Seks

Ngaku Jago di Ranjang, Ini Tanda Pria Bohong soal Pengalaman Seksnya

Ayu Maharani, 16 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa pria bohong tentang pengalaman bercinta mereka. Mengaku jago padahal masih perjaka, ternyata ini alasan dan tanda-tandanya menurut psikolog.

Ngaku Jago di Ranjang, Ini Tanda Pria Bohong soal Pengalaman Seksnya

Selama ini, jika bicara soal status virgin atau tidak, biasanya langsung mengarah kepada wanita. Padahal, status perjaka atau tidak juga sering dialamatkan pada pria. Beberapa pria bahkan sering berbohong soal pengalaman seksnya.

Banyak yang mengaku jago di ranjang padahal masih perjaka! Hal tersebut bukan sembarang tuduhan. CDC National Prevention Information Network pernah memublikasikan survei tentang kondisi itu.

Survei yang dilakukan terhadap 1.200 pria berusia 15-22 tahun di Chicago, Amerika Serikat, itu melaporkan:

  • 78 persen dari mereka setuju bahwa pria mendapat banyak tekanan. 
  • 60 persen akhirnya berbohong tentang pengalaman seksnya. 
  • 30 persen berbohong tentang “seberapa jauh” mereka telah berbuat.
  • 24 persen berbohong tentang banyaknya pasangan seksual yang dimiliki.
  • 23 persen berbohong tentang status perjaka mereka.
  • Dan 53 persen juga mengatakan, makin banyak pasangan yang diakui oleh mereka, maka makin populer mereka.

Masih Perjaka, Ini Alasan Pria Melebih-lebihkan Pengalaman Bercinta Mereka

Sementara itu, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, baik pria maupun wanita sebenarnya kerap berbohong saat berhubungan seksual. 

“Tapi khusus pria, biasanya mereka melakukan hal tersebut agar mereka terlihat tampak memahami segala hal yang berhubungan dengan seks,” jelasnya.

Saat mereka terlihat berpengalaman, pria berharap mereka dapat memenuhi ekspektasi pasangan.

“Selain itu, peran stereotip juga berpengaruh. Pria selalu dianggap punya banyak pengalaman seksual, sedangkan wanita lebih minim pengalamannya. Karena inilah, pria banyak yang berbohong. Seolah-olah jago di ranjang, padahal masih perjaka,” ucap Ikhsan.

Apa yang dijelaskan oleh psikolog Ikhsan sebenarnya juga tertuang dalam hasil survei di atas. Banyak pria yang merasa tertekan terhadap lingkungan sosial mereka. 

Orang yang dianggap keren adalah yang memiliki “jam terbang” lebih banyak tentang lawan jenis dan hal-hal terkait seks. Karena itulah, mereka akhirnya berbohong supaya tidak dianggap amatir atau bahkan payah. 

Artikel Lainnya: 5 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Performa Seks Anda

Tanda-tanda Pria Berbohong soal Pengalaman Seksnya

Secara umum, terdapat beberapa tanda yang dipercaya bisa jadi indikasi apakah pria masih perjaka atau “pro” dalam seks. Tanda-tanda tersebut berikut ini.

1. Kaku dan Gugup

Meski dari ucapan-ucapan sebelumnya si pria terlihat jago di ranjang, tapi betul-tidaknya bisa dilihat dari perilakunya sendiri.

“Misalnya saja, dia tampak kaku atau nervous saat berhubungan seks,” kata Ikhsan.

2. Melewati Step Penting

Mereka yang berpengalaman sudah tak asing lagi dengan langkah-langkah dalam berhubungan seks. 

“Mereka biasanya tidak melewati step foreplay karena tahu sesi tersebut penting. Hal yang belum berpengalaman biasanya buru-buru melakukan penetrasi atau tidak tahu apa saja yang bisa dilakukan selama foreplay,” dia menambahkan. 

3. Lebih Cepat Ejakulasi 

Sensasi yang diberikan saat berhubungan seks berbeda dengan masturbasi. Pria yang masih perjaka umumnya mengalami ejakulasi yang lebih cepat (tapi bukan ejakulasi dini) karena belum terbiasa mengatur klimaks mereka.

Artikel Lainnya: Selain Bercinta, Ini Cara Menambah Keintiman dengan Pasangan

4. Tak Vokal terhadap Apa yang Disuka dan yang Tidak 

Pria yang memang jam terbangnya sudah banyak biasanya akan lebih vokal terhadap apa yang dia suka dan tidak. Sang wanita pun tak perlu repot untuk menebak-nebak. 

Sebagai contoh, wanita memberikan rangsangan di leher, sedangkan si pria tidak sensitif di daerah tersebut. Saat sudah “pro”, pria akan cenderung langsung mengarahkan pasangannya ke bagian lain secara halus. 

5. Tidak Kreatif dalam Memberi Rangsangan 

Pria yang mengaku jago di ranjang padahal masih perjaka dan hanya mendapatkan pengetahuan dari film porno biasanya kurang kreatif dalam merangsang bagian tubuh. Sebab, film tersebut memang hanya memfokuskan di bagian yang itu-itu saja.

Padahal titik rangsang di tubuh itu ada banyak dan caranya juga berbeda-beda. Tak melulu langsung ke puting payudara, misalnya paha bagian dalam juga bisa dirangsang dengan sentuhan lembut dan perlahan sebelum jari menuju vagina.

Mereka yang berpengalaman umumnya juga memerhatikan reaksi dari pasangannya.

Mereka juga tahu apakah hal yang sudah dilakukan memang benar-benar bisa memberikan kenikmatan atau tidak. 

Artikel Lainnya: Waspada Mati Mendadak Saat Berhubungan Seks Karena Serangan Jantung

Apa yang Mesti Dilakukan saat Tahu Pasangan Anda Berbohong?

Beberapa wanita, terutama mereka yang sebenarnya juga sudah sering berhubungan seks, pasti merasa dibohongi dan agak kecewa.

Sedangkan sebagian lagi, mungkin akan biasa-biasa saja alias memahami kondisi pasangannya. 

Tidak ada dampak serius dari kondisi ini karena lama-kelamaan juga pasti berpengalaman. Umumnya hanya rasa malu yang dirasakan oleh pria. 

Apabila pria terbukti berbohong soal status keperjakaan dan pengalaman bercinta, Ikhsan menyarankan pasangan wanita untuk melakukan hal ini. 

“Ajak komunikasi dan jelaskan bahwa Anda tidak keberatan jika dirinya minim pengalaman. Bila bingung atau salah step saat melakukan hubungan seks, sampaikan bahwa itu tidak apa-apa dan wajar.” 

“Jika memang Anda lebih berpengalaman, jelaskan saja apa yang mesti dilakukan. Ciptakan rasa aman dan nyaman saat bercinta karena akar dari berbohong adalah adanya rasa insecure,” dia menjelaskan. 

Itu dia alasan, tanda-tanda, dan cara memahami pria perjaka yang berbohong soal pengalaman seksnya.

Untuk pertanyaan lain soal seks dan kesehatan organ intim konsultasikan langsung kepada dokter dan psikolog lewat fitur LiveChat.

(HNS/AYU)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait