THT

Pilihan Makanan untuk Atasi Gangguan Pendengaran

dr. Vika Damay, 17 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kesehatan pendengaran dapat dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Bila ingin pendengaran Anda sehat, yuk konsumsi makanan-makanan berikut ini!

Pilihan Makanan untuk Atasi Gangguan Pendengaran

Dalam menangani suatu penyakit atau masalah kesehatan, pola makan sangatlah penting untuk diperhatikan. Nutrisi yang baik akan membantu tubuh untuk pulih lebih cepat, mencegah terjadinya komplikasi, dan lain-lain. 

Cara mengatasi gangguan pendengaran, misalnya, dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan Anda. Tak hanya untuk menyembuhkan gangguan pendengaran yang sudah ada, tetapi juga untuk mencegah kehilangan pendengaran.

Menjaga asupan untuk melindungi kesehatan pendengaran termasuk ke dalam pilihan gaya hidup yang dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang baik untuk pendengaran.

Makanan Sehat Bantu Atasi Gangguan Pendengaran

Makanan untuk pendengaran bisa bermacam-macam. Namun, konsumsinya sebaiknya dikombinasikan antara satu dengan yang lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa makanan untuk pendengaran adalah makanan yang memprioritaskan buah-buahan dan sayuran dengan mineral seperti asam folat, kalium, magnesium, dan zinc. Makanan-makanan ini dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran.

  • Kalium

Salah satu kandungan penting pada makanan untuk memperbaiki pendengaran adalah kalium. Tugasnya adalah mengonversi suara menjadi sinyal yang dapat diinterpretasi oleh otak.

 Artikel Lainnya: 5 Gejala Gangguan Pendengaran yang Sering Terabaikan

  • Magnesium

Magnesium dipercaya dapat mengatasi radikal bebas yang timbul dalam tubuh ketika terdapat suara berisik. Magnesium bekerja dengan membentuk pelindung untuk sel-sel telinga bagian dalam dan melebarkan pembuluh darah.

  • Asam Folat

Asam folat bekerja dengan mendukung metabolisme homosistein dan menjaga agar aliran darah pada organ pendengaran tetap lancar.

  • Zinc

Terakhir, kandungan yang sebaiknya dimiliki oleh makanan untuk memperkuat pendengaran adalah zinc. Kandungan ini bermanfaat untuk penyembuhan sel yang mengalami kerusakan akibat infeksi.

Berbagai Makanan yang Baik untuk Pendengaran

Makanan untuk memperkuat pendengaran, utamanya yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Makanan-makanan ini sebenarnya cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang membantu pendengaran tetap sehat:

1. Pisang

Buah ini mengandung kalium dan magnesium sehingga menjadikannya salah makanan untuk pendengaran yang baik. Nutrisi dalam pisang juga membantu mengontrol pengeluaran glutamat yang merupakan salah satu penyebab kehilangan pendengaran akibat suara bising. 

Artikel Lainnya: Ini Batasan Pakai Earphone untuk Streaming Serial Favorit Anda

2. Ikan

Makanan untuk pendengaran berikutnya adalah ikan. Ini karena kandungan omega-3 di dalamnya, terutama ikan salmon, tuna, atau sarden.

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa peningkatan asupan omega-3 dapat menurunkan risiko hilangnya pendengaran akibat usia. Vitamin D yang terkandung dalam ikan juga memperkuat tulang-tulang telinga Anda.

3. Brokoli

Makanan untuk pendengaran lainnya adalah sayuran hijau berbentuk lucu. Ya, brokoli mengandung nutrisi-nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin K, vitamin C, dan serat.

Fungsi dari ketiganya adalah membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan telinga. Oleh karena itu, mengonsumsi sayuran ini membantu kita menjaga kesehatan telinga.

4. Dark Chocolate

Seiring dengan bertambahnya usia, telinga bagian dalam akan lebih rentan kehilangan fungsinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate.

Makanan untuk membantu pendengaran yang satu ini kaya akan zinc. Kandungan inilah yang membantu mencegah kehilangan pendengaran akibat usia dan memperbaiki kehilangan pendengaran akibat suara bising.

Artikel Lainnya: Tekanan Darah Tinggi dan Gangguan Pendengaran, Ada Hubungannya?

Sudah paham, kan bahwa pada kenyataannya makanan sehat tidak melulu makanan yang kurang enak dikonsumsi. Anda tetap bisa makan makanan yang enak untuk menjaga kesehatan telinga Anda, lho.

5. Bawang Putih

Makanan untuk pendengaran berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih yang Anda konsumsi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan peradangan, terutama di sekitar organ pendengaran Anda. 

6. Kacang-kacangan

Makanan untuk pendengaran yang satu ini biasanya dijadikan camilan. Alasan kacang-kacangan sehat untuk pendengaran Anda adalah karena kandungan zinc di dalamnya. 

Konsumsi zinc juga menjadi salah satu cara mengatasi gangguan pendengaran berupa tinnitus, atau rasa berdenging di telinga. Zinc juga membantu sistem imun sehingga telinga tidak mudah mengalami infeksi.

7. Alpukat

Alpukat mengandung magnesium seperti layaknya dark chocolate. Selain mencegah, alpukat juga sebagai makanan untuk memperbaiki pendengaran yang terganggu akibat suara bising.

Kesehatan telinga dimulai dengan pola makan sehat dan seimbang. Konsumsilah beberapa jenis makanan yang baik untuk pendengaran di atas agar tidak hanya menghilangkan gangguan pendengaran, tetapi mencegah terjadinya kondisi tersebut.

Makanan untuk pendengaran yang telah disebutkan di atas cukup sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mulailah untuk menjaga kesehatan telinga Anda sejak dini. Selain itu, bila Anda memiliki keluhan pendengaran, segera konsultasikan ke dokter. Untuk konsultasi yang lebih mudah, bisa melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter

[WA]

Pendengarantelinga