Potensi kesehatannya juga tak main-main, yakni menurunkan risiko sakit jantungkanker, hingga menjaga daya tahan tubuh.

Tak berhenti di sana, buah lemon disebut-sebut bermanfaat dalam memelihara kesehatan rambut.

Lemon umumnya digunakan sebagai air bilasan rambut. Caranya, Anda perlu memeras lemon, kemudian dicampur ke air.  Air perasan lemon juga bisa digunakan sebagai masker untuk rambut. Tinggal dioleskan ke seluruh kulit kepala dan helaian rambut. Jangan lupa pijat, kemudian didiamkan beberapa menit.

Lalu, apa saja manfaat lemon untuk rambut? Berikut daftarnya:

 

1 dari 4 halaman

1. Membuat Rambut Berkilau

Nutrisi dalam buah lemon terbukti ampuh dalam buat rambut jadi lebih berkilau dari biasanya. Selain itu, buah lemon memang kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami pencerah rambut.

Efek pencerah dari air lemon bekerja lebih baik untuk warna rambut yang lebih terang, seperti pirang dan cokelat muda.

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Mangga untuk Rambut Sehat

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Sebagian wanita mendambakan rambut panjang. Namun, tidak setiap wanita bisa dengan mudah memanjang rambutnya.

Sebagai solusi, ada yang kemudian menggunakan sampo penumbuh rambut yang belum terbukti jelas efektivitasnya.

Ingin coba bahan alami untuk mempercepat pertumbuhan rambut? Kabar baiknya, air perasan lemon bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut!

Lemon mengandung banyak nutrisi, seperti asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, pektin, dan flavonoid. Semua nutrisi ini bisa meningkatkan laju pertumbuhan rambut dan produksi kolagen pada kulit kepala.

2 dari 4 halaman

3. Mencegah Kerontokan

Manfaat lemon untuk rambut diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Selain menunjang pertumbuhan rambut, kandungan vitamin C dalam lemon memicu produksi kolagen yang pada akhirnya akan menstimulasi folikel rambut sehingga membuatnya lebih kuat.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kerontokan atau masalah kebotakan di kemudian hari.

4. Mengatasi Ketombe

Lemon juga bermanfaat untuk mengusir ketombe pada rambut. Kandungan vitamin C dalam lemon ternyata bisa membantu membersihkan kulit kepala dan membuang kotoran yang tersumbat pada folikel rambut.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Masker Kuning Telur untuk Rambut

Permasalahan seperti ketombe pun lebih mudah untuk diatasi. Selain itu, vitamin C pada lemon juga memiliki efek antioksidan yang baik untuk merangsang produksi kolagen. Pada akhirnya, dengan kolagen yang baik, kerusakan sel kulit kepala bisa diperbaiki.

3 dari 4 halaman

5. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain Vitamin C, air perasan lemon juga mengandung vitamin B dan antijamur yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Antijamur ini juga bisa mengatasi permasalahan kulit kepala kering dan ketombe yang membuat penderitanya jadi merasa tidak percaya diri.

Selain itu, kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya juga bisa mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. 

6. Mengurangi Minyak di Kulit Kepala

Kandungan vitamin C dalam lemon dikatakan dapat mengontrol produksi minyak di wajah, bahkan di kulit kepala.

Dengan demikian, lemon juga bermanfaat untuk mencegah rambut lepek karena dapat mengurangi minyak di kulit kepala.

Demikian beberapa manfaat lemon untuk kesehatan rambut Anda. Sayangnya, pada beberapa orang yang kulitnya sensitif dapat terjadi iritasi. Pasalnya, lemon mengandung kadar asam yang tinggi sehingga bisa memicu ruam atau radang pada kulit yang sensitif.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan lemon di kulit kepala, terapkan uji coba kulit pada area yang kecil terlebih dahulu. Hal ini penting untuk menilai apakah ada reaksi negatif, seperti gatal, merah, atau panas. Kalau ada reaksi, segera hentikan pengaplikasian.

Simak juga informasi menarik lainnya seputar kesehatan rambut dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

1 Komentar