Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatTHTManfaat Telur untuk Atasi Radang Tenggorokan
THT

Manfaat Telur untuk Atasi Radang Tenggorokan

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 31 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Khasiat sehat telur tentu tak asing lagi. Namun, mungkin tak banyak yang tahu bahwa telur juga bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan. Simak penjelasannya di sini.

Manfaat Telur untuk Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang serba bikin susah. Anda susah menelan, susah minum, hingga bicara pun tak enak. Saat ini terjadi, obat-obatan yang dijual bebas bisa menjadi pilihan. Tapi, tak ada salahnya Anda terlebih dahulu mencoba makan telur. 

Konon, ada manfaat telur untuk radang tenggorokan! Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiatnya, Anda harus tahu bahwa ada banyak penyebab radang tenggorokan atau faringitis. 

Misalnya, infeksi virus, infeksi bakteri, ataupun karena paparan alergen seperti udara kering dan debu. 

Penderita akan merasakan sakit dan rasa serak di bagian tenggorokan. Hal itu tentu tidak nyaman jika dibiarkan terus-menerus. 

Nah, selain obat-obatan, ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, yakni dengan makan telur. 

Manfaat Makan Telur Saat Radang Tenggorokan

Anda tentu bertanya-tanya, memangnya boleh penderita radang tenggorokan makan telur? 

Jawabannya adalah ya. Telur bisa jadi salah satu makanan untuk membantu mengatasi radang tenggorokan. Hal tersebut merujuk pada studi yang dilakukan oleh The National Center for Biotechnology Information (NCBI).

Menurut studi tersebut, telur memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi atau antiperadangan. Karena itu, konsumsi telur baik untuk menangani radang tenggorokan. Kandungan tersebut, antara lain:

  • Fosfolipid

Rata-rata satu butir telur mengandung sekitar 1,3 gram fosfolipid. Banyak penelitian menduga sifat inflamasi fosfolipid datang dari senyawa fosfatidilkolin yang dikandungnya.

  • Lutein dan Zeaxanthin

Kuning telur mengandung berbagai antioksidan karotenoid. Karotenoid sendiri adalah pigmen yang berasal dari tumbuhan yang memberi warna kuning, oranye, dan merah pada buah serta sayuran.

Diketahui, lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid utama pada telur. Suplementasi lutein dan zeaxanthin telah terbukti memiliki efek antiinflamasi dalam berbagai model eksperimental.

Tak hanya itu, protein pada telur memiliki sifat antibakteri dan imunoprotektif. Namun perlu dicatat, protein ternyata juga mampu memicu respons proinflamasi yang merugikan pada individu yang alergi terhadap protein telur.

Itu sebabnya, jika Anda sedari awal punya alergi telur, hindari mengonsumsi bahan makanan ini untuk mengatasi radang tenggorokan.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Cara Konsumsi Telur untuk Keluhan Radang Tenggorokan

Untuk mendapatkan khasiat antiinflamasi, telur bisa dikonsumsi dalam berbagai olahan. Misalnya saja:

  • Telur rebus, jenis olahan sederhana ini membuat penderita radang tenggorokan mudah untuk mencernanya. 
  • Dicampur dengan bahan makanan lain, seperti sayuran yang bergizi.
  • Telur goreng, dengan catatan Anda memperhatikan kadar minyaknya. Jangan menggunakan minyak goreng terlalu banyak. Sebab, kadar minyak yang berlebihan justru bisa memicu sakit tenggorokan.
  • Telur orak-arik, teksturnya yang lembut membuat jenis olahan ini mudah dikonsumsi penderita radang tenggorokan. 

Meskipun ada manfaat telur untuk radang tenggorokan, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya berlebihan. 

Kuning telur diketahui mengandung kolesterol dalam jumlah yang tinggi. Mengonsumsinya terlalu banyak bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, misalnya kolesterol tinggi.

Dengan panduan dan jumlah yang tepat, Anda bisa mencoba memasukkan telur ke dalam menu harian Anda untuk membantu menurunkan radang tenggorokan. 

Itulah penjelasan seputar manfaat telur untuk radang tenggorokan. Anda bisa mengonsumsinya dalam berbagai olahan, seperti telur rebus hingga orak-arik. 

Untuk mengatasi radang tenggorokan, tentunya tak hanya dengan konsumsi telur. Jangan lupa juga untuk istirahat teratur, minum air putih yang cukup, berkumur dengan air garam hangat, menghindari asap rokok, dan lainnya. 

Apabila keluhan tidak kunjung membaik dalam satu minggu, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Jika masih ada pertanyaan seputar cara mengatasi radang tenggorokan, konsultasikan kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[RS]

telurFaringitisRadang Tenggorokan