Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilanNutrisi dan Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil
Kehamilan

Nutrisi dan Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Ayu Poernamaningrum, 27 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Labu siam kerap jadi pelengkap saja dalam makanan. Tetapi jangan anggap remeh, ternyata labu siam punya nutrisi bermanfaat untuk ibu hamil.

Nutrisi dan Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Labu siam umumnya dihidangkan sebagai sayur pelengkap lalapan. Padahal, labu siam juga cocok, lho, dicampur ke dalam sayur asem atau tumisan lainnya.

Sayuran ini diketahui punya manfaat kesehatan yang baik untuk ibu hamil. Tak percaya? Simak apa kata dokter mengenai manfaat labu siam untuk ibu hamil berikut ini.

 

Kenali Nutrisi Baik Labu Siam

Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang baik dari berbagai makanan sehat. Salah satu makanan yang harus dikonsumsi saat hamil adalah sayuran.

Nah, labu siam mungkin bisa jadi pilihan, sebab sayuran dengan nama latin Sechium edule ini bisa dimakan utuh termasuk biji, kulit, dan bunganya.

Ketika dijadikan lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu, daging labu siam memiliki rasa tawar yang agak manis, teksturnya pun lembut.

Bahkan, menurut beberapa orang, makan labu siam rebus memicu sensasi sejuk dan adem di tenggorokan

Labu siam pada dasarnya mengandung berbagai vitamin dan mineral. Di antaranya, terdapat asam folat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, mangan, tembaga, dan seng dalam jumlah cukup. Labu siam juga mengandung sedikit kalsium dan zat besi.

Secangkir potongan labu siam mengandung gizi berikut:

  • Kalori: 39
  • Serat: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Sodium: 4 milligram
  • Kolesterol: 0 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram

Artikel Lainnya: Atasi Tipus Dengan Labu Siam, Mitos atau Fakta?

Manfaat Labu Siam untuk Ibu Hamil

Salah satu nutrisi labu siam yang menjadi andalan ibu hamil adalah asam folat. Nutrisi tersebut diketahui penting bagi wanita hamil atau yang sedang menjalani program hamil.

Folat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Folat juga dapat membantu mencegah bayi lahir prematur.

Selain asam folat yang sangat menonjol, labu siam juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Siapa, sih, yang tidak butuh serat? Semua butuh, termasuk ibu hamil.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, serat sangat bermanfaat karena dapat mencegah sembelit yang rentan dialami ibu hamil.

Maka, dengan mengonsumsi labu siam yang mengandung banyak serat, risiko sembelit saat hamil kemungkinan bisa dihindari.

Artikel Lainnya: Pepaya Muda vs Nanas, Mana Lebih Berbahaya untuk Kehamilan?

Selain itu, makan labu siam juga membantu ibu hamil mendapatkan gizi seimbang. "Pola makan bergizi seimbang semasa hamil juga termasuk sayur-sayuran. Kalau makannya sehat dengan gizi seimbang, kenaikan berat badan semasa hamil juga sehat, dalam artian tidak naik berlebih atau kurang naik berat badannya," lanjut dr. Sara Elise.

Kalau sudah begini, ibu hamil dipersilakan makan labu siam. Labu siam mudah ditemukan di pasar dan harganya pun terjangkau. Ada labu siam yang ukurannya kecil dan juga yang besar.

Tetapi ingat, sebaiknya jangan makan yang masih mentah, ya. Anda bisa mengolah dan menikmati labu siam dengan beberapa cara berikut ini:

  • Mengukus atau merebus labu siam lalu dimakan langsung tanpa saus apa pun.
  • Labu siam bisa dipanggang dengan taburan garam dan lada secukupnya.
  • Labu siam bisa dijadikan sup bersama wortel dan buncis, atau dijadikan semur.

Itu dia manfaat labu siam untuk ibu hamil. Mau tahu makanan atau minuman sehat lainnya untuk ibu hamil?

Baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi ke dokter, gunakan fitur LiveChat 24 Jam.

(OVI/AYU)

nutrisi kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait