Sukses

Menilik Manfaat Teh Barley bagi Kesehatan Anda

Di balik rasanya yang pahit, teh barley menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

Teh barley adalah salah satu jenis teh yang terkenal di Asia. Teh ini sangat populer di negara Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan China.

Barley sendiri merupakan biji-bijian yang termasuk ke dalam jenis gandum—disebut juga dengan jelai. Teh ini dibuat dari barley yang dipanggang, kemudian disajikan dalam bentuk minuman panas maupun dingin.

Walaupun rasanya pahit, teh barley ternyata memiliki segudang manfaat, lho. Yuk, simak apa saja manfaat teh barley untuk kesehatan berikut ini!

1 dari 4 halaman

1. Rendah Kalori

Teh barley mengandung kalori yang sangat rendah. Hal ini bergantung pada seberapa pekat Anda menyeduhnya. Semakin pekat tehnya, maka kandungan kalori dan karbohidrat di dalamnya juga relatif meningkat. Kabar baiknya, kadar kalorinya tidak memengaruhi asupan kalori per hari Anda!

Manfaat teh barley ini sangat cocok bagi yang ingin diet atau menurunkan berat badan. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebih. Menarik, bukan?

Artikel Lainnya: Ini, Lo, 10 Manfaat Minum Teh Setiap Hari

2. Kaya akan Antioksidan

Khasiat teh barley lainnya adalah antioksidan yang melimpah di dalamnya. Antioksidan merupakan komponen dari tumbuhan yang berfungsi mencegah radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul berbahaya yang dapat merusak sel dan menjadi penyebab kanker.

Beberapa antioksidan yang terkandung dalam teh barley, yaitu asam klorogenik dan vanilik. Selain dapat menangkal radikal bebas, keduanya memiliki efek antiinflamasi.

Antioksidan lainnya yang terkandung dalam teh barley adalah quercetin. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, dan kesehatan otak.

3. Baik untuk Sistem Imun Tubuh

Teh barley baik dalam menjaga sistem imun tubuh. Manfaat teh barley yang satu ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang banyak terkandung di dalam teh.

Perlu Anda ketahui, vitamin C dapat memperkuat imun tubuh dan mempercepat durasi sakit jika Anda terkena flu atau pilek. Vitamin juga bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam mengatasi infeksi.

Khasiat teh barley ini juga berperan dalam mencegah kanker, lho. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh barley memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Dalam mencegah kanker, sel imun juga diperlukan untuk menghancurkan sel-sel rusak yang berpotensi menjadi sel kanker.

Artikel Lainnya: Teh Hijau vs Teh Hitam, Mana yang Lebih Tinggi Kafein?

2 dari 4 halaman

4. Memperbaiki Aliran Darah

Mengonsumsi teh barley secara rutin dapat memperbaiki kekentalan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutritional Science and Vitaminology menunjukkan bahwa waktu transit darah menjadi lebih singkat dengan konsumsi teh barley sebanyak 250 mililiter secara rutin. Bagaimana bisa?

Manfaat teh barley ini diperoleh dari kandungan flavonoid alkapyrazine di dalam teh. Karena aliran darah menjadi lebih lancar, risiko terjadi bekuan darah pun dapat menurun. Dengan demikian, risiko berbagai penyakit, seperti stroke dan serangan jantung juga berkurang.

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Sakit lambung maupun konstipasi pasti pernah dialami hampir setiap orang. Walaupun sepele, kondisi tersebut cenderung mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, manfaat teh barley ternyata juga bisa dirasakan untuk kesehatan pencernaan, lho.

Teh barley merupakan antasida alami yang bisa meredakan nyeri perut akibat asam lambung yang meningkat. Seratnya juga bisa meredakan konstipasi dan menjaga kesehatan usus. Sementara itu, antioksidannya mampu meredakan kram perut dan mual.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Khasiat teh barley lainnya adalah memperbaiki kualitas tidur. Sebagian besar masyarakat kemungkinan memiliki masalah tidur di malam hari atau insomnia. Walaupun terkesan kurang penting, gangguan tidur ini dapat memengaruhi aktivitas harian Anda.

Artikel Lainnya: Minum Teh Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker?

Manfaat teh barley untuk kualitas tidur didapatkan dari kandungan melatonin yang ada di dalamnya. Hormon ini biasa ditemukan di dalam tubuh dan berfungsi untuk mengatur kualitas tidur yang baik.

Kandungan melatonin yang sangat banyak dalam teh barley dikatakan bisa mengatasi masalah tidur. Meski begitu, penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih perlu dilakukan.

3 dari 4 halaman

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Orang yang meminum teh barley secara rutin memiliki lebih sedikit plak gigi dan jumlah bakteri jahat dalam mulut mereka. Hal ini karena teh barley memiliki efek antibakteri yang bisa mengurangi jumlah bakteri jahat dalam air liur. Teh barley dapat mengurangi jumlah streptococci dan lactobacilli.

Selain itu, manfaat teh barley untuk kesehatan mulut lainnya adalah mencegah kerusakan gigi. Antioksidan yang berupa polyphenol pada teh berfungsi mencegah kerusakan gigi dengan mengurangi plak gigi. Dengan demikian, risiko gigi berlubang menjadi berkurang.

8. Meningkatkan Fertilitas Pria

Teh barley mengandung selenium dalam jumlah besar. Selenium memiliki fungsi meningkatkan fertilitas pada pria. Manfaat teh barley yang satu ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Artikel Lainnya: Teh Pahit Bisa Cegah Kolesterol Jahat Naik?

Menurut sebuah penelitian, konsumsi teh barley secara rutin bisa meningkatkan fertilitas pada pria yang mengalami infertil atau kemandulan selama satu tahun atau lebih.

Khasiat teh barley untuk fertilitas pria diperoleh dari perbaikan kualitas sperma. Sperma pria yang mengonsumsi selenium memiliki pergerakan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsi selenium. Untuk mendapatkan manfaat ini, teh barley harus diminum secara rutin.

9. Membantu Anda Menjadi Rileks

Manfaat teh barley lainnya adalah memberikan efek menenangkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan melatonin dalam teh barley dapat meningkatkan kualitas tidur. Inilah yang membuat Anda merasa rileks setelah mengonsumsinya.

Selain itu, khasiat teh barley untuk memberikan efek tenang juga diperoleh dari kandungan triptofan dalam teh. Kandungan ini merupakan neurotransmitter yang membantu otak menjadi rileks dan merasa mengantuk.

Teh barley juga bermanfaat untuk orang-orang dengan gejala cemas karena mengandung asam amino GABA. Asam amino ini berfungsi untuk membuat Anda merasa lebih tenang dan membantu Anda memperoleh tidur yang berkualitas.

Obat-obatan untuk mengatasi cemas pada umumnya meningkatkan asam amino GABA. Oleh karena itu, teh barley bisa menjadi alternatif obat tanpa memberikan efek samping berbahaya.

Demikian beberapa manfaat teh barley untuk kesehatan. Khasiat di atas bisa didapatkan bila mengonsumsi teh barley secara rutin. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan dan konsumsi makanan gizi seimbang supaya kesehatan selalu terjaga secara optimal. 

Baca artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar