Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menilik Manfaat Campuran Teh Hitam, Jahe, dan Kunyit untuk Tubuh

Menilik Manfaat Campuran Teh Hitam, Jahe, dan Kunyit untuk Tubuh

Teh hitam, jahe, dan kunyit telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Lantas, apa manfaatnya jika ketiga bahan herbal tersebut diracik menjadi satu?

Herbal dan rempah-rempah telah digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia selama ratusan tahun sebagai bumbu penyedap masakan.

Berbagai jenis herbal dan rempah tersebut juga telah diketahui memiliki khasiat untuk kesehatan dan pengobatan.

Hingga saat ini pun, konsumsi herbal dan rempah dipandang sebagai alternatif menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman herbal tersebut juga sering digunakan untuk membantu pemulihan penyakit dengan cara yang alami.

Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, tanaman herbal itu juga dapat digunakan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat disertai perilaku 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, dan menjaga jarak) sesuai anjuran pemerintah dapat membantu mengurangi risiko terpapar COVID-19.

Beberapa contoh herbal yang punya manfaat demikian, yaitu teh hitam, jahe, dan kunyit.

Artikel Lainnya: Teh Hijau atau Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Hitam, Jahe, dan Kunyit

Berikut ini adalah manfaat teh hitam, jahe, dan kunyit bagi kesehatan:

  • Manfaat Teh Hitam

Teh hitam khasiat berkat kandungan flavonoid di dalamnya. Setiap cangkir teh hitam mengandung 239 miligram flavonoid (USDA database).

Riset membuktikan bahwa minum 2-3 gelas teh hitam (500 miligram flavonoid) secara rutin setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, flavonoid yang terkandung di dalam teh hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

  • Manfaat Jahe

Jahe mengandung zat aktif gingerol. Konsumsi 1 gram jahe per hari aman dan efektif meredakan mual muntah pada ibu hamil, pasien operasi, atau pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Jahe juga memiliki khasiat untuk menghambat produksi zat-zat proinflamasi yang melawan peradangan sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan meredakan gejala penyakit sendi seperti nyeri dan bengkak.

Herbal ini pun dapat membantu mengurangi kekentalan darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Manfaat jahe lainnya adalah membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu program penurunan berat badan.

Herbal mujarab yang satu ini juga bisa meningkatkan metabolisme dan pemecahan lemak di dalam tubuh apabila dikonsumsi 2 gram per hari.

Artikel Lainnya: Kenali Manfaat Jahe Merah, Jahe Putih, dan Jahe Emprit

  • Manfaat Kunyit

Kunyit mengandung zat aktif curcumin. Senyawa tersebut dapat menghambat kerusakan DNA serta oksidasi LDL (lemak jahat) yang merupakan cikal-bakal penyakit jantung atau stroke.

Konsumsi kunyit 1 gram per hari selama 8 minggu dapat membantu menurunkan kadar peradangan di dalam tubuh para penderita sindrom metabolik, lho!

Manfaat kunyit lainnya adalah untuk menjaga kesehatan saluran cerna, yaitu meredakan gejala irritable bowel syndrome.

Herbal ini juga bisa membunuh kuman Helicobacter pylori yang menjadi penyebab mag kronis.

Artikel Lainnya: 9 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Cara Praktis Menikmati Teh Hitam, Jahe, dan Kunyit

Anda ingin menikmati manfaat teh hitam, jahe, dan kunyit dalam satu waktu? Tidak perlu repot lagi, karena kini tersedia SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit.

SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit mengandung semua kebaikan tiga bahan herbal yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan yang ditawarkan teh hitam, jahe, dan kunyit.

Jangan lupa sediakan SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit di rumah, agar Anda bisa senantiasa menikmati manfaatnya!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar