Sukses

Lemon Ternyata Berguna untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Selain jadi penyegar makanan dan minuman, lemon rupanya juga efektif dalam menjaga kesehatan rambut? Apa saja sih manfaat lemon untuk rambut?

Lemon atau dalam nama Latin disebut Citrus limon pasti sudah tak asing di telinga Anda. Buah berwarna kuning cerah ini memiliki rasa asam dan sering digunakan sebagai penyedap makanan maupun campuran dalam minuman.

Buah lemon dikenal karena vitamin C dan seratnya yang sangat baik. Potensi kesehatannya juga tak main-main, yakni menurunkan risiko sakit jantung, kanker, hingga menjaga daya tahan tubuh.

1 dari 4 halaman

Manfaat Lemon untuk Kesehatan Rambut

Namun, tak berhenti di sana, buah lemon juga disebut efektif dalam memelihara kesehatan rambut. Apa saja manfaat lemon untuk rambut? Berikut daftarnya.

  1. Membuat Rambut Berkilau

“Nutrisi dalam buah lemon terbukti ampuh dalam buat rambut jadi lebih berkilau dari biasanya,” ujar dr. Adeline Jaclyn mengamini.

Selain itu, dikutip dari Healthline, buah lemon memang kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami pencerah rambut. Efek pencerah dari air lemon bekerja lebih baik untuk warna rambut yang lebih terang, seperti pirang dan cokelat muda.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Sebagian wanita mendambakan rambut panjang. Namun, tidak setiap wanita bisa dengan mudah memanjang rambutnya.

Sebagai solusi, Anda menggunakan sampo penumbuh rambut yang belum terbukti jelas efektivitasnya. Tapi jangan khawatir, air perasan lemon rupanya bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut! 

Lemon mengandung banyak nutrisi, seperti asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, pektin, dan flavonoid. Semua nutrisi ini bisa meningkatkan laju pertumbuhan rambut dan produksi kolagen pada kulit kepala.

Artikel lainnya: Inilah Khasiat Air Lemon bagi Kesehatan

  1. Mengatasi Ketombe

Manfaat lemon untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi ketombe. Kandungan vitamin C dalam buah lemon bisa membantu membersihkan kulit kepala dan membuang kotoran yang tersumbat pada folikel rambut.

Permasalahan seperti ketombe dan rambut rontok pun lebih mudah untuk diatasi. Selain itu, vitamin C pada lemon juga memiliki efek antioksidan yang juga baik untuk merangsang produksi kolagen.

Pada akhirnya, dengan kolagen yang baik, kerusakan sel kulit kepala bisa diperbaiki.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain Vitamin C, air perasan lemon juga mengandung vitamin B dan antijamur yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Antijamur ini juga bisa mengatasi permasalahan kulit kepala kering dan ketombe yang membuat penderitanya jadi merasa tidak percaya diri.

Selain itu, kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya juga bisa mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. 

Artikel lainnya: Tak Cuma Makanan & Minuman, Lemon Juga Bermanfaat untuk Wajah

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Air Lemon untuk Perawatan Rambut

Anda kini tertarik mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk kesehatan rambut dan kulit kepala? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Untuk mendapatkan rambut yang berkilau, Anda bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air lalu diaduk dan gunakan sebagai air bilas. 

“Selain itu, coba campurkan air perasan lemon dengan 2 sendok makan cuka apel. Aplikasikan ramuan ini ke rambut secara merata, diamkan dalam beberapa menit, dan bilas,” ujar dr. Adeline.

  • Jika Anda ingin menggunakan air lemon untuk atasi ketombe dan permasalahan kulit rambut lainnya, coba oleskan lemon secara langsung pada kulit kepala.

Atau, Anda bisa  peras air lemon dan campurkan dengan minyak kelapa atau gula. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit dan pijat selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin. 

Artikel Lainnya: Rutin Minum Air Lemon Bantu Turunkan Kolesterol

3 dari 4 halaman

Waspada Efek Sampingnya!

Karena tidak diproses dengan bahan campuran lain, air lemon masih bisa menyebabkan efek samping pada kulit kepala. Salah satunya adalah iritasi. 

Lemon mengandung kadar asam yang tinggi sehingga bisa memicu ruam atau radang pada kulit yang sensitif.

Untuk itu, dr. Adeline menyarankan, “Sebelum menggunakan lemon di kulit kepala, terapkan uji coba kulit pada area yang kecil terlebih dahulu.”

Hal ini penting untuk menilai apakah ada reaksi negatif, seperti gatal, merah, dan panas. Kalau ada reaksi, segera hentikan pengaplikasian.

“Selain itu, setelah perawatan, batasi lama paparan terhadap sinar matahari karena dapat merusak lapisan luar rambut,” dia menambahkan.

Jika Anda masih ingin tahu khasiat lemon untuk rambut dan kulit kepala? Jangan ragu untuk menanyakannya langsung kepada dokter melalui aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar