Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Jadi Jerawatan

Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Jadi Jerawatan

Kulit wajah memerlukan perawatan yang optimal. Namun, pakai skincare justru bisa memicu munculnya jerawat. Apa yang salah?

Kulit wajah yang sehat dan bersih tanpa jerawat adalah impian banyak orang. Kondisi kulit sehat juga dapat menaikkan rasa percaya diri seseorang.

Oleh karena itu, banyak orang mencoba merawat kulit sedemikian rupa. Hal itu didukung dengan tersedianya bermacam-macam produk skincare di pasaran.

Namun perlu diketahui, beberapa rutinitas skincare justru dapat menjadi bumerang bagi penggunanya.

Salah satunya, ketika skincare yang dipakai malah membuat kulit jadi jerawatan. Mengapa demikian?

1 dari 3 halaman

Mengapa Rutinitas Merawat Kulit Penting?

Dokter Arina Heidyana mengatakan, merawat kulit dengan baik sejatinya adalah hal yang penting. Sebab, kulit merupakan organ terbesar dari tubuh manusia.

“Jadi untuk menjaga kesehatan kulit memang dibutuhkan perawatan internal maupun eksternal. Lalu, faktor seperti faktor lingkungan juga cepat sekali memengaruhi kesehatan kulit. Jadi, memang butuh perawatan seperti skincare,”kata dr. Arina.

Berikut beberapa langkah atau rutinitas skin care yang paling umum dilakukan:

  • Pembersih

Mencuci wajah merupakan langkah paling dasar dan penting untuk merawat kulit. Pasalnya, kulit kita seringkali bersentuhan dengan polutan lingkungan atau kotoran setiap hari sehingga harus segera dibersihkan.

  • Toner

Skincare satu ini dapat membantu menghilangkan sisa kotoran setelah tahap pembersihan. Selain itu, toner juga bisa melembapkan dan mengatasi kulit kering.

Artikel Lainnya: Cek di Sini Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

  • Serum

Serum bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit kusam dan mengurangi flek hitam.

Tak hanya itu, serum yang mengandung retinol bisa mencegah kulit kendur dan munculnya garis-garis halus.

  • Pelembap

Fungsi pelembap yang paling dasar adalah melembapkan dan melembutkan kulit. Perlu diketahui, kulit akan kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan seiring bertambahnya usia.

  • Sunblock (Tabir surya)

Tabir surya melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Bila terjadi paparan berlebih, hal itu membuat kulit menjadi kehitaman atau kemerahan seperti terbakar.

Paparan sinar ultraviolet yang  berlangsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kanker kulit.

Dengan demikian, melakukan rutinitas skincare memang menghadirkan banyak manfaat. Akan tetapi, ada juga rutinitas perawatan kulit yang bisa membuat kulit jadi berjerawat.

Artikel Lainnya: Awas, Jangan Oleskan Bahan Berbahaya Ini ke Wajah Anda

2 dari 3 halaman

Rutinitas Skincare yang Bikin Jerawatan

Dokter Arina menjelaskan, beberapa rutinitas skin care memang ada kalanya bikin kulit seseorang jadi jerawatan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Saat kandungan dari skincare yang digunakan tidak cocok di kulit, maka efeknya bisa menimbulkan jerawat. Jenis kulit setiap orang berbeda, ada yang cenderung kering, berminyak, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk memilih produk perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit.

  • Bisa juga karena pemberian obat jerawat yang kebanyakan sehingga membuat kulit kering. Kondisi tersebut justru lebih gampang membuat kulit iritasi dan jerawatan.

“Jadi, penggunaan obat jerawat sebaiknya memang dikonsultasikan dulu dengan dokter supaya tidak timbul kesalahan,” saran dr. Arina.

Artikel Lainnya: #DiRumahAja, Kok Bisa Wajah Mengalami Breakout? Ini Penjelasannya!

Lalu, apakah tidak konsisten memakai produk skincare juga bisa menimbulkan jerawat? Misal, kadang memakai lengkap dari pembersih hingga tabir surya, namun esok harinya hanya memakai sebagian produk.

Menurut dr. Arina, hal tersebut bisa iya dan bisa juga tidak menimbulkan jerawat.

“Karena penyebab jerawat itu multifaktorial. Seperti saat sedang mau haid, biasanya, kanm di muka ada timbul jerawat walaupun rutin pakai skincare. Karena yang menyebabkannya itu masalah hormon,” kata dr. Arina.

Oleh karena itu, mengenali kondisi kulit dan memilih produk skincare yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan kualitas yang baik dari manfaat skincare.

Itu dia beberapa alasan mengapa rutin pakai skin care kadang membuat kulit jadi jerawatan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut tentang tips merawat kulit, konsultasikan dengan dokter via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar