Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Pertumbuhan Optimal, Ini Tips Penuhi Vitamin D Anak

Agar Pertumbuhan Optimal, Ini Tips Penuhi Vitamin D Anak

Pertumbuhan anak yang optimal adalah dambaan semua orang tua. Salah satunya melalui vitamin D. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak?

Perkembangan dan pertumbuhan anak yang optimal menjadi keinginan semua orang tua. Keduanya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetika, lingkungan, sosioekonomi, hormon, hingga nutrisi.

Nutrisi sendiri adalah faktor yang langsung berhubungan dengan pertumbuhan. Nah, salah satu yang penting sekali untuk dipenuhi adalah vitamin D.

Apakah peran vitamin D untuk pertumbuhan anak dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin ini?

1 dari 3 halaman

Pentingnya Vitamin D bagi Pertumbuhan Anak

Vitamin D merupakan jenis nutrisi yang larut dalam lemak yang berperan penting dalam proses metabolisme dan penyerapan mineral lain dalam tubuh.

Vitamin ini bisa didapatkan secara alami melalui sinar matahari serta beragam jenis makanan.  Adapun beberapa manfaat vitamin D untuk anak-anak lainnya adalah:

  • Memfasilitasi metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang agar kuat.
  • Memetabolisme fosfat dan magnesium, serta menstimulasi ekspresi protein pada dinding usus untuk mendorong penyerapan kalsium.
  • Mencegah beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, penipisan tulang, kanker, autoimun, dan infeksi.
  • Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Anak Terlambat Tumbuh Kembang

Setiap orang membutuhkan vitamin D, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan banyak konsekuensi pada kesehatan.

Bagi anak-anak, kekurangan vitamin D dapat memicu penyakit riketsia yang biasanya terjadi pada bayi usia 6 bulan hingga 2,5 tahun. Gejala yang timbul dapat berupa kelemahan otot dan keterlambatan perkembangan motorik.

Selain itu, anak juga bisa mengalami pembesaran pergelangan tangan juga lutut, tungkai bentuk O, masalah bentuk kepala, terlambat tumbuh gigi, menurunnya kepadatan tulang, serta infeksi.

Sayangnya, menurut survei, 44% anak Indonesia mengalami kekurangan vitamin D, yakni kadar vitamin D dalam darah < 30 nmol/L. Hal ini bisa dipicu oleh beragam faktor.

Misalnya, kurang paparan sinar matahari, asupan makanan minim vitamin D, serta pemberian air susu ibu (ASI) berkepanjangan tanpa suplementasi vitamin D.

Artikel Lainnya: Mengetahui Periode Emas Tumbuh Kembang Anak

2 dari 3 halaman

Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin D Anak

Agar hal-hal tersebut tidak menimpa si kecil, cegah defisiensi vitamin D pada anak sedini mungkin. Beberapa cara memenuhi vitamin D pada anak antara lain:

  • Meningkatkan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Misalnya, ikan salmon, tuna, mackerel, keju, minyak ikan, jamur shiitake, dan cereal.
  • Mendorong anak untuk lebih banyak bermain di luar
  • Memberikan suplementasi vitamin D untuk bayi berusia 0 hingga 12 bulan sebanyak 400 IU per hari tanpa memandang jenis makanannya (ASI eksklusif atau tidak).
  • Memberikan suplementasi vitamin D untuk anak > 12 bulan sebanyak 600 IU per hari tanpa memandang jenis makanannya.
  • Memberikan suplementasi untuk wanita hamil dan menyusui sebesar 600 IU vitamin D per hari.

Selain itu, berikan si kecil Prove D3 Drops 400 IU. Prove D3 Drops adalah suplementasi vitamin D (cholecalciferol) untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, paru-paru, usus, sistem saraf, kulit dan rambut, serta imunitas tubuh.

Dikemas dalam bentuk cair, Prove D3 Drops 400 IU lebih cepat diserap tubuh daripada tablet ataupun softgel. Suplemen ini juga bisa dicampurkan ke dalam minuman dan tidak memengaruhi rasa.

Untuk dewasa dan anak > 1 tahun dapat diberikan 1 kali sehari 1 tetes dengan cara meneteskan langsung ke dalam mulut, menggunakan sendok, atau dicampur ke dalam minuman.

Yuk, kita optimalkan pertumbuhan anak dengan pemenuhan nutrisi vitamin D setiap hari. Bila perlu, berikan Prove D3 Drops 400 IU agar anak mendapatkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar