Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Dokter Spesialis Geriatri dan Bidang Keahliannya

Mengenal Dokter Spesialis Geriatri dan Bidang Keahliannya

Pernah dengar tentang dokter spesialis geriatri? Tahukah Anda apa yang ditangani oleh dokter spesialis yang satu ini? Cari tahu di bawah ini!

Ilmu spesialis kedokteran punya cabang yang banyak. Ada spesialis anak, kandungan, penyakit dalam, dan kulit. Selain itu, ada pula yang kurang beken dan mungkin jarang Anda dengar, yaitu dokter spesialis geriatri.

Anda mungkin pernah bertanya-tanya: apa saja hal yang ditangani oleh dokter spesialis geriatri? Kapan seseorang perlu berkonsultasi kepada dokter spesialis yang satu ini? Yuk, cari tahu!

1 dari 4 halaman

Mengenal Dokter Spesialis Geriatri Lebih Dekat

Dokter spesialis geriatri atau geriatrician adalah seseorang yang mengabdikan diri untuk merawat pasien lanjut usia. Dokter spesialis yang satu ini akan menangani secara menyeluruh apapun masalah kesehatan yang dialami lansia.

Menurut dr. Devia Irine Putri, beberapa penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis geriatri adalah sebagai berikut:

Selain yang disebutkan, dokter spesialis geriatri juga dapat membantu masalah inkontinensia, gangguan penglihatan maupun pendengaran, insomnia, depresi, masalah jantung, dan masalah kelemahan atau keseimbangan tubuh.

Dokter ahli geriatri juga bisa memberikan pasien lansia saran mengenai cara untuk tetap hidup sehat dan berkualitas di hari tua. 

Artikel Lainnya: Imunisasi pada Usia Lanjut

2 dari 4 halaman

Bedanya Spesialis Geriatri dengan Ahli Gerontologi?

Dokter spesialis geriatri dan ahli gerontologi memang sama-sama menangani pasien lansia. Tapi, keduanya memiliki perbedaan.

"Gerontologi adalah ilmu yang mempelajari masalah atau faktor mengenai usia lanjut, termasuk di dalamnya dari segi biologis, fisiologis, dan psikososialnya," ungkap dr. Devia. 

Sedangkan, menurut dr. Devia, dokter spesialis geriatri adalah dokter yang menangani keluhan kesehatan yang dialami oleh lansia; seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Artikel Lainnya: Waspada, Lansia Mudah Terkilir

3 dari 4 halaman

Kapan Harus Konsultasi ke Dokter Spesialis Geriatri?

Seorang lansi dianjurkan untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis geriatri apabila mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

  1. Mengonsumsi Berbagai Jenis Obat 

"Kalau seorang lansia harus minum obat berbagai jenis, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis geriatri agar lebih sesuai dengan kondisi tubuhnya," kata dr. Devia.

  1. Bermasalah dengan Kesehatan

Jika lansia mengalami kondisi medis tertentu, termasuk gangguan dalam daya ingat atau kognitif, sebaiknya segera temui dokter ahli geriatri.

Artikel Lainnya: Selain Ngantuk, Ini 6 Penyebab Lansia Mudah Jatuh

  1. Gangguan Pergerakan 

Jika Anda merasa tidak stabil saat berdiri atau mengalami masalah saat berjalan, ada baiknya menemui dokter spesialis geriatri. Hal ini bertujuan untuk menemukan solusi terbaik dari masalah keseimbangan dan gaya berjalan yang dihadapi.

Dokter spesialis geriatri juga dapat memberi Anda latihan keseimbangan untuk dilakukan di rumah dan/atau meresepkan terapi fisik kusus. 

  1. Masalah Gizi

Bagi lansia yang punya masalah gizi, obesitas, atau mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, Anda sebaiknya segera berobat ke dokter spesialis geriatri untuk penanganan lebih lanjut.

Kini Anda sudah tahu peran dokter spesialis geriatri dalam dunia kesehatan, bukan? Dokter spesialis yang satu ini dapat bantu memberikan solusi bagi pasien lansia, agar kualitas hidup mereka tetap terjaga.

Jika punya pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit geriatri, tak perlu ragi untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta medis menarik lainnya!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar