Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Fordyce Spot, Benjolan di Kelamin yang Mirip Kutil

Mengenal Fordyce Spot, Benjolan di Kelamin yang Mirip Kutil

Fordyce spot adalah benjolan serupa kutil yang dapat muncul di bibir dan area kelamin. Kenali gejalanya, agar Anda tidak salah sangka dengan kondisi yang satu ini!

Setiap orang wajib menjaga kesehatan kelamin dengan saksama. Pasalnya, bagian tersebut tergolong paling sensitif sehingga mudah terkena infeksi apabila diabaikan.

Namun, meski sudah telah dijaga kebersihan dan kesehatannya, organ kelamin Anda bisa saja ditumbuhi bintil kecil yang mirip kutil. Kondisi ini dikenal dengan istilah fordyce spot

1 dari 3 halaman

Mengenal Fordyce Spot Lebih Dekat

Fordyce spot adalah bintil kecil yang biasanya muncul di area kulit bibir, dan/atau kelamin. Kondisi ini normal, dan tidak berbahaya. Jadi, bagi siapa pun yang mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir atau panik. 

Fordyce spot merupakan sebuah kondisi yang bermula dari kelenjar keringat dan berubah karena ada deposisi lemak, sehingga membentuk seperti benjolan-benjolan kecil,” ujar dr. Reza Fahlevi.

Fordyce spot adalah kondisi yang aman dan tidak berbahaya untuk tubuh manusia,” tegasnya.

Lebih lanjut, dr. Reza juga menyebut bahwa fordyce spot bisa terjadi pada bagian mukosa; seperti penis dan bibir. Kondisi ini pun dapat muncul saat masih kecil, dan akan semakin terlihat ketika sudah beranjak dewasa atau remaja. 

Artikel Lainnya: Cara Alami Basmi Kutil pada Penis

Bintik akibat fordyce spot berdiameter sekitar 1 hingga 3 milimeter (0,04 hingga 0,12 inci). Berdasarkan penelitian dalam jurnal Clinical Case reports and Reviews, kondisi ini lebih banyak ditemukan pada pria ketimbang wanita.  

Studi tersebut juga mengungkap, individu dengan kulit berminyak memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami keluhan tersebut.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat memastikan penyebab fordyce spot. Beberapa studi berpendapat, kondisi ini berhubungan dengan perubahan hormonal dan kondisi bawaan lahir.

Fordyce spot sering dianggap sebagai kutil kelamin. Padahal, keduanya merupakan kondisi yang berbeda. 

Artikel Lainnya: Muncul Kutil pada Vagina, Perlukah Dioperasi?

2 dari 3 halaman

Perbedaan Antara Fordyce Spot dan Kutil Kelamin

Berdasarkan dr. Reza, fordyce spot dan kutil kelamin merupakan dua kondisi berbeda meski memiliki ciri yang cukup mirip. 

Agar tidak salah sangka, berikut ini beberapa perbedaan fordyce spot dan kutil kelamin: 

  • Penyebab

Fordyce spot diduga disebabkan oleh perubahan hormon atau memang sudah ada sejak kecil. Kondisi ini umumnya baru terlihat jelas ketika penderitanya beranjak dewasa. 

Sedangkan, kutil kelamin alias kondiloma akuminata adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human pappiloma virus (HPV). Salah satu faktor risiko penularan penyakit ini adalah hubungan seks yang dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan.

Artikel Lainnya: Menangani Kutil Kelamin dengan Tepat

  • Ukuran

Fordyce spot memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 1 sampai 4 milimeter saja. Jumlah bintil akibat fordyce spot juga tergolong banyak.

Sementara itu, kutil kelamin memiliki ukuran yang bervariasi; bisa kecil hingga besar. Bintil yang muncul akibat kutil kelamin dapat tampak seperti kembang kol, dan muncul dalam jumlah tunggal ataupun banyak — tergantung tingkat keparahan.

  • Gejala Penyerta 

Fordyce spot umumnya tidak disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, bengkak, atau gatal. 

Sementara itu, kutil kelamin biasanya diikuti dengan gejala-gejala, seperti gatal. Kutil kelamin juga bisa berdarah, dan menyumbat proses buang air kecil apabila menutupi lubang kencing.

Bintik di bibir atau kelamin akibat fordyce spot adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda harus tetap waspada. Apabila terdapat bintik kecil yang disertai keluhan gatal, bisa jadi itu merupakan tanda kutil kelamin. Segera berobat ke dokter jika mengalaminya.

Sebagai langkah deteksi dini, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut mengenai bintik di kelamin kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar