Sukses

Manfaat Jamur Enoki untuk Ibu Hamil

Jamur enoki mengandung manfaat untuk kesehatan, tapi apa bisa menyehatkan kehamilan? Berikut penjelasan lengkap dari dokter.

Beberapa jenis jamur dipercaya memiliki manfaat bagi ibu hamil. Salah satunya adalah jamur enoki. 

Jamur enoki saat ini memang banyak diminati masyarakat Indonesia. Jamur asal negeri Sakura itu mudah dijumpai di toko-toko maupun di berbagai supermarket. Rasanya pun enak dan bisa dijadikan campuran di dalam berbagai hidangan.

Tahukah Anda? Jamur enoki memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali bagi ibu hamil. Apa saja manfaat jamur enoki untuk ibu hamil?

1 dari 3 halaman

Manfaat Jamur Enoki bagi Kehamilan

Dokter Atika mengatakan, sebenarnya hingga saat ini belum ada jurnal yang secara khusus meneliti bagaimana manfaat spesifik jamur enoki bagi ibu hamil. 

“Sejauh ini, manfaatnya untuk ibu hamil setidaknya sebagai sumber karbohidrat dan mikronutrien. Hal ini berlaku juga bagi orang-orang yang tidak hamil,” jelas dr. Atika. 

Jamur enoki diketahui memang merupakan sumber protein dan karbohidrat kompleks dengan kandungan kalori yang rendah. 

Jamur ini memiliki serat yang cukup dan tidak mengandung lemak serta gula. Jadi, dipercaya bermanfaat bila dikonsumsi ibu hamil. 

Jamur enoki pun terkenal kaya akan niasin atau vitamin B3. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, ditemukan pula kandungan vitamin B1 dan zinc yang tinggi pada jamur enoki. 

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Makan Jamur?

Dilansir dari Livestrong, seporsi jamur enoki mentah atau sekitar 2,3 ons mengandung:

  • Kalori: 24
  • Protein: 1,7 gram
  • Karbohidrat: 5 gram

Di samping itu, jamur enoki diketahui turut bermanfaat bagi penderita hipertensi, lansia, dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jamur tersebut dapat membantu mengurangi gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.

2 dari 3 halaman

Hati-hati Makan Jamur Enoki saat Hamil!

Menurut dr. Atika, selagi jamur enoki tidak terkontaminasi apa pun, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsinya. 

Akan tetapi, ibu hamil perlu memerhatikan hal-hal berikut sebelum mengonsumsi jamur enoki:

  • Pilih jamur enoki yang bersih, segar, dan berkualitas baik. 
  • Bersihkan kembali jamur enoki dengan seksama.
  • Masak jamur enoki hingga matang.
  • Hindari makan jamur mentah. Sebab, kuman atau bakteri yang mungkin ada pada jamur bisa tertelan sehingga membahayakan ibu hamil. 

Artikel Lainnya: Hati-Hati Saat Mau Makan Jamur Enoki, Ini Cara Membersihkannya!

Jika ibu hamil membeli olahan jamur enoki, maka perlu memerhatikan tanggal kedaluwarsa produk. 

Lalu, bolehkah menyimpan olahan jamur enoki di kulkas? Sebaiknya, olahan tersebut dikonsumsi langsung setelah dimasak. Jadi, kualitas gizi yang lebih baik dari jamur enoki bisa didapat. 

Apabila ibu hamil ingin memastikan apakah jamur enoki menyebabkan efek samping atau tidak, makanlah dalam jumlah kecil dahulu dan lihat reaksinya. Hindari konsumsinya bila mengalami reaksi alergi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang konsumsi jamur enoki selama kehamilan. 

Bila ingin konsultasi ke dokter kandungan lebih mudah, pakai LiveChat dari Klikdokter. Anda pun bisa pantau perkembangan janin lewat Kalender Kehamilan.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar