Sukses

Air Kelapa dalam Cocktail Bermanfaat Kurangi Mabuk!

Bukan cuma bikin segar, air kelapa dalam cocktail ternyata juga bisa mengurangi efek mabuk! Untuk tahu alasan medisnya, simak di sini.

Buat penggemar minuman yang unik dan kaya rasa (flavorful), cocktail tentunya sudah tak asing lagi. Campuran dari minuman beralkohol, sari buah, dan buah segar lainnya memang bikin ketagihan!

Salah satu bahan campuran dalam cocktail yang cukup populer adalah air kelapa. Selain segar, ternyata air kelapa di dalam cocktail punya manfaat tersendiri, lho.

Sekilas tentang Minuman Cocktail

Cocktail berbeda dengan mocktail. Mocktail lebih mudah dijumpai di kafe dan restoran karena tidak menggunakan alkohol. Air soda-lah yang dipakai. Sedangkan, cocktail umumnya hanya dijumpai di restoran-restoran tertentu, bar, dan night club.

Apa cerita di balik sebutan “cocktail”? Dilansir dari The Spruce Eats, nama “cocktail” mengacu kepada ekor ayam jago ataupun tanaman berbentuk mirip ekor ayam yang sering dijadikan hiasan minuman kolonial. Unik, ya?

Cocktail biasanya memiliki rasa manis, asam, dan agak pahit. Berbeda dengan mocktail, ukuran gelas cocktail umumnya lebih kecil.

Mocktail pun bisa dibuat oleh siapa saja karena rasanya cenderung banyak disukai dan pembuatannya mudah. Sedangkan, cocktail umumnya dibuat khusus oleh bartender dan mixologist.

Artikel lainnya: Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa di Dalam Minuman Cocktail

Dilansir dari Grace Foods, dari sekian banyak cairan selain alkohol, air kelapa memiliki reputasi terbaik sebagai campuran cocktail. Manfaatnya pun tak cuma dalam cita rasanya, tetapi juga bagi kesehatan peminumnya.

Air kelapa dipercaya dapat menurunkan risiko mabuk dan dehidrasi ketika minum cocktail. Efek samping dari minum alkohol itu sendiri memang mabuk sempoyongan, pusing, mual muntah, dehidrasi, hingga kehilangan kesadaran.

Lantas, apa kata dokter mengenai hal tersebut? Benarkah air kelapa di dalam cocktail bisa “menyelamatkan” peminumnya dan menetralkan berbagai efek negatif dari minuman beralkohol?

Artikel lainnya: Konsumsi Minuman Beralkohol Picu Diare

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, alkohol memang memiliki efek diuretik. Jadi, dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil orang yang mengonsumsinya.

“Hal ini sebenarnya juga merupakan respons tubuh untuk mengeluarkan produk sisa dari alkohol. Akan tetapi, dalam prosesnya, ginjal kita tidak hanya mengeluarkan produk sisa itu, tapi juga cairan dan elektrolit. Kalau dibiarkan, orang tersebut akan dehidrasi, yang salah satu tandanya adalah mabuk,” jelas dr. Sepri.

Ia menambahkan, “Untuk mengatasinya, seseorang harus mengonsumsi cairan sebagai pengganti yang hilang. Salah satu yang disarankan memang air kelapa. Karena, air tersebut tak hanya berisi cairan, tetapi juga elektrolit. Jadi, penggantian cairannya menjadi lebih cepat.”

Dengan demikian, air kelapa pada cocktail memang bisa membantu menetralkan efek negatif dari minuman beralkohol, dalam hal ini dehidrasi.

Selain itu, manfaat air kelapa lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu menangkal radikal bebas, mencegah diabetes, mencegah batu ginjal, memelihara kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan menguatkan tubuh.

Tidak ada ketentuan yang pasti terkait berapa banyak dan kapan waktu yang lebih efektif untuk mengonsumsi air kelapa saat Anda “minum-minum”.

“Yang jelas, setelah minum minuman beralkohol, jangan lupa penuhi asupan cairan, tapi bukan kafein. Lalu, istirahat cukup,” saran dr. Sepri.

Artikel Lainnya: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

2 dari 3 halaman

Minuman yang Cocok Dicampur Air Kelapa

Dilansir dari WebMD, hingga saat ini belum ada informasi tentang interaksi negatif antara air kelapa dengan bahan-bahan lain, kecuali obat.

Obat yang dimaksud adalah obat penurun tekanan darah. Jika Anda minum keduanya secara bersamaan, maka tekanan darah bisa menjadi terlalu drop.

Sedangkan, air kelapa untuk campuran minuman beralkohol (seperti wine, brandy, rum, champagne, tequila) atau minuman lainnya (air soda, sari buah, sirop, susu), sejauh ini belum ada informasi tentang efek negatifnya.

Tahukah Anda? Minum air kelapa dingin yang dicampur dengan irisan lemon dan mentimun juga dapat menyegarkan tubuh Anda pasca mabuk alkohol.

Itu dia manfaat air kelapa di dalam minuman beralkohol seperti cocktail. Bila ada pertanyaan seputar air kelapa, konsultasikan kepada dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar