Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Tak Cuma Segar, Ini Manfaat Minum Jeruk Setelah Makan Daging

Jarang pesan es jeruk atau jeruk hangat di tempat makan? Sayang sekali! Padahal, minum air jeruk setelah makan daging ada manfaat sehatnya buat tubuh, lho!

Teh mungkin jadi minuman yang paling sering dipesan saat datang ke tempat makan. Kalau mau makan daging, lebih baik pesan jeruk hangat, jus jeruk, atau es jeruk. 

Tentu saja, ini bukan promo minuman. Pasalnya, minum jeruk setelah makan daging memang terbukti bermanfaat buat kesehatan tubuh! 

1 dari 3 halaman

Manfaat Minum Jeruk setelah Makan Daging

Manfaat minum air jeruk setelah makan daging bukanlah mitos belaka. Beberapa manfaat yang dimaksud dan telah terbukti adalah sebagai berikut:

  1. Membantu Penyerapan Zat Besi

Ketika kafein dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi yang Anda peroleh dari aneka daging, jeruk justru sebaliknya. 

“Vitamin C dalam jeruk membantu penyerapan zat besi,” kata dr. Devia Irine Putri.

“Namun, tentunya disesuaikan juga dengan tubuh. Kalau tubuh sudah cukup vitamin C dan zat besinya, maka sisa metabolisme tetap akan dibuang,” jelas dr. Devia. 

Manfaat sehat yang satu ini berlaku untuk semua jenis jeruk. Menurut dr. Devia, semua golongan buah citrus, baik itu jeruk mandarin, jeruk bali, jeruk nipis, jeruk lemon, dan lain sebagainya, punya manfaat yang sama.

  1. Jantung, Pembuluh Darah, dan Kolesterol Terjaga 

Tak cuma membantu penyerapan zat besi, antioksidan dalam jeruk juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. 

“Alhasil, tekanan darah Anda tetap stabil. Serat yang ada di jeruk pun mampu menurunkan kolesterol jahat,” tambah dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Jus Jeruk dapat Mencegah Batu Ginjal!

  1. Meski Kenyang, Tapi Tak Bikin Lemas

Makan daging memang bikin kenyang. Kalau penyerapan zat besi dari daging terhalang oleh kafein yang diminum, badan bisa jadi agak lemas. 

Lain halnya jika yang Anda konsumsi adalah air jeruk. Karena penyerapan zat besi terbantu oleh vitamin C, pembentukan sel darah merah jadi lebih optimal dan tubuh mendapatkan oksigen yang cukup. Alhasil, Anda tidak akan mengalami badan lemas setelah makan daging.

Artikel Lainnya: Minum Jeruk Setelah Makan Udang Sebabkan Kematian?

  1. Tidak Menambah Kalori Berlebih

Kalori bisa datang dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Bayangkan, sudah makan banyak daging lalu minuman yang dipilih adalah milkshake cokelat. 

Tentunya, itu akan membuat tubuh kemasukan kalori berlebih. Berbeda dengan jeruk. 

Dilansir dari Healthline, air dari satu buah lemon hanya mengandung 12 kalori. Sedangkan, air dari 1 buah jeruk manis berukuran sedang hanya mengandung 62 kalori. 

Jika Anda memesan air jeruk, hindari menambahkan gula agar kalorinya tetap terjaga. 

  1. Imunitas Tubuh Jadi Lebih Baik 

Ketika zat besi dan vitamin C terserap dengan baik, imunitas tubuh juga akan lebih prima. 

Hal ini sangat membantu bila Anda mencoba makan di luar rumah, seperti di warung kaki lima ataupun restoran.  

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan, Anda juga dapat menjaga daya tahan tubuh dengan minum jeruk setelah makan olahan daging.

Artikel Lainnya: Jangan Konsumsi Buah Ini Bersama Obat Penurun Kolesterol

2 dari 3 halaman

Tips Minum Jeruk setelah Makan Daging

Di balik manfaat yang ditawarkan, terkadang ada efek lain yang perlu diperhatikan. Memang, secara umum efek samping minum air jeruk setelah makan daging itu tidak ada. Namun, dr. Devia mengingatkan untuk tetap waspada.

“Buat Anda yang punya keluhan asam lambung dan lambungnya sering perih, hindari mengonsumsi air jeruk yang terlampau asam. Jika jeruk terlalu asam, lebih baik tambahkan kadar air putihnya,” saran dr. Devia. 

Bila ingin menambah sedikit gula pasir, juga tak ada salahnya. Hal yang penting, rasanya tidak sampai semanis jus jeruk botolan. 

Jika Anda tak mau menambah gula karena dapat merusak gizi di dalamnya, coba pilih buah lain yang tetap kaya akan vitamin C dengan rasa yang lebih netral atau manis. Misalnya, kiwi, jambu merah, atau nanas. 

Tak cuma bikin dahaga hilang, minum air jeruk setelah makan daging memang menawarkan sejumlah manfaat sehat. 

Masih penasaran mengenai hal ini? Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar