Sukses

Tips Memilih Serum Wajah untuk Kulit Berminyak

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari serum, maka penting untuk memilih produk yang tepat. Berikut tips memilih serum yang tepat untuk kulit berminyak.

Serum merupakan bagian dari rutinitas perawatan kulit yang menghadirkan banyak manfaat. Serum dikemas dengan berbagai bahan yang bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit. Contohnya, ada serum mengandung retinol dan vitamin C yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini. 

Tak hanya itu saja, masing-masing serum dikemas dengan formula yang berbeda. Salah satunya adalah serum untuk kulit wajah berminyak. Kulit yang berminyak seringkali membuat pemiliknya tidak nyaman. Bahkan juga bisa memengaruhi kepercayaan diri. Maka dari itu, pemilihan serum yang tepat dapat menjadi solusi. 

1 dari 3 halaman

Tips Memilih Serum Wajah untuk Kulit Berminyak

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, cara paling mudah untuk menentukan serum kulit berminyak adalah dengan memilih produk yang berlabel “for oily skin”. Di samping itu, kita juga bisa meninjau kandungan bahan aktif di dalam serum. 

Serum yang direkomendasikan untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung beberapa zat berikut ini:

  • Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit Anda dari radikal bebas, yaitu senyawa tidak stabil yang merusak kulit dari waktu ke waktu.  Kandungan tersebut juga meningkatkan produksi kolagen dan juga berperan sebagai agen anti-inflamasi serta penyembuhan. 

“Vitamin C dapat membantu mengobati masalah mendasar yang menyebabkan sifat berminyak dan jerawat,” sebut dr. Theresia. 

  • Asam Hialuronat

Ketika kulit Anda mengalami dehidrasi, terkadang terjadi kompensasi dengan menghasilkan minyak lebih banyak. Asam hialuronat dapat menghidrasi kulit sehingga menekan produksi minyak dan melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput serta garis-garis halus di wajah.

Article Lainnya: Populer dalam SkinCare, Ini Manfaat Niacinamide untuk Kulit

  • Asam salisilat

Asam salisilat memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meratakan warna kulit, eksfoliasi kulit, serta melawan produksi minyak berlebih.

  • Gliserin

Gliserin dapat meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit. Kandungan ini juga membantu mengencangkan dan melembapkan kulit.

  • Niacinamide

Niacinamide membantu produksi keratin, sebuah protein yang menjaga kulit tetap sehat dan kencang.

  • Asam laktat

Asam laktat bekerja mengatasi hiperpigmentasi dan bintik-bintik penuaan serta mengecilkan pori-pori kulit. 

Artikel Lainnya: Masih Berpengaruhkah Produk Anti-Aging Atasi Kulit Keriput Lansia?

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini sebelum Menggunakan Serum Wajah

Dokter Theresia menjelaskan, serum diaplikasikan setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan pelembap. Perhatikan beberapa hal berikut agar penggunaan serum bisa efektif:

  • Gunakan serum saat wajah masih lembap, yakni setelah mencuci wajah atau setelah mandi.
  • Gunakan serum secukupnya. Ada serum yang dioleskan, ada pula yang ditepuk-tepuk, tergantung produk yang digunakan. 

“Kalau dioleskan, usahakan selalu “gentle” saat mengaplikasikannya. Jangan menggosok kulit terlalu keras (karena) nanti jadi iritasi. Kunci agar serum efektif adalah konsisten, dan tidak ada hasil yang instan. Jadi, memang harus sabar dan konsisten,” saran dr. Theresia. 

Anda bisa menuangkan sedikit serum di ujung jari telunjuk dan jari tengah. Lalu, oleskan serum dengan gerakan memutar dan ke arah atas. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai produk benar-benar meresap dan sebelum melanjutkan ke tahap skin care berikutnya. 

Sudah tahu, kan, kandungan atau jenis serum apa yang bisa digunakan untuk tipe kulit berminyak? Apabila masih ragu, jangan ragu konsultasi dengan dokter kulit. Agar lebih mudah konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar