Sukses

Manfaat Merakit Mainan bagi Tumbuh Kembang Anak

Si kecil hobi merakit mainan? Orang tua sebaiknya selalu mendukung dan memberikan arahan yang tepat. Kegiatan itu bisa bantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak, lho!

Apakah si kecil punya hobi merakit mainan? Jika ya, orang tua sebaiknya selalu memberikan dukungan dan arahan yang tepat.

Bukan tanpa alasan, merakit mainan nyatanya mempunyai banyak manfaat sehat. Apabila dilakukan dengan tepat, kegiatan yang sering dikira membosankan ini pun dapat bantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Merakit Mainan bagi Tumbuh Kembang Anak

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog., manfaat merakit mainan meliputi aspek kognitif, motorik, dan sosial. Apabila dilakukan dengan cara yang tepat, kegiatan tersebut bisa mengundang beragam manfaat sehat berikut ini:

1. Berpikir Konstruktif

Menurut Ikhsan, merakit mainan bisa bantu anak mengembangkan pengetahuan mengenai warna, bentuk, dan jumlah. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan berpikir konstruktif si kecil.

"Manfaat tersebut ada karena anak harus menyusun dari bahan-bahan yang sebelumnya tidak berbentuk,” ungkap Ikhsan.

Artikel Lainnya: Rangsang Kreativitas Anak Lewat Lego

2. Melatih Kreativitas

Merakit mainan dapat melatih kreativitas anak, karena si kecil akan menggunakan daya imajinasinya untuk menggambarkan hasil akhir dari barang-barang yang awalnya tidak berbentuk.

Dengan merakit mainan, fokus anak terhadap satu kegiatan juga ikut terasah.

3. Membantu Motorik Anak

"Kemampuan motorik anak juga jadi lebih baik. Jadi, bisa mengoordinasikan indra yang dia miliki; seperti dari mata hingga ke tangannya," jelas Ikhsan.

4. Membantu Aspek Sosial

"Dari segi sosial, jika dilakukan bersama teman atau orang tua, (merakit mainan) ini bantu anak paham cara bekerja sama. Kemampuan anak untuk memberikan atau menerima instruksi juga akan terasah," ucap Ikhsan.\

Artikel Lainnya: Manfaat Mainan untuk Perkembangan Otak Anak

5. Bantu Pecahkan Masalah

Merakit mainan menuntut anak untuk membuat suatu pola atau bentuk dari benda-benda yang awalnya tercerai-berai. Hal ini dapat mengasah kemampuannya untuk memecahkan masalah, karena si kecil dituntut mengambil keputusan dalam menyesuaikan benda-benda yang sebelumnya tidak terbentuk.

6. Mengembangkan Keterampilan Teknik

Dengan menyusun benda-benda yang awalnya tidak terbentuk, kemampuan keterampilan teknik dan arsitektur si kecil juga ikut terasah.

Artikel Lainnya: Bunda, Ketahui Bahaya Saat Balita Gigit Mainan Plastik!

2 dari 3 halaman

Tips Mendampingi Anak saat Merakit Mainan

Agar seluruh manfaat merakit mainan dapat dirasakan si kecil dengan optimal, orang tua wajib mendampingi sekaligus memberikan arahan yang tepat.

Berikut tips yang bisa dilakukan orang tua saat mendampingi anak merakit mainan:

  • Perhatikan mainan yang dirakit; apakah terdapat benda tajam atau tidak
  • Perhatikan bahan-bahan mainan yang akan digunakan; apakah senyawa kimia yang ada di dalamnya sudah sesuai untuk mainan anak atau belum
  • Perhatikan tingkat kesulitan mainan yang hendak dirakit. Sebisa mungkin, sesuaikan dengan usia anak. Jika tidak sesuai atau levelnya jauh lebih sulit, anak dikhawatirkan jadi kurang termotivasi untuk merakitnya
  • Bagi peran dengan anak untuk merakit mainan tersebut
  • Sesekali berikan instruksi yang mudah dimengerti anak, agar ia tahu langkah yang dilakukannya sudah tepat atau belum.

Manfaat mainan untuk tumbuh kembang anak sangat beragam. Tetap berikan dukungan dan pantauan, agar seluruh manfaat tersebut dapat dirasakan anak. Pastikan juga si kecil tidak terlalu asyik dengan kegiatan merakit mainan, sehingga lupa makan atau kegiatan lainnya.

Apabila Anda membutuhkan bantuan atau arahan lebih lanjut mendampingi anak merakit mainan, tak perlu malu untuk berkonsultasi kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam. Unduh juga aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta kesehatan menarik lainnya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar