Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Berbagai Manfaat Teripang untuk Kecantikan Kulit Anda

Mengenal Berbagai Manfaat Teripang untuk Kecantikan Kulit Anda

Teripang adalah binatang laut yang cukup terkenal kaya akan manfaat. Mari ketahui juga teripang untuk kecantikan kulit Anda.

Banyak bahan alami yang bisa bantu mewujudkan keinginan Anda untuk punya kulit yang sehat dan terawat, Salah satu bahan alami yang mungkin di luar dugaan Anda adalah teripang.

Teripang atau juga dikenal dengan sebutan timun laut diduga memiliki kandungan gizi, yang beberapa di antaranya dapat menjaga kesehatan kulit.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Teripang untuk Kecantikan Kulit

Teripang atau dalam bahasa latin disebut Holothuroidea merupakan sumber gizi yang sangat baik. Menurut US Department of Agriculture (USDA), 4 ons atau 112 gram teripang mengandung ragam gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 60
  • Protein: 14 gram
  • Lemak: di bawah 1 gram
  • Vitamin A: 8 persen dari kebutuhan harian
  • B2 (Riboflavin): 81 persen dari kebutuhan harian
  • B3 (Niacin): 22 persen dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 3 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 4 persen dari kebutuhan harian

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Teripang untuk Diabetes

Selain yang telah disebutkan, teripang juga mengandung senyawa yang dapat membantu mewujudkan kulit sehat dan terawat. Berikut ini beberapa manfaat teripang untuk kecantikan kulit Anda:

1. Memperbaiki Kulit yang Rusak

"Ekstrak teripang mengandung peptides. Peptides ini mengandung kolagen yang fungsinya untuk menjaga dan memperbaiki kulit rusak,” ujar dr. Devia Irine Putri.

“Selain itu, teripang juga punya kandungan linoleic acid yang berperan sebagai antioksidan," sambungnya.

2. Membuat Kulit Awet Muda

Kulit manusia mengandung sekitar 75-80 persen kolagen. Tetapi, kadar senyawa tersebut dapat menurun seiring usia. Padahal, kolagen dibutuhkan untuk menjaga elastisitas, hidrasi, dan keremajaan kulit.

Salah satu cara memasok kolagen ke tubuh agar kesehatan kulit tetap terjaga adalah dengan memanfaatkan teripang. Pasalnya, sekitar 70 persen tubuh hewan laut ini mengandung senyawa tersebut.

Faktanya, kolagen dari teripang memiliki ketahanan mekanis yang lebih optimal. Hal tersebut membuatnya tidak mudah rusak apabila ditambahkan ke dalam produk kosmetik.

3. Cocok untuk Kulit Sensitif

Kandungan kolagen dalam teripang juga cocok bagi mereka yang punya kulit sensitif. Hal ini khususnya pada kulit wajah.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

2 dari 3 halaman

Tips Makan Teripang yang Sehat

Tertarik dengan manfaat teripang untuk kecantikan? Anda dapat mengonsumsi hewan laut ini setelah diolah dengan cara yang benar.

"Teripang sebenarnya bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan mentah, digoreng, dikeringkan, dijadikan acar, atau diolah bersama dengan bahan lain," kata dr. Devia.

"Namun, akan lebih baik jika diolah terlebih dahulu; dicuci dan dimasak hingga matang. Kalau dimakan mentah, bisa ada kemungkinan terkontaminasi bakteri," sambungnya.

Teripang juga bisa dikeringkan di bawah sinar matahari atau oven. Orang-orang di Prancis dan Portugal sering menambahkan garam ke daging teripang sebelum dikeringkan.

Jika digunakan untuk keperluan kuliner, teripang yang kering akan dilarutkan dalam air selama beberapa saat. Dengan cara tersebut, daging teripang akan kenyal dan cocok dijadikan sebagai semur, sup, ataupun tumis.

Manfaat teripang untuk kecantikan ternyata sangat beragam. Meski demikian, konsumsi hewan laut ini tetap harus dibatasi agar tidak berlebihan. Anda pun perlu mengombinasikannya dengan penggunaan produk kecantikan yang sesuai, agar manfaatnya dapat dirasakan lebih optimal.

Jika punya pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat teripang bagi kulit, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar