Sukses

Muncul Benjolan di Leher, Hati-Hati Neck Tag!

Meski tidak berbahaya, kemunculan neck tag bisa mengganggu penampilan. Gangguan tersebut umum dialami penderita obesitas dan orang lanjut usia. Kenali gejalanya!

Kemunculan skin tag di beberapa bagian tubuh dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman. Kendati tidak berbahaya, orang-orang kadang ingin segera menghilangkannya karena bisa mengganggu penampilan. 

Skin tag menjadi kondisi yang umum dialami pria maupun wanita. Salah satu bagian skin tag adalah neck tag, atau gangguan yang muncul di leher. 

Pada sebagian orang dengan kerutan di leher, neck tag sering tak bisa dihindari. Kenali faktanya, agar Anda tak mengalami kondisi yang mengganggu penampilan ini!

1 dari 3 halaman

Apa Itu Neck Tag?

Menurut dr. Reza Fahlevi, skin tag bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Salah satu yang paling sering adalah di bagian leher. 

Skin tag berwujud pertumbuhan kulit jinak yang berukuran kecil dan lembut. Pertumbuhan tersebut adalah serat kolagen longgar yang tersangkut di dalam area kulit yang lebih tebal.

Adapun faktor risikonya, yaitu obesitas dan usia tua. Namun menurut dr. Reza, tidak semua orang dengan obesitas atau lansia orang tua mengalami kondisi ini (neck tag).

Artikel Lainnya: Mengenal Skin Tag dan Cara Mengatasinya

Pada sebagian orang, jumlah neck tag yang muncul bisa satu atau dua saja. Namun pada lainnya, neck tag bisa timbul dalam jumlah yang terlampau banyak. 

Lalu, apakah kerutan di leher bisa menyebabkan neck tag? Berdasarkan dr. Reza, belum tentu. 

“Tapi memang, orang obesitas itu ada namanya Acanthosis Nigricans. Itu adalah kehitaman pada leher orang-orang obesitas, yang merupakan hal berkaitan atau terjadi bersamaan karena neck tag,” jelas dr. Reza.  

Hal serupa juga bisa dialami oleh orang lanjut usia. Mereka biasanya memiliki kerutan pada leher, yang kemudian ditemukan berbarengan dengan munculnya neck tag. 

“Tapi, apakah keduanya itu berhubungan? Hal ini belum diketahui. Jadi, bisa terjadi bersamaan, tapi belum tentu berhubungan,” tegas dr. Reza. 

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Kutil di Wajah

2 dari 3 halaman

Tips Mengatasi Neck Tag

Beberapa orang ada yang menghilangkan neck tag secara mandiri. Namun, menurut dr. Reza, keluhan tersebut sebaiknya diatasi dengan bantuan dokter kulit. 

Beberapa tindakan medis yang umum dilakukan untuk mengatasi neck tag, antara lain:

  • Eksisi (Pemotongan)

Dokter akan memotong neck tag dengan pisau bedah khusus yang steril. Dokter akan melakukan anestesi lokal sebelum prosedur eksisi dimulai. Cara ini diketahui minim risiko perdarahan.

  • Kauterisasi

Neck tag dibakar dengan elektrolisis yang mengalirkan arus listrik melewati kawat.

  • Krioterapi (Pembekuan)

Untuk menghilangkan neck tag, pada cara ini dokter akan menyeka atau menyemprotkan nitrogen cair yang sangat dingin. Neck tag biasanya akan lepas pada 10-14 hari setelah terapi. Penggunaan cara ini berpotensi menyebabkan iritasi di sekitar kulit normal.

Ingin tahu lebih detail tentang neck tag atau kerutan di leher? Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar