Sukses

Manfaat Ikan Salmon untuk Meredakan Nyeri Sendi

Selain meningkatkan kecerdasan otak manusia, ikan salmon juga ampuh dalam mengatasi nyeri sendi. Bagaimana bisa? Mari kita simak ulasannya di sini.

Nyeri sendi adalah gangguan kesehatan yang membatasi penderitanya dalam beraktivitas dan bergerak. Akan tetapi, melalui asupan tertentu, keluhan sakit pada sendi dapat diminimalkan bahkan dihindari kekambuhannya.

Salah satu jenis makanan untuk nyeri sendi itu adalah ikan salmon. Mengapa dan bagaimana ikan berlemak ini bisa bantu meredakan nyeri sendi? Simak ulasannya.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Salmon untuk Nyeri Sendi

Sebenarnya, alasan ikan salmon dapat membantu penderita nyeri sendi karena kandungan asam lemak omega 3 (lemak esensial) yang tinggi.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan salmon memiliki rantai asam lemak omega 3 eicosapentaenoic acid (EPA) serta docosahexaenoic acid (DHA). 

Kedua kandungan ini memiliki sifat antiinflamasi yang secara efektif bisa mengurangi nyeri sendi pada pasien arthritis. 

“Penelitian-penelitian yang pernah dilakukan memang memberikan bukti kalau EPA dan DHA bermanfaat mengurangi peradangan. Dua asam lemak tersebut juga menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi sel-sel di pembuluh darah, serta membantu menurunkan risiko kanker,” ujar dr. Devia. 

Orang yang rutin mengonsumsi ikan salmon atau asam lemak omega 3 juga memiliki risiko lebih rendah terkena rheumatoid arthritis (RA). 

Kandungan omega 3 dalam salmon bisa membantu meredakan nyeri sendi pada pasien rheumatoid arthritis

Artikel Lainnya: Daftar Seafood yang Bermanfaat bagi Tulang dan Gigi

Efek antiinflamasi omega 3 bermanfaat juga untuk mencegah penyakit lain terkait peradangan, termasuk penyakit jantung

Omega-3 juga menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah tidak sehat, mengurangi pertumbuhan plak penyumbat arteri, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain ikan salmon, Anda juga bisa memilih jenis ikan lainnya yang juga mengandung omega 3 tinggi seperti ikan tuna, sarden, dan ikan mackerel.

Makan keempat jenis ikan ini sekitar 2-6 ons selama dua kali dalam seminggu, dipercaya bisa menurunkan peradangan dan melindungi kesehatan jantung. 

Meski begitu, Anda juga perlu waspada dengan ikan yang juga tinggi merkuri. Senyawa ini terbuat dari jenis logam berat hasil buangan limbah pabrik. Selanjutnya, merkuri bisa menempel pada jaringan otot ikan. 

Melansir Arthritis Foundation,  banyak ikan tinggi omega 3 tapi juga kaya akan merkuri. Kandungan tersebut dapat merusak sistem saraf dan otak jika dikonsumsi berlebihan. 

Itu sebabnya, Anda perlu cermat dan berhati-hati. Anda disarankan untuk memilih ikan salmon yang berukuran kecil ketimbang yang besar, karena kandungan merkurinya masih lebih rendah.

Artikel Lainnya: Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

2 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Makan Ikan Salmon

Menurut dr. Devia, tidak ada aturan tertentu dalam memakan ikan salmon untuk mengatasi nyeri sendi.

“Hanya saja, Anda sebaiknya tetap memperhatikan kesegaran dan kebersihan ikan yang dibeli. Pastikan Anda membeli di tempat yang bersih dan masih segar sewaktu dijual,” dia menjelaskan. 

Selain itu, karena ikan berlemak seperti salmon rentan terkontaminasi merkuri, dr. Devia juga mengingatkan untuk membatasi konsumsinya. Dia menyarankan untuk tidak makan salmon lebih dari 2-3 porsi dalam satu minggu.

Anda bisa mengimbangi dengan makanan lain yang punya sifat antiinflamasi dan kaya antioksidan, seperti apel, sayuran, serta teh hijau. 

Apabila nyeri sendi tak juga reda dan semakin memburuk, jangan hanya mengandalkan makanan. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Jika masih ada pertanyaan seputar cara meredakan nyeri sendi, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui fitur LiveChat dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar