Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMenyingkap Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Menyingkap Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan

Tamara Anastasia, 01 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya memiliki ukuran yang besar, manfaat pisang tanduk untuk kesehatan juga sangat beragam. Apa saja khasiatnya tersebut?

Menyingkap Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan

Salah satu jenis pisang yang menjadi favorit banyak orang, yaitu pisang tanduk. Pisang tanduk merupakan pisang dengan ukuran yang lebih besar dari jenis pisang lainnya. 

Selain dimakan langsung, pisang tanduk sering diolah menjadi pisang goreng atau pisang rebus karena teksturnya yang lebih padat dan rasa yang tidak terlalu manis. 

Tak hanya rasanya yang enak, mudah didapatkan dan terjangkau, pisang tanduk juga memiliki segudang nutrisi di dalamnya, seperti: 

  • Lemak: 0,22 gram
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 58 gram
  • Potassium: 663 miligram
  • Vitamin C: 23 miligram
  • Vitamin A: 63 miligram
  • Vitamin B6: 0,29 miligram
  • Magnesium: 57 miligram

Karena nutrisinya tersebut, konsumsi pisang tanduk menyimpan berbagai khasiat. Berikut adalah sejumlah manfaat pisang tanduk untuk kesehatan: 

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Apa pun jenisnya, pisang memang kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan manusia.

Jika kamu suka makan pisang, kesulitan buang air besar alias sembelit tidak akan menyerang. 

Selain itu, kandungan pektin di dalam pisang tanduk bisa mengontrol gula darah sekaligus mengurangi nafsu makan.

Artikel Lainnya: Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Pisang?

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Pisang tanduk kaya akan kalium. Zat ini baik untuk kesehatan jantung karena dapat menjaga tekanan darah dan irama jantung. 

Kandungan serat dalam pisang tanduk juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga mengoptimalkan kerja jantung.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi dalam pisang tanduk membuatnya bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan makan pisang tanduk secara rutin, risiko kamu terkena penyakit infeksi juga bisa diminimalkan. Apalagi jika dikombinasikan dengan pola hidup sehat serta teratur. 

4. Menjaga Berat Badan

Serat dan karbohidrat kompleks dalam pisang tanduk bisa membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu program diet yang sedang kamu lakukan, sehingga penurunan berat badan lebih optimal.

Agar manfaat pisang tanduk yang satu ini bisa maksimal, pastikan untuk mengombinasikannya dengan konsumsi makanan bergizi seimbang serta olahraga teratur.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan serat dalam pisang tanduk bisa bantu menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko kamu terkena diabetes

Untuk memperoleh khasiat ini, kamu dianjurkan untuk mengolah pisang tanduk dengan cara mengukusnya sebentar. 

Hindari menggoreng pisang tanduk dengan banyak minyak, karena bisa menghilangkan nutrisinya dan malah membuatmu terkena masalah kesehatan. 

Artikel Lainnya: Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

6. Mengontrol Tekanan Darah 

Kalium berperan di dalam tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang rendah akan sodium. 

Kombinasi sodium yang rendah dan kalium yang tinggi dapat membantu mengontrol tekanan darah. 

Jika kamu mengonsumsi satu buah pisang berukuran sedang, maka kamu akan mendapatkan suplai 320-400 mg kalium yang berarti sudah memenuhi 10 persen kebutuhan kalium harianmu. 

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Konsumsi pisang tanduk dinilai bermanfaat untuk kesehatan kulitmu. Satu buah pisang berukuran medium dapat mencukupi sekitar 13 persen dari kebutuhan mangan harian tubuh. 

Mangan sendiri berperan dalam pembentukan kolagen dan melindungi sel-sel terhadap radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas yang berlebihan kadarnya dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit kronis.

8. Sumber Vitamin B6

Satu buah pisang berukuran sedang dapat membantu menyuplai sekitar 1/4 kebutuhan vitamin B6 harian tubuh. Selain itu, vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh.

Di dalam tubuh, vitamin B6 berperan untuk memproduksi sel darah merah, mengeluarkan sisa toksin dari hati dan ginjal, menjaga kesehatan sistem saraf, dan lainnya. 

Lebih lanjut, vitamin B6 baik untuk wanita hamil karena dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. 

Itulah segudang manfaat pisang tanduk untuk kesehatan. Namun, jika ingin mendapatkan khasiatnya, sebaiknya pisang tanduk dimakan langsung tanpa tambahan apa pun. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya yang menarik hanya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

buah

Konsultasi Dokter Terkait