Tips Parenting

Inilah Peran Ayah dalam Mendidik Anak Laki-Laki

Krisna Octavianus Dwiputra, 17 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ayah juga memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Lantas, seperti apa peran ayah dalam mendidik anak laki-laki?

Inilah Peran Ayah dalam Mendidik Anak Laki-Laki

Sosok ayah dalam keluarga identik sebagai pencari nafkah tunggal. Padahal, tidak hanya sebatas itu. Ayah juga dapat berperan dalam mendukung tumbuh kembang anak laki-laki, lho!

Peran ayah dalam perkembangan anak laki-laki tidak kalah besar dibandingkan ibu. Bahkan, apabila kombinasi peran ayah dan ibu dalam membesarkan anak laki-laki dapat membentuk pribadi anak yang lebih baik di masa depan.

Peran Ayah dalam Perkembangan Anak Laki-laki

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog., ayah yang dapat menunjukkan kasih sayang, memberikan perlindungan, dan menjadikan diri sebagai tempat diskusi bisa membuat anak laki-lakinya bersikap lebih tegas.

“Ayah juga berperan penting untuk membuat anak merasa lebih percaya diri dan berani dalam menentukan keputusan," ungkap Ikhsan.

Berikut ini adalah penjabaran mengenai peran ayah dalam perkembangan anak laki-lakinya:

1. Pelindung

Seorang ayah bertugas untuk memberikan rasa aman kepada anak, baik secara fisik maupun emosional.

Ketika anak tahu bahwa ayah akan selalu ada untuknya, mereka akan lebih merasa percaya diri, berani, dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya.

2. Pendidik

Sebagai kepala keluarga, ayah harus mengajari anak-anaknya prinsip dan nilai dasar yang harus mereka ikuti dalam kehidupan.

Merupakan tugas seorang ayah untuk mendidik anak-anaknya tentang kode etik yang perlu dipatuhi selama hidup.

Artikel Lainnya: Peran Ayah dalam Mengatasi Anak yang Tantrum

3. Role Model

Seorang ayah adalah teladan penting bagi anak laki-lakinya karena mereka akan belajar seperti apa seharusnya seorang pria dewasa.

Oleh karena itu, ayah harus selalu mencontohkan perilaku yang baik untuk anak. Hal ini bertujuan agar si kecil dapat tumbuh ke arah yang positif.

4. Teman

Ayah adalah teman pertama anak sebelum ia menuju ke lingkup yang lebih besar. Faktanya, memiliki hubungan yang dekat dan bersahabat dengan anak dapat mengurangi kemungkinan mereka menyimpang dan jatuh ke dalam kebiasaan yang tidak diinginkan.

Sebagai sosok teman yang baik bagi anak, ayah juga lebih mudah membimbing anak saat mereka merasa sedih atau tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

Artikel Lainnya: Peran Ayah saat Anak Down Syndrome Di-bully

5. Penghibur

Ayah lebih sering menghabiskan waktu dengan bercanda bersama anak. Ayah pun lebih dapat mengimbangi pergerakan aktif anak sehingga dapat menjadi sosok penghibur yang baik di kala anak sedang bersedih.

6. Konselor

Seorang ayah harus dapat menjadi pendengar yang baik, dan memberikan nasihat yang positif kepada anak jika dibutuhkan.

7. Pelatih

Ayah dapat mengajari anak keterampilan hidup, yang nantinya diperlukan saat si kecil beranjak ke lingkungan yang lebih luas.

8. Mitra

Menjadi ayah yang selalu bersikap baik kepada pasangan dan anggota keluarga lainnya dapat menumbuhkan rasa empati si kecil.

Pada masa depan, si kecil pun akan menjadi sosok yang baik, seperti halnya yang dicontohkan ayahnya semasa ia kecil.

Artikel Lainnya: Ingin Hamil Anak Laki-laki? Kalender Masa Subur Bisa Membantu

Tips Maksimalkan Peran Ayah

Berdasarkan ikhsan, peran ayah dalam mendidik anak laki-laki dapat dioptimalkan dengan meluangkan lebih banyak waktu di rumah.

“Jika tidak memungkinkan, buatkan kesempatan eksklusif di akhir pekan agar ada waktu antara ayah dan anak. Ingat, jika sudah janji maka harus ditepati," tutur Ikhsan.

Perbanyak juga diskusi dengan anak. Ajarkan si kecil membuat keputusannya dan memahami konsekuensinya sendiri.

"Sebisa mungkin, sosok ayah juga harus aktif di rumah. Bukan hanya diam, menyuruh istri atau anaknya saja. Tapi, mencontohkan dengan melakukan kegiatan bersama," pungkas Ikhsan.

Peran ayah dalam mendidik anak laki-laki tidak kalah besarnya. Oleh karena itu, perhatikan hal tersebut agar si kecil dapat tumbuh menjadi sosok yang positif dan dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitarnya.

Masih penasaran dengan peran ayah dalam perkembangan anak? Ingin tahu tips pola asuh lainnya?

Konsultasikan lebih lanjut kepada dokter atau psikolog melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

pola asuh

Konsultasi Dokter Terkait