Sukses

Paprika untuk Diet, Efektifkah Menurunkan Berat Badan?

Tak hanya digunakan sebagai side dish, paprika juga sering dikonsumsi sebagai menu diet. Namun, efektifkah paprika untuk menurunkan berat badan? Ini faktanya!

Anda mungkin akan dianjurkan mengonsumsi buah sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Salah satu buah yang paling dianjurkan untuk diet karena konon bisa bantu menurunkan berat badan secara efektif adalah paprika.

Paprika untuk menurunkan berat badan; begitu dugaan orang-orang mengenai manfaat buah yang sering dianggap sayuran ini. Namun, apakah medis setuju dengan manfaat tersebut?

 

1 dari 4 halaman

Kandungan Gizi dalam Paprika

Paprika merupakan jenis buah yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Memiliki citra rasa mirip dengan cabai, buah ini juga sering dijadikan sebagai camilan oleh beberapa orang.

Paprika itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni paprika merah, kuning, dan hijau. Ketiganya memiliki kandungan gizi serupa, meski warnanya berbeda-beda.

Secara garis besar, paprika mengandung kalori, karbohidrat, protein, tiamin, riboflavin, niacin, dan folat. Tidak hanya itu, buah yang sering dianggap sayur ini juga punya kandungan vitamin A, C, K; juga kalsium, zat besi, magnesium, sodium, dan kalium.

Paprika pun mengandung vitamin B, zink, mangan, lutein, dan sangat kaya akan antioksidan. Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita, paprika merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C lebih baik ketimbang jeruk.

Artikel Lainnya: Nutrisi Seimbang untuk Diet Turunkan Berat Badan

2 dari 4 halaman

Efektifkah Paprika untuk Menurunkan Berat Badan?

Melihat kandungan gizi yang beragam, banyak orang yakin dengan manfaat paprika untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah medis setuju?

Menjawab pertanyaan, dr. Theresia Rina mengatakan bahwa paprika memang bisa mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Hal ini membuatnya efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

“Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, metabolisme yang meningkat juga dapat membuat Anda mempertahankan berat badan yang sehat,” ujar dr. Theresia Rina.

Kendati demikian, bukan berarti Anda hanya perlu paprika untuk menurunkan berat badan. Anda mesti mengombinasikan konsumsinya dengan makanan sehat lain dan olahraga secara teratur.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Roti Gandum Baik untuk Diet Anda

“Paprika yang dikonsumsi berbarengan dengan makanan tinggi lemak tidak akan efektif menurunkan berat badan,” ucap dr. Theresia Rina.

“Anda tetap harus mengombinasikan konsumsi paprika dengan makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, disertai dengan olahraga teratur agar berat badan dapat berkurang,” tegasnya.

3 dari 4 halaman

Agar Lebih Efektif, Kombinasikan dengan Ini!

Paprika memang dapat bantu menurunkan berat badan. Namun, manfaat tersebut hanya dapat diraih apabila Anda mengombinasikan konsumsinya dengan hal-hal berikut ini:

  • Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari merupakan kombinasi yang tepat untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Faktanya, cairan tubuh yang tercukupi turut membantu dalam melancarkan sistem metabolisme.

  • Olahraga Rutin

Menjaga makan saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, Anda tetap harus aktif berolahraga minimal 30 menit dalam sehari sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Lakukan olahraga yang menyenangkan dan sesuai kondisi tubuh, seperti bersepeda, jalan santai, berenang, yoga, dan sebagainya.

Artikel Lainnya: 7 Menu Sarapan Terbaik untuk Orang yang Sedang Diet

  • Hindari Makanan Tinggi Lemak

Mensongumsi makanan yang mengandung lemak tinggi justru bisa meruntuhkan program diet Anda. Maka dari itu, hindari makanan manis, junk food, gorengan, dan makanan lain yang mengandung lemak tinggi.

Kombinasikan konsumsi paprika dengan pola makan bergizi seimbang, agar manfaatnya dalam menurunkan berat badan dapat dirasakan lebih efektif.

Manfaat paprika untuk menurunkan berat badan hanya akan efektif apabila dikombinasikan dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga secara rutin. Jangan lupa juga terapkan gaya hidup sehat, agar Anda bisa merasakan manfaat yang lebih optimal.

Masih ingin tahu mengenai manfaat paprika bagi kesehatan? Punya pertanyaan tentang masalah kesehatan lain? Konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KliKDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar