Sukses

Nutrisi Paprika dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Paprika adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Mari ketahui nutrisi dan manfaatnya berikut ini.

Sering dijadikan sebagai garnish di dalam hidangan, paprika sebenarnya menyimpan nutrisi luar biasa. Sayur yang punya berbagai warna, seperti merah, oranye, dan kuning ini cukup populer di dunia, misalnya di atas pizza atau tumisan.

Meski tidak semua orang gemar mengonsumsinya, paprika dapat memberi manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi ibu hamil.

Mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat paprika bagi kehamilan? Yuk, Bunda, simak di bawah ini!

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Paprika

Paprika mengandung beragam mikronutrien dan senyawa bermanfaat. Sekitar 100 gram paprika memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Betaine 7,1 mg
  • Kolin 51,5 mg
  • Folat 49 mcg
  • Niacin 10.060 mg 
  • Asam pantotenat 2.510 mg 
  • Riboflavin 1.230 mg 
  • Thiamin 0,330 mg 
  • Vitamin A 49.254 IU
  • Vitamin B6 2.141 mg 
  • Vitamin C 0,9 mg 
  • Vitamin E (alfa-tokoferol) 29,10 mg 
  • Vitamin K 80,3 mcg 

Paprika juga mengandung berbagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan akibat radikal bebas berkaitan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker

Artikel lainnya: Kebutuhan Nutrisi Saat Hamil yang Harus Dipenuhi

Antioksidan utama di dalam paprika termasuk dalam keluarga karotenoid, yang meliputi beta karoten, capsanthin, zeaxanthin, dan lutein. 

Dalam penelitian berjudul "Dietary sources of lutein and zeaxanthin carotenoids and their role in eye health", lutein dan zeaxanthin dianggap sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada mata.

Pada penelitian yang melibatkan lebih dari 1.800 wanita, mereka yang memiliki asupan lutein dan zeaxanthin tinggi memiliki risiko katarak 32 persen lebih kecil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Paprika untuk Ibu Hamil

Lalu, bagaimana manfaat paprika untuk ibu hamil? Ternyata tak kalah dengan sayuran lainnya lho, ini dia ulasannya.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, "Paprika adalah salah satu sayuran yang tinggi vitamin. Jadi, baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu dan membantu penyerapan zat besi, sehingga terhindar dari anemia," ungkap dr. Devia.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Selain itu, dr. Devia mengatakan paprika punya kandungan serat yang baik untuk pencernaan ibu hamil. 

  1. Bantu Penuhi Kebutuhan Kolin

Paprika juga diketahui mengandung kolin. Zat yang satu ini dipercaya dapat mendukung perkembangan otak anak. 

Selama kehamilan, ibu hamil penting untuk memenuhi kebutuhan kolin sekitar 450 miligram per hari.  Selain untuk perkembangan otak, kolin juga membantu meningkatkan memori dan kemampuan belajar anak di masa depan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat Paprika yang Jarang Diketahui

  1. Mendukung Fungsi Organ Tubuh

Paprika mengandung omega-3 di dalamnya. Asam lemak omega-3 dapat mendukung produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang memengaruhi tekanan darah, respons alergi, fungsi ginjal dan saluran cerna, serta fungsi saraf.

Prostaglandin juga dapat mendukung perkembangan penglihatan dan otak janin. 

Selain itu, American Pregnancy Association (APA) mengungkapkan asam lemak omega-3 membantu mencegah persalinan prematur.

Jadi, tidak masalah bila ibu hamil mau makan paprika. Hanya saja, perhatikan pengolahan, kebersihan, dan porsinya supaya tidak merugikan kesehatan selama hamil.

Bila ingin konsultasi ke dokter kandungan seputar asupan sayuran yang baik untuk kehamilan, pakai Live Chat dari KlikDokter! Anda pun bisa pantau perkembangan janin dengan Kalender Kehamilan.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar