Sukses

Menyingkap Manfaat Buah Zuriat untuk Pelancar Haid

Pernah mendengar nama buah zuriat? Mungkin masih asing, tapi buah ini disebut bermanfaat untuk siklus haid. Adakah manfaat buah zuriat untuk haid?

Buah zuriat mungkin tak sepopuler kurma, asupan sehat khas Timur Tengah lainnya. Namun, buah tersebut banyak diburu karena dipercaya bisa meningkatkan kesuburan dan melancarkan siklus menstruasi.

Apakah klaim buah zuriat untuk haid tersebut sudah tepat? Mari kita simak pendapat dokter di sini.

Berkenalan dengan Buah Zuriat 

Berasal dari wilayah Afrika Utara, buah zuriat juga mudah ditemukan di Mesir, Yaman, dan Arab Saudi. Aroma dan rasa buah ini khas, yakni mirip roti jahe atau agak serupa gula merah.

Buah ini sering disebut “buah keturunan” karena sering dimanfaatkan jadi terapi kesuburan bagi pasangan yang ingin mendapatkan kehamilan. 

Berbentuk mirip kelapa, buah zuriat banyak diolah jadi minuman tradisional, yakni dengan merebus daging buahnya. Selain itu, buah tersebut kini juga sudah banyak dikemas dalam bentuk suplemen bubuk maupun kapsul.

Sementara itu, beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah zuriat adalah: 

  • Karbohidrat kompleks 
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium
  • Asam lemak esensial linoleat 
  • Vitamin B

Selain kandungan yang disebutkan di atas, buah zuriat mengandung senyawa aktif bersifat antibakteri, antioksidan, antidiabetes, serta antihipertensi. Buah ini juga dipercaya punya kandungan hipolipidemik yang mampu turunkan kadar lemak di darah.

Artikel lainnya: Menilik Manfaat Buah Bit untuk Menstruasi

1 dari 3 halaman

Buah Zuriat untuk Haid Lancar?

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, buah zuriat memang memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh manusia. Namun, apakah manfaat buah zuriat untuk melancarkan haid termasuk di dalamnya?

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan buah zuriat memang dipercaya untuk meningkatkan dan mempercepat kesuburan. Alasannya, buah zuriat tinggi kandungan antioksidan sehingga bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi. 

Meski begitu, dr. Devia mengatakan, lancar tidaknya siklus haid seseorang ditentukan oleh banyak hal. 

“Jadi, walaupun seseorang sudah makan buah yang mengandung antioksidan tinggi, siklus menstruasi masih bisa tidak lancar,” kata dr. Devia.

“Penyebabnya, siklus haid wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti stres (faktor psikologis), kekurangan nutrisi tertentu, obesitas, malnutrisi, dan kondisi medis lainnya seperti gangguan hormon tiroid,” dia menambahkan.

Selain itu, penelitian soal buah zuriat masih sedikit dan terbatas. Dibutuhkan studi lebih lanjut dan mendalam lagi terkait buah zuriat untuk haid tidak lancar.

Artikel lainnya: Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Haid

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain Buah Zuriat 

Meski penelitian akan buah zuriat masih terbatas, bukan  berarti buah zuriat tidak memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Berikut beberapa potensi manfaat buah zuriat untuk kesehatan:

  • Memelihara Kesehatan Jantung serta Pembuluh Darah

Karena bisa mengurangi lemak dalam tubuh, buah zuriat bisa bermanfaat pada penderita hiperlipidemia, yakni kondisi tingginya kadar trigliserida dan kolesterol jahat.

Selain itu, buah ini juga dipercaya memiliki efek positif bagi orang dengan penyakit jantung serta pembuluh darah, seperti jantung koroner.

  • Mencegah Penyakit Diabetes 

Buah zuriat dipercaya bisa menstabilkan gula darah serta mencegah diabetes. Buah yang banyak ditemukan di Mesir ini juga dipercaya mampu mencegah komplikasi akibat diabetes.

Misalnya, nefropati diabetik (penyakit ginjal akibat kontrol kadar gula darah yang buruk pada diabetes mellitus tipe 1 serta 2).

Belum ada cukup banyak penelitian terkait manfaat buah zuriat untuk kesehatan. Meski begitu, buah ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan ginjal dan hati, dan mencegah hipertensi maupun anemia

Tapi perlu diingat lagi, belum ada penelitian yang benar-benar akurat soal manfaat buah zuriat untuk haid lancar. Karena itu, menerapkan pola hidup sehat, menjauhi stres, dan rutin olahraga tetap jadi cara utama untuk menjaga siklus menstruasi yang teratur.

Jangan ketinggalan info kesehatan dan gaya hidup lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar