Sukses

Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan Anda

Tahukah Anda bahwa kacang arab punya segudang manfaat sehat untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kacang arab, atau kacang garbanzo, sudah dikenal sejak ribuan tahun di negara-negara Timur Tengah. Kacang ini termasuk dalam jenis kacang polong. Rasanya sedikit pedas dengan tekstur yang sedikit kasar.

Ternyata, selain cocok dipadukan dengan bahan makanan lainnya, manfaat kacang arab untuk kesehatan sangat banyak, lho. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi pada kacang arab.

Kacang arab mengandung tinggi vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, kacang arab juga kaya akan protein sehingga dapat menjadi pilihan sumber protein pengganti daging bagi vegetarian ataupun vegan.

Lalu, apa saja, ya manfaat kacang arab untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

1 dari 6 halaman

1. Kaya akan Protein Nabati

Manfaat kacang arab tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya, salah satunya protein nabati. Banyak penelitian telah menemukan bahwa kualitas protein dalam kacang arab lebih baik ketimbang jenis kacang polong lainnya.

Mengapa demikian? Ternyata kacang arab mengandung hampir semua asam amino esensial, kecuali metionin. Kacang arab mengandung tiga gram protein untuk tiap 28 gram penyajian.

Artikel Lainnya: Mana yang Lebih Sehat, Kacang Panggang atau Kacang Goreng?

Walaupun banyak mengandung protein, kebutuhan asam amino belum dapat terpenuhi jika Anda hanya mengonsumsi kacang arab. Jadi, agar semua kebutuhan asam amino terpenuhi, konsumsi kacang arab sebaiknya tetap di kombinasikan dengan sumber protein lainnya.

Namun demikian, kacang arab nyatanya merupakan pilihan sumber protein yang baik bagi vegetarian atau vegan.

2. Membantu Mempertahankan Berat Badan

Manfaat kacang arab lainnya adalah mempertahankan berat badan. Densitas kalori yang relatif rendah pada kacang ini adalah penyebabnya. Jadi, orang yang mengonsumsinya akan lebih mudah menurunkan berat badan dan mempertahankannya dibandingkan bila mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Selain itu, serat dan protein dalam kacang arab mampu mengontrol nafsu makan. Jadi, kacang arab sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Bila Anda terbiasa makan camilan, coba ganti camilan Anda menjadi kacang arab.

2 dari 6 halaman

3. Kaya Akan Nutrisi

Selain kaya akan protein, manfaat kacang arab juga terletak dari kandungan nutrisi lainnya. Kacang arab mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, zat besi, fosfor, mangan, dan tembaga.

Kacang arab juga baik dikonsumsi untuk orang dengan anemia. Pasalnya, vitamin C yang terkandung di dalam kacang arab dapat membantu penyerapan zat besi.

Nutrisi lain yang terkandung di dalam kacang arab, yakni kolin dan selenium. Keduanya sangat baik untuk kesehatan otak. Selain itu, kacang arab juga kaya akan antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas.

Artikel Lainnya: Selai Kacang Tanah Vs Kacang Almon, Mana yang Lebih Sehat?

4. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Protein dan serat bekerja secara sinergis untuk memperlambat pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang. Di luar dari itu, terdapat hormon yang bekerja sebagai pengatur nafsu makan.

Ada dua jenis hormon yang mengatur nafsu makan, yaitu hormon leptin dan ghrelin. Leptin berfungsi menurunkan nafsu makan, sedangkan ghrelin meningkatkan nafsu makan.

Protein yang ada dalam kacang arab meningkatkan kadar hormon yang menekan nafsu makan. Dengan demikian, asupan kalori akan terjaga dengan mencegah Anda makan berlebih. Menarik, bukan?

3 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kacang arab lainnya adalah untuk kesehatan pencernaan. Serat pada kacang arab bersifat larut dalam air dan serat jenis ini dapat membantu meningkatkan bakteri baik pada usus. Dengan meningkatnya bakteri baik, pertumbuhan bakteri jahat akan terhambat.

Konsumsi kacang arab akan menurunkan risiko masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan kanker usus. Seratnya juga akan membantu memperlancar buang air besar. Dengan demikian, pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

6. Membantu Mengontrol Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, mengontrol gula darah adalah kunci kesuksesan dari terapi. Bahkan pada orang yang tidak menderita diabetes pun, gula darah harus tetap terjaga agar di kemudian hari tidak menyebabkan masalah. Kacang arab memiliki manfaat dalam hal ini.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kacang Merah untuk Penyandang Diabetes

Serat dan protein dalam kacang arab membantu mencegah gula darah naik secara drastis setelah makan. Selain itu, kacang arab memiliki indeks glikemik yang rendah. Vitamin dan mineral seperti zink, magnesium, dan vitamin B juga dapat mencegah diabetes.

Nah, manfaat kacang arab yang satu ini sangat baik bagi penderita diabetes maupun yang bukan penderita diabetes.

4 dari 6 halaman

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung sebaiknya diperhatikan dari sejak muda. Penyebab munculnya penyakit jantung, utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti makan makanan yang berlemak. Nah, kacang arab memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat kacang arab untuk kesehatan jantung didapatkan dari kandungan vitamin B, zat besi, kalium, magnesium dan selenium di dalamnya. Seratnya juga bermanfaat menurunkan kolesterol sehingga risiko penyakit jantung menurun. Selain itu, kacang arab juga tidak mengandung kolesterol sama sekali, lho!

8. Mencegah Kanker

Radikal bebas merupakan zat racun yang dapat terakumulasi dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel-sel tubuh dan mengubahnya menjadi sel-sel kanker. Sumber radikal bebas bisa bermacam-macam, antara lain dari makanan, atau dari polusi lingkungan.

Artikel Lainnya: Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Kacang Ini

Kacang arab mengandung berbagai antioksidan yang dapat membuang radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas, serat dalam kacang arab juga dapat mencegah kanker usus.

Meskipun demikian, manfaat kacang arab yang satu ini juga harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat setiap harinya, ya.

5 dari 6 halaman

9. Memelihara Kesehatan Mental

Tidak hanya untuk kesehatan jasmani, manfaat kacang arab juga baik untuk kesehatan mental dan saraf, lho. Kacang arab mengandung kolin. Kolin sendiri berperan dalam mood, memori, dan proses pembelajaran.

Selenium yang terkandung di dalamnya juga membantu kesehatan kognitif, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Selenium berfungsi menurunkan stres oksidatif yang berpotensi mengganggu fungsi kognitif.

Jadi, secara teori, mengonsumsi selenium baik untuk mencegah gangguan kognitif. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kacang arab untuk kognitif.

10. Mengontrol Kadar Kolesterol

Tubuh memiliki dua jenis kolesterol, yaitu HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). LDL adalah jenis kolesterol yang paling berperan dalam terjadinya penyakit kardiovaskular. Semakin tinggi kadar kolesterolnya, semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat kacang arab untuk kesehatan jantung terletak dari kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Dengan demikian, risiko penyakit jantung dapat berkurang dengan mengonsumsi kacang arab.

Nah, sudah tahu, kan apa saja manfaat kacang arab? Hal yang harus diperhatikan adalah hindari makan kacang arab mentah karena dapat mengandung racun dan sulit untuk dicerna. Selain itu, manfaat kacang arab akan optimal bagi tubuh jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar