Sukses

Tangan Kebas akibat Main Gawai Terlalu Lama, Harus Apa?

Jangan terlalu lama bermain gawai karena bisa menimbulkan cedera saraf dan menyebabkan tangan kebas. Berikut cara mengatasinya!

Saat ini, hampir setiap orang adalah pengguna gawai secara aktif. Banyak aplikasi menarik yang tersedia, mulai dari apps untuk bekerja, membaca, bermain game, hingga media sosial. Namun, jangan kira terlalu lama bermain gadget jauh dari efek samping!

Menggunakan gawai dalam waktu lama untuk mengetik atau main game dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan saraf pada tangan. Misalnya, tangan kebas. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

1 dari 3 halaman

Penyebab Tangan Kebas saat Main Gawai

Jika Anda sering pakai gadget untuk bekerja atau main game, maka patut berhati-hati. Gerakan berulang ketika memakai gawai dapat menimbulkan keluhan pada tangan.

Contohnya, mengetik atau menggeser layar dengan jari. Hal ini tidak dapat dihindari saat memakai gawai.

Lalu, aktivitas motorik seperti mengirim pesan atau mengetik secara terus-menerus juga dapat menyebabkan gangguan pada otot, tendon, atau saraf.

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Kesemutan dan Kebas yang Tak Boleh Disepelekan

Berikut beberapa gangguan yang sering terjadi akibat menggunakan tangan dan jari yang berulang dalam waktu lama:

  • Tendonitis

Penggunaan jari untuk melakukan gerakan yang sama dalam waktu lama berpotensi menyebabkan peradangan pada tendon yang dikenal dengan istilah tendonitis.

Menurut American College of Rheumatology, tendonitis adalah kerusakan jaringan lunak yang mengelilingi otot dan tulang.

Saat Anda menggunakan gawai secara berlebihan, bisa jadi tendon pada bagian tertentu pada tangan mengalami peradangan dan menyebabkan keluhan nyeri.

  • Sindrom Lorong Karpal

Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah gangguan saraf yang umum terjadi pada penggunaan tangan secara berulang. Gejala yang umumnya dirasakan penderita CTS melibatkan sensasi kesemutan dan nyeri pada jari.

Biasanya, yang terserang adalah tiga jari bagian luar yaitu kelingking, jari manis, dan jari tengah.

Artikel Lainnya: Sering Kebas Kesemutan? Awas Kekurangan Vitamin Neurotropik

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tangan yang Kebas

Bila Anda mulai merasakan kebas atau sakit di pergelangan tangan karena terlalu banyak bermain gawai, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan keluhan tersebut:

  • Istirahat

Berhenti memakai gadget sejenak secara berkala diperlukan untuk membantu mengurangi rasa kebas. Dengan mengistirahatkan jari, Anda dapat mengurangi risiko berkembangnya rasa sakit menjadi masalah yang lebih serius.

  • Kompres Es

Jika mengalami keluhan nyeri pada tangan, maka Anda dapat memakai kompres es pada bagian yang sakit selama sepuluh menit. Hal ini bisa membantu mengurangi keluhan nyeri pada tangan.

  • Obat Antiinflamasi

Kalau keluhan kebas disertai nyeri, maka penggunaan obat pengurang rasa nyeri seperti golongan parasetamol dan ibuprofen dapat membantu mengurangi keluhan.

Namun, pastikan Anda mencari pertolongan dokter bila keluhan tidak membaik dalam waktu tiga hari.

Artikel Lainnya: Kesemutan saat Tidur, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

  • Suplemen Saraf

Saraf memerlukan bantuan vitamin yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah NEO Rheumacyl Neuro.

Lebih dari sekadar vitamin neurotropik biasa, NEO Rheumacyl Neuro memiliki kombinasi ganda ibuprofen dan vitamin B1, B6, B12 yang mampu redakan rasa nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan, dan kram (3K).

Kini, Anda tidak perlu takut lagi untuk beraktivitas menggunakan gawai. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, risiko gangguan saraf yang serius akibat penggunaan gawai secara berlebihan dapat dihindari.

Konsultasikan keluhan saraf yang dialami kepada dokter dengan lebih cepat lewat fitur LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar