Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatCovid-19Cegah Penyakit, Ini Cara Aman Menerima Paket saat Pandemi
Covid-19

Cegah Penyakit, Ini Cara Aman Menerima Paket saat Pandemi

KlikDokter, 30 Nov 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pandemi virus corona membuat masyarakat jadi keranjingan belanja online. Namun, bagaimana cara aman saat terima paket di masa pandemi?

Cegah Penyakit, Ini Cara Aman Menerima Paket saat Pandemi

Sebelum pandemi virus corona muncul, metode belanja online sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Belanja online dianggap menghemat waktu dan memberikan kemudahan dalam mencari barang.

Semenjak pandemi merebak, metode belanja online kian menjadi populer. Bagaimana tidak, masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah demi mencegah penularan COVID-19.

Artinya, kegiatan berbelanja di pasar dan mall harus dikurangi. Kendati belanja online terbilang aman, karena tak perlu berada di kerumunan orang atau bepergian ke luar rumah, bahaya penularan COVID-19 tetap mengintai.

Risiko penularan dapat terjadi saat Anda terima paket belanja online.Kuman seperti bakteri dan juga virus dapat menempel di paket lalu mengontaminasi tangan.

Kuman di tangan bisa masuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan Anda terkena penyakit.

Langkah Aman Terima Paket Saat Pandemi

Untuk mencegah tertular kuman penyebab penyakit, sebaiknya ikuti tips terima paket belanja online berikut ini.

1. Letakkan Paket di Tempat Khusus

Penting untuk menjaga jarak dengan orang lain selama pandemi virus corona. Maka itu, saat terima paket dari kurir, sebaiknya tidak menerimanya secara langsung.

Coba buat area untuk meletakkan paket di depan rumah. Misalnya, dengan menyediakan boks atau keranjang khusus di dekat pagar atau teras rumah.

Beritahu kurir untuk meletakkan paket di tempat tersebut. Setelah kurir pergi, baru paket dapat diambil.

Jika kondisinya tidak memungkinkan dan Anda harus menerima paket secara langsung, tetap jalankan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak beberapa meter dari kurir, dan hindari kontak antar fisik sebisa mungkin.

Berdasarkan data yang diketahui saat ini, penularan virus corona paling banyak terjadi antar manusia.

Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dan lebih waspada dalam mencegah penularannya.

Artikel Lainnya: Virus Corona Bisa Menempel di Rambut, Benarkah?

2. Semprot Paket dengan Pembersih Kuman

Paket yang ditujukan untuk Anda atau anggota keluarga lain, sebaiknya jangan langsung dibuka.

Di dalam boks penampungan, Anda bisa membersihkan paket dengan semprotan sanitizer terlebih dahulu. Tujuannya, untuk meminimalkan risiko kuman berkembang biak yang mungkin menempel di kardus atau plastik paket.

Menurut penelitian, virus corona dapat bertahan di permukaan kardus hingga 24 jam dan di plastik hingga 3 hari.

Oleh karena itu, gunakan Saniter Air & Surface Sanitizer yang ampuh membunuh kuman secara cepat.

Semprotan sanitizer ini memiliki bahan aktif berupa alkohol 70 persen dan benzalkonium chloride sebanyak 0,05 persen.

Saniter Air & Surface Sanitizer dapat disemprot ke udara ruangan (kamar atau ruang tamu) dan di permukaan benda seperti kardus paket, meja, kursi, pintu, sepatu, atau tas. Sanitizer berbentuk spray ini juga aman digunakan ke mainan atau stroller anak.

Tidak perlu menunggu lama, lima menit setelah disemprot, paket atau benda lainnya sudah bisa disentuh dan digunakan kembali. Pastikan tidak ada orang saat menyemprotkan Saniter Air & Surface Sanitizer.

Saniter Air & Surface Sanitizer tersedia dalam dua ukuran, yakni 200 ml dan 400 ml. Semprotan sanitizer ini sudah teruji klinis dapat membunuh kuman, memiliki wangi segar, serta harga yang ekonomis.

Artikel Lainnya: Tips Olahraga Outdoor saat Saat Virus Corona

3. Buka Paket dengan Gunting atau Pisau Khusus

Anda dianjurkan membuka paket menggunakan pisau atau gunting khusus. Sebaiknya, alat membuka paket ini tidak digunakan lagi untuk keperluan lain. Segera buang bungkus paket ke tempat sampah setelah selesai dibuka.

Setelah selesai membuka paket, segera cuci pisau atau gunting yang habis digunakan. Usahakan untuk mencuci dengan air hangat dan sabun.

4. Cuci Tangan Setelah Membuka paket

Setelah menerima, membersihkan, dan membuka paket, jangan lupa untuk mencuci tangan. Anda wajib mencuci tangan dengan air dan juga sabun minimal selama 20 detik.

Mencuci tangan dapat mencegah penularan kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, mencuci tangan juga menjadi salah satu cara menjaga kebersihan yang dianjurkan dilakukan selama pandemi.

Tidak ada salahnya untuk menerapkan cara aman saat terima paket di masa pandemi. Menjaga jarak dengan kurir, melakukan desinfeksi paket, dan mencuci tangan, merupakan kunci penting agar Anda senantiasa sehat terhindar dari berbagai penyakit.

Apabila ada yang ingin ditanyakan tentang tips aman dan sehat lainnya semasa pandemi, jangan ragu konsultasikan ke dokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter via Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

KebersihanAdvertorialvirus corona

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter