Sukses

Manfaat Masker Blueberry untuk Perawatan Kulit Wajah

Blueberry mengandung zat antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, hindari membuat masker blueberry sendiri karena berisiko menimbulkan gangguan kulit.

Buah blueberry memiliki rasa yang manis dan asam. Buah yang bentuknya sekilas mirip anggur ini, mengandung banyak zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Salah satu manfaat yang ditawarkan blueberry adalah mencegah penuaan dini di kulit, khususnya saat diolah dan digunakan menjadi masker wajah. Bagaimana faktanya? Simak apa kata dokter lewat ulasan berikut ini.

1 dari 4 halaman

Ketahui Nutrisi di Dalam Buah Blueberry

Mengutip Healthline, blueberry tergolong sebagai buah rendah kalori dan lemak. Di samping itu, blueberry menyediakan zat serat sehat dalam jumlah yang cukup. Dalam seporsi blueberry mentah (100 gram) memiliki kandungan:

  • Kalori: 57
  • Air: 84 persen
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat: 14,5 gram
  • Gula: 10 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 0,3 gram
2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Blueberry untuk Kulit Wajah

Dokter Adeline Jaclyn mengatakan buah blueberry memang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini.

Sebab, blueberry mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang berperan melawan radikal bebas penyebab penuaan di kulit. Antioksidan di dalam buah blueberry bersumber dari senyawa alami bernama antosianin.

Perlu diketahui, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh seseorang dalam melawan radikal bebas akan menurun. Hal tersebut menyebabkan kadar radikal bebas menjadi lebih tinggi sehingga dapat merusak sel kulit.

Sumber radikal bebas berasal dari sinar ultraviolet (UV), asap rokok, polusi, dan lain sebagainya.

Pada saat kadar radikal bebas lebih banyak daripada antioksidan, sel-sel kulit mulai melemah dan menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Artikel Lainnya: Blueberry, Buah Mungil Kaya Manfaat

Oleh karena itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam masker blueberry diyakini bisa menjadi solusi untuk mengatasinya.

Karena menghadirkan manfaat menakjubkan, beberapa orang jadi berpikiran untuk membuat masker blueberry sendiri.

Bahkan di media sosial atau di internet, tak sulit untuk menemukan informasi mengenai cara membuat masker blueberry.

Lantas, bolehkah menggunakan masker blueberry buatan sendiri atau do it yourself (DIY)? Dokter Adeline tidak merekomendasikan kita membuat dan menggunakan masker blueberry DIY.

“Jika buat (masker) sendiri bisa menyebabkan noda sementara akibat pigmen yang kuat (dari blueberry) dan kepada orang dengan kondisi kulit tertentu bisa bertambah parah,” tegas dr. Adeline.

Sebagai alternatif, dr. Adeline menyarankan kita untuk memakai produk masker blueberry dari produsen terpercaya.

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Aneka Jenis Buah Berry bagi Kesehatan Anda

Untuk intensitas dan cara pakainya, sesuaikan dengan anjuran masing-masing produk. Mengingat dalam berbagai produk biasanya memiliki saran penggunaan yang berbeda-beda.

Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit seperti sheet mask atau masker peel off mengandung blueberry. Pastikan juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dan produk masker blueberry tersebut sudah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain Blueberry untuk Kulit

Di samping bisa mencegah penuaan dini, dr. Adeline menyebutkan bahwa mengonsumsi buah blueberry bisa memberikan manfaat lain untuk kulit. Di antaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kolagen

Kandungan antosianin di dalam blueberry diketahui dapat mendukung sintesis kolagen. Kolagen sendiri berperan dalam mengatasi garis halus atau keriput, kondisi kulit kendur, dan melembapkan kulit yang kering.

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

  • Mendukung Penyembuhan Luka

Blueberry memiliki kandungan vitamin C dan K yang tinggi. Kedua kandungan itu dapat berperan penting untuk penyembuhan luka.

Akan tetapi, jangan pernah mengoleskan blueberry atau langsung ke luka terbuka atau luka bakar karena dapat menyebabkan infeksi bakteri.

  • Mengurangi Peradangan Karena Jerawat

Kandungan antioksidan buah blueberry dapat menurunkan peradangan dan pembengkakan kulit akibat jerawat.

Namun, hindari mengoleskan langsung blueberry ke kulit karena dapat memperparah jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi buah blueberry dalam porsi secukupnya.

Itu dia beberapa manfaat masker blueberry untuk perawatan kulit wajah. Ingat, hindari membuat masker DIY, ya.

Lebih baik, konsultasikan dulu dengan dokter agar manfaat blueberry untuk kulit wajah bisa didapat dengan maksimal. Agar lebih mudah, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar