Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Alasan Sepatu Hak Tinggi Bikin Penampilan Wanita Lebih Menarik

Alasan Sepatu Hak Tinggi Bikin Penampilan Wanita Lebih Menarik

Meski kurang nyaman, sepatu hak tinggi nyatanya mampu membuat penampilan wanita terlihat lebih menarik. Ini alasan psikologis yang mendasarinya!

Hampir setiap wanita ingin selalu tampil menarik di hadapan banyak orang. Guna mewujudkan hal tersebut, salah satu benda yang wajib digunakan adalah sepatu hak tinggi.

Tidak dimungkiri, menggunakan sepatu hak tinggi memang tidak akan nyaman digunakan dalam waktu lama. Namun secara psikologis, sepatu tersebut terbukti dapat menunjang penampilan wanita secara fisik. 

1 dari 4 halaman

Alasan Sepatu Hak Tinggi Bikin Penampilan Wanita Lebih Menarik

Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Evolution and Human Behavior, para peneliti mengungkap bahwa sepatu hak tinggi bisa menunjang karakter feminin dan pergerakan wanita. Kedua hal inilah yang membuat penampilan wanita terlihat lebih menarik saat menggunakan sepatu hak tinggi alias high heels.

Senada dengan itu, Ikhsan Bella Persada, M, Psi., Psikolog., mengatakan perubahan postur tubuhlah yang nantinya membuat wanita jadi semakin menarik bagi orang lain. 

“Ketika menggunakan sepatu hak tinggi, tubuh wanita jadi lebih membusung 45 derajat. Adanya perubahan postur tubuh, seperti di bagian pinggul dan bokong, inilah yang membuatnya terlihat lebih menarik,” ujar Ikhsan.

“Selain itu, high heels juga akan meningkatkan rasa kepercayaan diri wanita atas penampilan mereka. Alasannya sama: tubuh mereka jadi lebih ideal dan sesuai dengan ekspektasi banyak orang,” tambahnya. 

Kendati demikian, seorang wanita tidak boleh terpaku hanya dengan penggunaan sepatu hak tinggi untuk menunjang penampilan. Karena pada dasarnya, setiap wanita punya gambaran tubuh (body image) yang berbeda-beda. 

Ada yang merasa kurang tinggi; ada juga yang merasa tingginya melebihi batas normal. Oleh karena itu, wanita tetap diminta untuk lebih percaya dengan dirinya sendiri tanpa harus mengikuti ‘standar kecantikan’ yang ditetapkan oleh orang-orang di sekitarnya. 

“Jika Anda memang merasa nyaman menggunakan high heels, maka gunakanlah. Tapi jika Anda lebih nyaman menggunakan sneakers atau flat shoes, gunakanlah kedua alas kaki tersebut,” ucap Ikhsan.

“Jangan paksakan dan jangan terpaku pada stereotip orang luar, karena setiap wanita itu menarik dan cantik dengan caranya sendiri,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Sering Pakai High Heels, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

2 dari 4 halaman

Sepatu Hak Tinggi Bisa Sebabkan Dampak Buruk Ini

Meski cukup aman dan dapat menunjang penampilan, medis ternyata tidak menganjurkan penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering.

Dijelaskan oleh dr. Adeline Jaclyn, berikut adalah beberapa efek memakai high heels secara berlebihan terhadap kesehatan:

  • Gangguan tulang belakang
  • Varises 
  • Cedera lutut 

“Hal lain yang juga mungkin bisa terjadi adalah nyeri pada area tubuh, seperti pinggang dan betis. Lalu, ada perubahan cara berjalan, penebalan kulit atau kapalan, perubahan pada tulang belakang, dan merusak pergelangan kaki,” ujar dr. Adeline.

Artikel Lainnya: Sering Gunakan High Heels Bisa Picu Varises?

3 dari 4 halaman

Tips Pakai Heels yang Aman

Ingin tetap menggunakan sepatu hak tinggi dengan aman dan nyaman? Ini tips yang mesti Anda terapkan:

  • Pilih sepatu hak tinggi yang nyaman, dan datar di bagian depan 
  • Tambahkan sol atau bantalan ortopedi 
  • Gunakan secara bijak. Hindari jika tidak terlalu perlu 
  • Selalu sediakan sandal atau sepatu datar untuk mengganti high heels saat tidak dibutuhkan lagi
  • Lakukan gerakan peregangan setiap hari
  • Rendam kaki menggunakan air garam secara berkala

Sepatu hak tinggi memang bisa membuat penampilan wanita terlihat lebih menarik. Namun, Anda harus tetap bijak menggunakannya. Jangan hanya demi penampilan, lantas kesehatan Anda jadi taruhannya.

Punya pertanyaan mengenai penampilan wanita? Ingin tahu lebih lanjut tentang masalah kesehatan lainnya? Konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar