Sukses

Ibu Menyusui Mau Makan Durian, Ini Saran Dokter

Buah durian kerap tak pernah gagal bikin penikmatnya ketagihan. Namun, bolehkah durian dimakan pada masa menyusui?

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui perlu dipenuhi agar ASI tetap lancar. Pemilihan asupannya pun harus selektif agar tidak memengaruhi kualitasnya.

Tak hanya saat hamil, pantangan makanan terkadang juga masih berlaku saat menyusui. Salah satu yang cukup bikin penasaran adalah konsumsi buah durian. Apa boleh dikonsumsi ibu menyusui?

Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penuturannya berikut ini, Bunda!

1 dari 4 halaman

Aturan Konsumsi Durian untuk Ibu Menyusui

Tak bisa dimungkiri, reputasi durian sebagai “penyebab” berbagai masalah kesehatan cukup membuat banyak ibu menyusui takut untuk makan durian.

Sebenarnya, anjuran makan durian untuk ibu menyusui sama saja seperti untuk orang yang tidak menyusui.

Menurut dr. Devia Irine Putri, makan durian saat menyusui boleh saja, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Jika berlebihan, maka sama saja membahayakan kesehatan. 

"Makan 2-3 potong durian ukuran sedang sudah cukup untuk ibu yang menyusui. Kalau potongannya besar, 1-2 potong sudah cukup," kata dr. Devia.

"Seseorang dianggap berlebihan makan durian kalau makannya setengah buah sendiri atau satu buah sendiri," sambungnya.

Artikel Lainnya: Bolehkah ibu Hamil Makan Buah Durian?

2 dari 4 halaman

Manfaat Durian untuk Ibu Menyusui

Sebaliknya, kalau durian dikonsumsi secukupnya saja, manfaatnya akan terasa bagi ibu yang sedang menyusui.

Durian kaya mineral seperti kalsium, zat besi, dan mangan. Berbagai kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas ASI.

Melansir the Asian Parent Singapore, beberapa ibu menyusui percaya makan durian dapat meningkatkan produksi ASI, serta membuat air susu menjadi lebih kental dan creamy. Namun, hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasinya.

Potensi manfaat tersebut mungkin dikarenakan oleh nutrisi durian yang cukup lengkap. Contohnya, vitamin C, zat besi, kalium, karbohidrat, serat, protein dan kalsium.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini agar Masa Menyusui Terasa Menyenangkan

3 dari 4 halaman

Bahaya Kebanyakan Makan Durian

Bukan karena dapat memengaruhi rasa ASI seperti anggapan banyak orang, makan durian berlebihan bisa menghalangi nutrisi lain untuk masuk ke tubuh ibu menyusui. 

Durian dapat membuat busui cepat kenyang. Akhirnya, busui malah tidak mau makan makanan lain yang sebenarnya menyediakan beragam nutrisi yang saling melengkapi.

"Karena kalori durian tinggi, ibu menyusui akan cepat kenyang. Padahal, ia tetap harus mengonsumsi makanan lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya," ungkap dr. Devia.

"Selain itu, kalau berlebihan bisa menyebabkan mual, muntah, perut bergas atau begah, bahkan bisa menyebabkan sembelit juga," lanjutnya.

Jadi, boleh-boleh saja kalau Anda ingin makan durian saat menyusui. Yang penting jangan terlalu sering dan berlebihan porsinya!

Ingat, pemenuhan nutrisi lebih penting dibanding memuaskan lidah. Jangan sampai konsumsi durian membuat kesehatan Anda terganggu.

Bila ingin konsultasi ke dokter seputar pilihan buah dan aturan konsumsinya yang baik sesuai kondisi pribadi, pakai LiveChat dari Klikdokter. Dapatkan juga beragam informasi lengkap lainnya dari dokter seputar kehamilan dan menyusui.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar