Sukses

Mukbang Daging Setengah Kilo, Apa Efeknya bagi Tubuh?

Bayangkan mukbang daging setengah kilogram sendirian, pasti sangat mengenyangkan! Tapi, adakah efek tertentu yang terjadi pada kesehatan tubuh?

Tren mukbang menjadi salah satu konten di media sosial yang digemari banyak orang. Kita bisa menyaksikan satu orang makan dalam porsi yang banyak. Rasanya bikin penonton ikut tergiur!

Jenis makanan yang dilahap pun bisa beragam, salah satunya daging. Nah, apa dampaknya bila seseorang mukbang daging setengah kilo sekaligus?

Sebenarnya, para pakar nutrisi telah menyuarakan keprihatinan terhadap potensi risiko dari tren mukbang, tak terkecuali mukbang daging tersebut.

Untuk tahu apa dampak mukbang daging bagi kesehatan, simak terus ulasan berikut!

1 dari 3 halaman

Bahaya Makan Daging Terlalu Banyak

Mukbang sebenarnya memang cukup berbahaya. Tren ini dapat mendorong kebiasaan makan berlebihan. 

Sebab, dengan menyaksikan konten mukbang, seseorang dapat mudah tergugah seleranya. Apalagi kalau cara makan sang kreator sangat memersuasi. 

Selain itu, mukbang juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kebiasaan makan yang buruk. Hal ini sangat bertolak belakang dengan pola makan sehat yang dianjurkan.

Coba bayangkan kalau Anda mukbang daging dalam jumlah banyak dan dalam satu waktu. Hal ini bisa berbahaya, terlebih kalau sering dilakukan.

Artikel Trend: Kiat Aman dan Sehat Ikutan Tren Makanan 

Menurut dr. Devia Irine Putri, makan terlalu banyak daging dapat menyebabkan pencernaan jadi tidak lancar. Karena, daging sulit dicerna. 

"Daging membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa dicerna. Jadi, risiko konstipasi bisa terjadi, perut akan terasa begah," ungkap dr. Devia.

Jangan lupakan juga risiko peningkatan kolesterol di dalam tubuh. Meski daging memiliki kandungan gizi yang baik, dr. Devia menjelaskan konsumsinya yang berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Belum lagi masalah peningkatan berat badan. Kalau makan daging sekaligus banyak, bisa memengaruhi kondisi berat badan Anda!

Artikel lainnya: Tren Mukbang, Amankah untuk Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Cara Tetap Sehat Meski Sering Banyak Makan Daging

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang suka mukbang daging agar kesehatan tubuh tetap terjaga, yaitu: 

  1. Pilih Daging yang Sedikit Lemaknya

Dokter Devia menyarankan, sebaiknya pilih bagian daging yang sedikit lemaknya bila ingin mukbang atau makan daging banyak.

Bila makan daging dengan banyak lemak secara berlebihan, kesehatan tubuh Anda bisa terancam. Biasanya hal ini berhubungan dengan kadar kolesterol.

  1. Imbangi dengan Sayuran

Saat makan daging dalam jumlah banyak, imbangi juga dengan konsumsi sayur dalam porsi yang seimbang.

"Jadi, tetap ada kandungan serat dan nutrisi lainnya yang bisa tubuh dapatkan," jelas dr. Devia.

Lagipula, sekarang juga sedang tren makan daging dilapisi daun selada ala Korea. Cara makan daging tersebut juga tidak kalah lezat, kok!

  1. Minum Air Putih

Menurut dr. Devia, dibanding minum minuman bersoda, lebih baik pilih air putih saja agar metabolisme juga berjalan dengan baik. Minuman soda justru bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tentang mukbang daging. Selain melakukan tips di atas, imbangi pula dengan olahraga agar berat badan dan kesehatan tubuh tetap terjaga!

Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai pola makan dengan lebih mudah lewat Live Chat dari KlikDokter. Bila ingin mengetahui berat badan ideal, gunakan Kalkulator BMI.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar