Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Aloe Vera atau Minyak Kelapa, Mana yang Terbaik untuk Pelumas Seks?

Aloe Vera atau Minyak Kelapa, Mana yang Terbaik untuk Pelumas Seks?

Aloe vera dan minyak kelapa adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai pelumas seks. Namun, mana yang paling baik di antara keduanya? Ini kata dokter.

Pelumas seks dibutuhkan ketika kondisi vagina sedang kering karena faktor tertentu. Contohnya, stres atau cemas, alergi, habis melakukan operasi pengangkatan ovarium, hingga konsumsi obat antidepresan.

Meski semua fungsi pelumas seks adalah untuk melicinkan vagina, tak semua bahan bisa Anda gunakan.

Coba dulu pakai bahan alami, seperti aloe vera gel murni atau minyak kelapa murni (virgin coconut oil).

1 dari 4 halaman

Mengenal Aloe Vera Gel untuk Pelumas Seks

Gel lidah buaya atau aloe vera gel sering digunakan untuk melembapkan dan menghaluskan kulit, sekaligus mengatasi sunburn.

Farmakolog, Joe Graedon, dari The People’s Pharmacy mengatakan bahan alami yang satu ini aman apabila dijadikan sebagai pelumas seks. Dengan catatan, Anda mesti memilih aloe vera gel yang 100 persen murni.

Gel lidah buaya murni bersifat lembut dan netral di kulit. Bahan tersebut pun jarang menimbulkan alergi.

Untuk mengecek keamanannya, Anda bisa mengoleskan aloe vera gel di bagian siku terlebih dahulu.

Jika tak ada reaksi negatif setelah beberapa saat, aloe vera gel yang Anda gunakan 100 persen bisa dioleskan di area vagina dan digunakan sebagai pelumas seks. 

Artikel Lainnya: Bahan Alami yang Aman untuk Dijadikan Pelumas Seks

2 dari 4 halaman

Mengenal Minyak Kelapa untuk Pelumas Seks

Sama seperti aloe vera gel, minyak kelapa juga dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Bahkan, di dalamnya pun terkandung berbagai vitamin dan mineral, misalnya zink, asam lemak, kalsium, serta zat besi.

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) juga bersifat antijamur dan antibakteri. Beberapa orang memilih jenis minyak ini sebagai pelumas seks karena memiliki kandungan tersebut.

Sebelum mengoleskan minyak kelapa murni di bibir vagina dan bagian dalamnya, ada baiknya Anda tes dulu di siku untuk menentukan ada reaksi alergi atau tidak.

Jika setelah ditunggu tidak ada hasil negatif, barulah Anda bisa menggunakannya di organ intim.

Hindari mengoleskan terlalu banyak, karena justru bisa menumpuk di vagina. Ambil sedikit saja, dan setelah selesai melakukan hubungan seks pastikan Anda membersihkan sisa-sisanya.

Artikel Lainnya: Bolehkah Menggunakan Baby Oil sebagai Pelumas Seks?

3 dari 4 halaman

Mana Lebih Baik, Aloe Vera Gel atau Minyak Kelapa?

Menurut dr. Atika, hingga saat ini sebenarnya belum ada penelitian yang membandingkan langsung virgin coconut oil dan aloe vera gel untuk pelumas seks.

“Jadi, kalau untuk lebih bagus mana, belum bisa ditentukan. Kalau dilihat dari masing-masing kandungan zat di dalamnya, keduanya aman untuk dijadikan pelumas (seks),” ujar dr. Atika.

“Alasan amannya, karena keduanya produk natural tanpa tambahan bahan kimia, misalnya pengawet. Kadang pengawet bisa bersifat iritatif untuk orang-orang yang sensitif,” sambungnya..

Kendati demikian, penggunaan aloe vera gel atau minyak kelapa murni sebagai pelumas seks tetap perlu berhati-hati.

“ Walaupun jarang, tetap tidak menutup kemungkinan ada reaksi alergi terhadap minyak kelapa murni maupun aloe vera. Soalnya, alergi itu sering kali tidak bisa ditebak,” ucap dr. Atika.

“Satu hal yang pasti, jika Anda ingin menggunakan kondom, sangat tidak disarankan mengoleskan pelumas tambahan seperti minyak kelapa,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Bolehkah Minyak Goreng Jadi Pelumas Seks?

Berdasarkan dr. Atika, penggunaan minyak kelapa murni (VCO) dapat merusak kondom lateks sehingga efektivitasnya bisa berkurang signifikan. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berbahan dasar minyak bisa merusak kondom lateks.

“Beda halnya dengan gel lidah buaya. Ini masih tidak apa-apa (dioleskan pada kondom). Bahan yang satu ini water-based, jadi relatif aman dan tidak merusak kondom,” pungkas dr. Atika.

Kini, Anda sudah tahu kelebihan maupun kekurangan aloe vera dan minyak kelapa murni untuk pelumas seks. Keduanya terbilang aman, meski tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Jika masih punya pertanyaan mengenai pelumas seks atau hal lain mengenai kesehatan, tak perlu ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar