Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMakan Lobster Bisa Tingkatkan Gairah Seksual!
Diet dan Nutrisi

Makan Lobster Bisa Tingkatkan Gairah Seksual!

dr. Sara Elise Wijono MRes, 09 Des 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kandungan zinc pada lobster dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Makan Lobster Bisa Tingkatkan Gairah Seksual!

Tak kalah dengan seafood lainnya, lobster juga menjadi salah satu makanan laut yang paling digemari. Bahkan, hewan laut ini pun termasuk dalam komoditas perikanan andalan Indonesia! Ada sekitar 22 spesies lobster ditemukan di perairan tanah air.

Selain rasanya yang lezat, lobster juga diketahui kaya manfaat. Lobster mengandung selenium yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi penyakit tiroid.

Hewan bernama ilmiah Nephropidae itu juga mengandung tembaga yang tinggi. Kandungan ini dapat bermanfaat bagi penderita anemia.

Di samping itu, terdapat anggapan kalau makan lobster dapat meningkatkan gairah seksual. Bagaimana fakta medisnya?

Lobster Bantu Tingkatkan Gairah Seks

Lobster memang dipercaya dapat meningkatkan gairah seks. Hal ini diperoleh berkat kandungan zinc (seng) yang tinggi di dalam lobster.

Zinc dapat meningkatkan peredaran darah pada organ seks, baik pada pria maupun wanita. Lalu, pada pria, zinc juga dapat meningkatkan hormon testosteron.

Artikel Lainnya: Konsumsi Makanan Ini agar Ereksi Tahan Lama

Dalam penelitian yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information, Amerika Serikat, sejumlah pria muda yang dengan sengaja diberi makan makanan rendah zinc membuat mereka mengalami kekurangan zinc.

Setelah dua puluh minggu, kadar testosteron mereka diketahui turun hampir 75 persen. 

Sementara itu, kekurangan zinc memiliki efek negatif pada kadar testosteron. Kadar testosteron rendah selama ini telah dikaitkan dengan libido rendah, infertilitas, dan disfungsi ereksi.

Oleh karena itu, manfaat lobster yang tinggi zinc bisa mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana Konsumsinya?

Walaupun lobster dapat menjadi pilihan makanan untuk meningkatkan gairah seksual, konsumsi yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Lobster sendiri mengandung lemak cukup tinggi, yaitu sekitar 1,25 g lemak per cup. Bila ingin memperoleh manfaat lobster, Anda dapat membatasi sesuai porsi, yaitu satu cup atau sekitar 145 gram.

Selain lobster, Anda juga bisa konsumsi makanan lain yang dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual.

Sebut saja kepiting yang memiliki kandungan zinc yang tinggi. Satu porsi kepiting mengandung hampir semua nilai zinc harian yang dibutuhkan. Kandungan zinc tertinggi pada kepiting dipercaya terletak di kakinya.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Libido Pria

Sama seperti lobster dan kepiting, salmon pun mengandung zinc yang diketahui bisa meningkatkan hormon testosteron.

Selain itu, daging atau makanan lain yang mengandung asam amino tertentu juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kehidupan seks seseorang.

Sayuran dan buah-buahan tertentu juga bisa membantu meningkatkan gairah seks. Misalnya saja kacang-kacangan dan apel. Kacang-kacangan, seperti mete dan almond, kaya akan zinc. Sementara itu, apel telah banyak diteliti dapat menambah gairah seksual wanita.

Kendati demikian, saat merasa ada masalah dengan libido yang menurun, jangan hanya fokus pada makanan saja untuk meningkatkan gairah seksual. Pastikan tubuh Anda juga sehat paripurna, baik secara fisik maupun mental.

Lakukanlah olahraga rutin, hindari merokok, serta pastikan Anda dapat mengatasi stres dengan baik.

Demikian penjelasan seputar manfaat makan lobster untuk tingkatkan gairah seksual. Bila ingin menaikkan libido, boleh saja Anda makan lobster asal konsumsinya tidak berlebihan.

Konsultasikan seputar keluhan seksual Anda kepada dokter lewat layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

lobsterSeafood

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter